Pelatihan teknologi informasi pada kantor kelurahan Barrang Caddi Kepulauan Sangkarrang

Penulis

  • Nurul Aini Universitas Dipa Makassar
  • Erfan Hasmin Universitas Dipa Makassar
  • Heriadi Heriadi Universitas Dipa Makassar
  • Indra Samsie Universitas Dipa Makassar
  • Sitti Aisa Universitas Dipa Makassar
  • Muhammad Furqan Rasyid Universitas Dipa Makassar
  • Sriwahyuningsi Piu Universitas Dipa Makassar
  • Sunardi Sunardi Universitas Dipa Makassar
  • Sitti Harlina Universitas Dipa Makassar
  • Novita Sambo Layuk Universitas Dipa Makassar
  • Andi Asvin Mahersatillah Suradi Universitas Dipa Makassar
  • Arwansyah Arwansyah Universitas Dipa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.15906

Kata Kunci:

Efisiensi Administrasi, Literasi Teknologi Informasi, Pelayanan Administrasi

Abstrak

Sebagai penyedia layanan umum, kantor kelurahan memiliki tugas penting dalam pembuatan surat pengantar dan surat keterangan. Di era digitalisasi saat ini, pelayanan administrasi yang efektif dan efisien menjadi tuntutan, yang memerlukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan staf dalam literasi teknologi informasi. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kantor dengan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam mengoperasikan komputer dan aplikasi perkantoran di Kantor Kelurahan Barrang Caddi. Kegiatan pelatihan berlangsung selama 3 hari, yang mencakup materi Microsoft Word dan Excel, serta penggunaan E-Mail. Para peserta pelatihan, termasuk 7 staf kantor kelurahan dan 4 warga sekitar, menunjukkan antusiasme dalam mengikuti rangkaian kegiatan dan berhasil menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa para peserta telah memahami dan menerapkan dengan baik apa yang diajarkan selama pelatihan. Materi pelatihan membantu peserta dalam mengoptimalkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi, seperti mengelola dokumen administrasi dengan lebih efisien menggunakan Microsoft Office, mengoperasikan E-Mail, dan memahami penggunaan alat-alat penting dalam aplikasi Excel. Pelatihan ini membuktikan pentingnya upaya literasi teknologi informasi di lingkungan kantor kelurahan, terutama di daerah-daerah dengan minim informasi. Diharapkan bahwa kegiatan pengabdian ini dapat berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi peningkatan pelayanan administrasi dan kualitas sumber daya manusia di Kantor Kelurahan Barrang Caddi.

Referensi

Aisa, Sitti, Asmah Akhriana, Ahyuna Ahyuna, Andi Irmayana, Irmawati Irmawati, and Nurul Aini. 2021. “An Analysis of Students’ Learning Interest in Programming Language Based on Data Mining with Fuzzy C-Means Method.” International Journal of Online & Biomedical Engineering 17(9).

Ghazali, Muhammad, Muhammad Zohri, Wahyu Ramadhan, and Jamaluddin Jamaluddin. 2022. “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Komputer, Internet Dan Aplikasi Desa.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(2).

Hamzah, Muhammad Luthfi, Rizky Ariansyah, Eki Saputra, Idria Maita, Anofrizen Anofrizen, Zarnelly Zarnelly, and Hamzah Hamzah. 2021. “Sosialisasi Terhadap Generasi Muda Tentang Edukasi Penggunaan Internet Dan Memberikan Pelatihan Dasar Microsoft Word.” Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ) 2(2):285–91.

Irmayana, Andi, and Nurul Aini. 2022. “PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA GURU SMA SOMBA OPU GOWA.” Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):1–12.

Makmur, Testiani. 2019. “TEKNOLOGI INFORMASI: Dampak Dan Implikasi Bagi Perpustakaan, Pustakawan Serta Pemustaka.” Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi 1(1):65–74.

Rasmila, Rasmila, Nurul Huda, Jemakmun Jemakmun, Aan Restu Mukti, Rahayu Amalia, Novri Hadinata, Kurniawan Kurniawan, Ade Putra, and Christin Evasari Nainggolan. 2022. “Pelatihan Presentasi Menggunakan Microsoft Power Point Pada SMP Patra Mandiri 2 Palembang.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(1):129–36.

Rizki, Muhammad. 2014. “Hubungan Pendidikan Kepala Desa Dengan Kinerja Kepala Desa Di Desa Pepara Kecamatan Tana Paser.” E-Jurnal Administrasi Negara 2(4):1890–1901.

Sormin, Masdelima Azizah, Nur Sahara, and Lisna Agustina. 2018. “Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak (Microsoft Office Word, Excel, Power Point) Dalam Kinerja Pengolahan Data Di Pemerintahan Desa Bagikepala Desa Se-Kecamatan Batang Angkola.” Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):78–82.

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023