Pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran proyek untuk menunjang Profil Pelajar Pancasila

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.12526

Kata Kunci:

LKPD, Pembelajaran Proyek, Perangkat Pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, RPP.

Abstrak

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih cara penyusunan perangkat pembelajaran proyek untuk menunjang pengembangan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka bagi guru IPA yang tergabung sebagai anggota MGMP IPA wilayah Barat Kabupaten Tasikmalaya. Kendala yang biasa dihadapi oleh guru IPA dalam implementasi pembelajaran proyek adalah dalam penyusunan LKPD  dan penerapan sintak terutama pada sintak pertanyaan esensial. Sekolah yang masih berstatus mandiri belajar memungkinkan untuk menerapkan pembelajaran proyek di dalam intrakurikuler berdasarkan kompetensi dasar pada Kurikulum Nasional untuk diimplementasikan di dalam kelas sehingga guru IPA perlu melakukan kegiatan penyegaran dengan mengikuti kegiatan pelatihan ini. Selain itu, cara dan teknik mengimplementasikan model pembelajaran proyek ini pun dapat dilatih pada guru-guru IPA. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan mini workshop serta partisipan yang terlibat adalah seluruh guru IPA MGMP wilayah barat kabupaten Tasikmalaya. Pelatihan dilaksanakan pada hari pertama yang dilanjutkan dengan kegiatan workshop penyusunan dan pengembangan perangkat pembelajaran proyek di hari kedua. Hasil atau capaian dari kegiatan ini disajikan secara deskriptif dengan menunjukkan bahwa kemampuan guru-guru IPA dalam menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP  dan LKPD masing-masing adalah sebagai berikut: 1) kesesuaian KD dan Model proyek 89.5% dan 78.9%, 2) kesesuaian tema proyek 92.1% dan 84.2%, 3) ketepatan sintak pembelajaran proyek 68.4% dan 63.2%, dan 4) kesesuaian pertanyaan LKPD 78.9% dan 84.2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan pengalaman bagi guru IPA terutama dalam menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran abad 21 yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kegiatan peserta didik

Biografi Penulis

Ryan Ardiansyah, Universitas Siliwangi

Pendidikan Biologi

Purwati Kuswarini Suprapto, Universitas Siliwangi

Pendidikan Biologi

Dea Diella, Universitas Siliwangi

Pendidikan Biologi

Referensi

Alexander, P. A., Schunk, D. H., Greene, J. A., Winne, P. H., & Winne, P. H. (2019). Handbook of Self-Regulation of Learning and Performances (A. Patricia, H. S. Dale, & J. A. Greene, Eds.; 2nd ed., Issue May). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315697048.ch3

Fahrurrozi, F., Supiyati, S., Fauzi, L. M., & Khalqi, M. (2021). Whorkshop penyusunan perangkat pembelajaran berbasis HOTS bagi guru di MA Assawiyah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 274–282. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4224

Harjum, A. H. (2018). Penerapan Teknik Supervisi Observasi Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran di SD Negeri 94 Tiroang Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Publikasi Pendidikan, 8(3), 153. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5815

Irawati, D., Iqbal Muhammad, A., Hasanah, A., & Arifin Samsul, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Meke, K. D. P., & Wondo, M. T. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 588. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2861

Meylani, V., Putra, R. R., & Ardiansyah, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Pengayaan Materi Biologi Dalam Mata Pelajaran IPA Sesuai Kurikulum Nasional Bagi Guru IPA di Lingkungan SMP / Sederajat Se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(1), 13–17.

Nuryadi, N., & Rahmawati, P. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.26486/jm.v3i1.656

Paristiowati, M., Asrul Ashmi Karepesina, M., Umayah, A., Studi Pendidikan Kimia, P., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2022). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Pelatihan Model Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Kabupaten Bekasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5117

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Development of Science Student Worksheet Based on Project Based Learning Model To Improve Collaboration and Communication Skills of Junior High School Student. Journal of Science Education Research, 1(1). https://doi.org/10.21831/jser.v1i1.16178

Suharto, S. (2017). Kemampuan Guru Dalam Engembangkan Perangkat Pembelajaran Ips Berbasis Karakter (Studi Pada Guru Smp Negeri 3 Geger Madiun). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 2(2), 116. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i2.1898

Ummah, S. K., Inam, A., & Azmi, R. D. (2019). Creating manipulatives: Improving students’ creativity through project-based learning. Journal on Mathematics Education, 10(1), 93–102. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5093.93-102

Zanthy, L. S., Yuliani, A., & Minarti, E. D. (2022). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan kurikulum Prototipe. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5226

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023