Psikologi Tokoh “Aku” dalam Novel "Hidup Ini Brengsek dan Aku Dipaksa Menikmatinya" Karya Puthut EA dan Gindring Waste

Authors

  • Bayu Yudhia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Suntoko Suntoko Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Een Nurhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6351

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi peran hawa nafsu dan naluri tokoh “aku” dalam novel Hidup Ini Brengsek dan Aku Dipaksa Menikmatinya karya Puthut EA dan Gindring Waste yang sangat liar dan luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran id, ego dan superego tokoh “aku” yang terdapat dalam novel Hidup Ini Brengsek dan Aku Dipaksa Menikmatinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Penelitian ini akan menjadikan novel Hidup Ini Brengsek dan Aku Dipaksa Menikmatinya sebagai subjek penelitian. Data penelitian ini berupa id, ego, dan superego yang terdapat dalam novel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh id, ego, dan superego terhadap perilaku sehari-hari tokoh “aku” dalam novel tersebut. Kondisi psikologi tokoh “aku” sebagai tokoh utama dipengaruhi oleh kondisi sosial masyarakat sekitar. Naluri tokoh “aku” cenderung kasar dan bebas sehingga dapat memproyeksikan kepuasan nafsu yang begitu tidak terduga. Sejalan dengan bertambahnya usia, tokoh “aku” lebih bijak untuk memilih, seperti yang ditampilkan oleh ego dan superego.

Kata Kunci: Novel, Tokoh “aku”, Psikologi Sastra dan Sigmund Freud.

Author Biography

Bayu Yudhia, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa semester akhir

References

DAFTAR PUSTAKA

Aprilia, Vicky. 2015. “Analisis Kepribadian Tokoh Bima dalam Novel Versus Karya Robin Wijaya, Sebuah Kajian Psikologi Sastra dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran di SMA”. Skripsi: Universitas Sanata Dharma.

Arsya, Alifia N. 2022. “Kritik Sosial Teks ‘Hidup Ini Brengsek dan Aku Dipaksa Menikmatinya, dalam Semiotika Roland Barthes”. No. 2. Volume 2. Hlm. 1-10.

Aryanti, Novi. 2022. “Hegemoni dalam Novela Hidup Ini Brengsek dan Aku Dipaksa Menikmatinya Karya Puthut EA dan Gindring Wasted”. No. 5. Volume 8. Hlm. 182-187.

EA, Puthut dan Waste, Gindring. 2019. “Hidup Ini Brengsek dan Aku Dipaksa Menikmatinya. Yogyakarta: Shira Media.

Endraswara, Suwardi. 2008. “Metode Penelitian Psikologi Sastra”Yogyakarta: Media Pressindo.

Esten, Mursal. 1984. “Sastra Indonesia dalam Tradisi Subkultur”. Bandung: Angkasa.

Fauzi, Achmad. 2022. “Basic Anxiety dan Basic Hostility Tokoh Utama dalam Novelet Hidup Ini Brengsek, dan Aku Dipaksa Menikmatinya Karya Puthut EA: Kajian Psikoanalisis Sosial Karen Horney. No. 2. Volume 9. Hlm. 1-12.

Meleong, Lexy. 1989. “Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Minderop, Albertine. 2018. “Psikologi Sastra”. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&B. Bandung: Alfabeta.

Soeparno, Koentjoro. 2011. “Social Psychology: The Passion of Psychology” No. 1. Volume 19. Hlm. 16 – 28.

Wayan, i. dkk. 2019. “Psikologi Tokoh dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Psikologi Sastra”. No. 3. Volume 3. Hlm. 339 – 347.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Yudhia, B., Suntoko, S., & Nurhasanah, E. (2023). Psikologi Tokoh “Aku” dalam Novel "Hidup Ini Brengsek dan Aku Dipaksa Menikmatinya" Karya Puthut EA dan Gindring Waste. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 28–36. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6351