Pembelajaran TOEFL sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru di MGMP Kabupaten Muara Enim

Penulis

  • Hesti Wahyuni Anggraini Universitas Sriwijaya https://orcid.org/0000-0001-6459-3560
  • Zuraida Zuraida Universitas Sriwijaya
  • Rita Hayati Universitas Sriwijaya
  • Dwi Maharrani Universitas Sriwijaya
  • Nova Lingga Pitaloka Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.18275

Kata Kunci:

Kemampuan Berbahasa Inggris, Pelatihan Yang Efektif, TOEFL.

Abstrak

Di Indonesia, pembelajaran TOEFL (Test of English as a Foreign Language) telah menjadi hal yang penting dalam meningkatkan penguasaan bahasa Inggris, terutama bagi para guru Bahasa Inggris di berbagai wilayah. Penguasaan bahasa Inggris yang baik menjadi kunci dalam memenuhi standar mutu pendidikan. Oleh karena itu, pelatihan TOEFL menjadi suatu kebutuhan yang perlu dilakukan guna mendukung penguasaan bahasa Inggris para guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran dalam upaya mencapai sekolah berstandar mutu. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan TOEFL sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris bagi guru Bahasa Inggris di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Pelatihan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Conference dengan jumlah peserta 77 orang guru. Materi pelatihan mencakup keterampilan dasar TOEFL, seperti Mendengarkan (Listening), Tata Bahasa dan Struktur Kalimat (Structure and Written Expression), dan Membaca (Reading). Pelatihan dilakukan dalam beberapa tahap, termasuk pre-test, presentasi, diskusi, pembimbingan, dan post-test. Hasil dari kegiatan pelatihan menunjukkan adanya peningkatan skor TOEFL pada para guru. Rerata skor tes awal TOEFL adalah 426, dengan skor terendah 286 dan skor tertinggi 536. Setelah mengikuti pelatihan, rerata skor tes akhir TOEFL meningkat menjadi 432, dengan skor terendah 296 dan skor tertinggi 557. Meskipun perubahan skor tidak signifikan, peningkatan skor ini menunjukkan adanya perbaikan dalam pemahaman dan kemampuan berbahasa Inggris para peserta. Pelatihan ini terbukti efektif meningkatkan pemahaman bahasa Inggris guru Bahasa Inggris di Kabupaten Muara Enim. Penyampaian materi dan interaksi narasumber berkontribusi positif pada penguasaan bahasa Inggris para guru. Disarankan untuk kegiatan lanjutan guna mengetahui penerapan pengetahuan yang didapat setelah pelatihan

Biografi Penulis

Hesti Wahyuni Anggraini, Universitas Sriwijaya

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris

Referensi

Ang-zie, K. (2020). 14 Exams in Preparation & Practice Test TOEFL: TOEFL. Genta Group Production.

Deborah. (2013). Longman Preparation Course for the TOFEL Test - IBT 2nd Edition. Longman Press.

Fitria, R., Ervina, E., Kurniati, K., & Astafi, R. (2021). Pendampingan peningkatan kemampuan bahasa inggris siswa panti asuhan Dayang Dermah Bengkalis. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 56-61. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3540

Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan tes TOEFL (Test of English Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen dan umum. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1457

Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura. 12.

Ilham, I., Isnaini, Y., Irwandi, I., Lukman, L., & Ismail, H. (2022). Pelatihan TOEFL (Test of English As Foreign Language) bagi guru-guru pesantren. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 715-725. https://doi.org/10.31764/jces.v5i3.9228

Kusuma, A. (2020). Practice Test TOEFL & TOEIC. Genta Smart Publisher.

Lubis, L. R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis faktor kesulitan mahasiswa IPTS dalam menyelesaikan soal-soal TOEFL. Journal Education and Development, 7(3), 118-121. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1202

Purnaning, E. R., Ayuningtyas, A. K., Kridaningtyas, I., & Nurul, H. (2014). Upgrade TOEFL Score: Rahasia Melejitkan Skor TOEFL. https://books.google.co.id/books?id=Xk0PBAAAQBAJ&pg=PA2&dq=TES+TOEFL&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwighYjGkqzsAhXCSH0KHXDQB2kQ6AEwBXoECAUQAg#v=one page&q=TES%20TOEFL&f=false

Ramdhan, V., Ramliyana, R., Sutisna, U.(2022). Pelatihan tes uji kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di SMK Al–Husna Bojong Gede. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 144-149. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5489

Situmorang, K., Nugroho, D. Y., Pramusita, S. M., Manurung, E. I., & Albertina, B. C. (2021). Mengenal TOEFL ITP untuk menunjang karir akademik. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 430-434. 10.29303/jppm.v4i4.2996

Syafii, L., & Sugianto, A. (2017). Pelatihan Bahasa Inggris berekuivalensi TOEFL bagi dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25-30. 10.24269/adi.v1i1.414

Syahrial, S & Syafryadin, S. (2020). Analysis of the TOEFL mastery of Postgraduate Program (S2) at Bengkulu University. Proceeding of International Conference on the Teaching English and Literature. 1(1), 165- 176.

Utami, E., & Rakhmanina, L. (2019). Pelatihan Test of English Proficiency bagi dosen di Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 60-65. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i2.935

Yulita, D., Neno, H., & Pale, E.S. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris untuk perbankan kepada siswa-siswa SMKS Khatolik Kefamenanu. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 167-176. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6906

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023