Pelatihan pembuatan video profil sekolah di SMA se-kabupaten Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.18343Kata Kunci:
Desain Grafis, Editing Video, Pengabdian Pada MasyarakatAbstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta era revolusi industri 4.0 dan society 5.0, telah membawa dampak pesat pada seluruh aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Sebagai respons terhadap perkembangan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan peraturan yang kembali memperkuat pengajaran informatika dalam kurikulum terbaru "Merdeka Belajar". Namun, banyak sekolah belum siap menghadapi materi informatika karena kurangnya guru yang kompeten. Oleh karena itu, program studi pendidikan informatika memiliki peluang untuk melakukan pengabdian dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terkait materi informatika kepada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Pengabdian ini dilakukan dengan melibatkan dosen Pendidikan Informatika dan beberapa mahasiswa. Kegiatan berlangsung dalam 4 kali pertemuan dengan siswa kelas XII di SMK Qurrota A’yun Joben. Materi pelatihan mencakup dasar-dasar jaringan, resource sharing, konektivitas, dan komunikasi, serta dilanjutkan dengan pembuatan video profil. Peserta diajarkan teknik pengambilan gambar, editing video, dan teknik desain multimedia dengan menggunakan berbagai aplikasi. Hasil posttest menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam desain grafis (85%), pembuatan skenario (93%), teknik pengambilan gambar (86%), dan editing video (96%). Pelatihan ini memberikan kesempatan bagi SMK Qurrota A’yun untuk mempromosikan sekolahnya melalui video profil yang menarik, meningkatkan minat para wali murid, dan menghadapi persaingan di era media sosial. Pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan video profil sekolah ini efektif meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola multimedia dan mempromosikan sekolah secara lebih menarik. Video profil menjadi media yang efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi dan promosi, khususnya dalam menghadapi perkembangan zaman dan media sosial. Dalam era society 5.0, pemanfaatan teknologi multimedia menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing sekolah dan potensi daerah secara keseluruhan.Referensi
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. ADIBA: Journal of Education, 2(1), 64–73. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/57
Elizabeth, T., Pratama, D., Alamsyah, D., Yoannita, Y., Inayatullah, I., & Tinaliah, T. (2021). Pelatihan aplikasi screen recorder dan video conference guna meningkatkan proses belajar mengajar. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.29408/AB.V2I1.3495
Husna, P., Yanni, M. H., & Afriliansyah, T. (2022). Pengembangan modul elektronik mata pelajaran informatika sebagai bahan ajar alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas ix sekolah menengah pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 1(2), 15–23. https://jurnalstkip.bumipersada.ac.id/index.php/jurnalpendidikan/article/view/9
Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/AB.V2I1.3586
Lumasuge, O., Tindi, A. P., & Sinsu, N. (2020). Pelatihan
pembuatan video profil berbasis multimedia untuk pemerintah kampung Kuma1 Kecamatan Tabukan Tengah. Jurnal Ilmiah Tatengkorang, 4(1), 21–26. https://doi.org/10.54484/TKRG.V4I1.341
Maryati, S., & Purnama, B. E. (2013). Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Dengan Menggunakan Multimedia. Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(1). https://doi.org/10.3112/SPEED.V5I1.1146
Purba, R. A., Tamrin, A. F., Bachtiar, E., Makbul, R., Rofiki, I., Metanfanuan, T., Masrul, M., Simarmata, J., Juliana, J., Irawan, E., & Ardiana, D. P. Y. (2020). Teknologi pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Rahman, A., Hidayat, M., Jurnal, F. M.-G. S. S., & 2020, undefined. (2020). Pelatihan dan pendampingan masyarakat desa dalam pembuatan video profil kampung kota lintang kabupaten aceh tamiang. Global Science Society: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 231–239. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/gss/article/view/2032
Rahman, A., Hidayat, M. T., & Mustika, F. (2020). Pelatihan dan pendampingan masyarakat desa dalam pembuatan video profil kampung kota lintang kabupaten aceh tamiang. Global Science Society: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 231–239.
Samsugi, S., Bakri, M., Chandra, A., Nursintawati, D., & Wibowo, W. (2022). Pelatihan Jaringan Dan Troubleshooting Komputer Untuk Menambah Keahlian Perangkat Desa Mukti Karya Kabupaten Mesuji. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 52–57. https://doi.org/10.59458/JWL.V2I1.31
Utomo, D. P., Purba, B., & Waruwu, F. T. (2022). Pelatihan Editing Video Guna Peningkatan Kreativitas Karang Taruna Pada Desa Mangga Dua. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(2), 32–36. https://www.ejurnal.akfar-mandiri.ac.id/index.php/abdimas/article/view/11
Walukow, M. R., Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran Informatika di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5411–5420. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I5.7517
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.