Pembimbingan siswa SD sekitar lokasi pantai wisata Kastela untuk smart berplastik
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.18731Kata Kunci:
Keberlanjutan Lingkungan, Pengelolaan Sampah Berkelanjutan, Pengelolaan Sampah Bertanggung JawabAbstrak
Masalah peningkatan jumlah sampah yang berbanding lurus dengan jumlah populasi manusia di suatu daerah menjadi perhatian penting dalam konteks keberlanjutan lingkungan. Wilayah perkotaan, sebagai pusat pendidikan dan ekonomi, sering mengalami kesulitan dalam menangani volume sampah yang dihasilkan setiap harinya. Dampak dari akumulasi sampah tersebut berdampak buruk pada kualitas lingkungan, termasuk air, tanah, dan udara. Salah satu solusi yang diajukan untuk mengatasi masalah ini adalah meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan sampah sejak usia dini hingga dewasa. Fokus pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada siswa sekolah dasar tentang pengelolaan sampah cerdas melalui pendekatan bermain dan aktif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini mencakup ceramah, demonstrasi, dan eksplorasi. Kegiatan pengabdian ini melibatkan 30 siswa dari sekolah dasar yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil temuan menunjukkan bahwa pendekatan bermain dan aktif mampu meningkatkan pemahaman dan perilaku peduli lingkungan pada siswa. Selain itu, siswa juga dapat menerapkan langkah awal dalam pengelolaan sampah dengan memisahkan sampah organik dan anorganik. Pengabdian ini berhasil dilaksanakan dengan sukses dan memberikan hasil positif dalam meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa dalam pengelolaan sampah. Pendekatan bermain dan aktif ternyata efektif dalam memberikan pemahaman yang berarti tentang pentingnya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Harapannya, kegiatan semacam ini dapat terus ditingkatkan dan diperluas dalam upaya menciptakan masyarakat yang lebih peduli terhadap lingkunganReferensi
Alp, E., Ertepinar, H., Tekkaya, C., & Yilmaz, A. (2008). A survey on Turkish elementary school students’ environmental friendly behaviours and associated variables. In Environmental Education Research (Vol. 14, Issue 2, pp. 129–143). https://doi.org/10.1080/13504620802051747
Alwi, M., Kudsiah, M., Hakim, A. R. B., & Maritasari, D. B. (2022). Penguatan Literasi Lingkungan Melalui Kegiatan Hidroponik untuk Membangun Green School di SDU Hamzanwadi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 243–254. https://doi.org/10.29408/1b.v3i2.5945
Awunyo-Vitor, D., Ishak, S., & Seidu Jasaw, G. (2013). Urban Households’ Willingness to Pay for Improved Solid Waste Disposal Services in Kumasi Metropolis, Ghana. In Urban Studies Research (Vol. 2013, pp. 1–8). https://doi.org/10.1155/2013/659425
Cordova, M. R., & Wahyudin, A. J. (2016). MICROPLASTIC IN THE DEEP-SEA SEDIMENT OF SOUTHWESTERN SUMATERA WATERS. Jurnal MARINE RESEARCH IN INDONESIA, 41(1), 27–35. https://doi.org/10.14203/mri.v41i1.99
Darmawati, & Purnomo, E. (2022). Pemahaman Guru Tentang Penanganan Sampah dan Penerapannya di Lingkungan Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3503–3513. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2638 Copyright
Ichi, M. (2022, November). Ternate Darurat Sampah Plastik, Produsen Diminta Bertanggung Jawab. Mongabay, 3. https://www.mongabay.co.id/2022/11/14/ternate-darurat-sampah-plastik-produsen-diminta-bertanggung-jawab/
Jambeck, J. R., Geyer, R., Wilcox, C., Siegler, T. R., Perryman, M., Andrady, A., Narayan, R., & Law, K. L. (2015). Plastic Waste Inputs From Land Into the Ocean. Science, 347(6223), 768–771. https://doi.org/10.1126/science.1260352
Muhdhar, M. H. I. Al, Sumberartha, I. W., Hassan, Z., Rahmansyah, M. S., & Tamalene, M. N. (2021). Examination of Microplastic Particles in Reef Fish Food in Ternate Island Waters, Indonesia. Jordan Journal of Biological Sciences, 14(4), 853–858. https://doi.org/10.54319/jjbs/140427
Notoatmodjo, S. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Rhineka Cipta.
Pranungsari, D., Anwar, I. C., Maarifudin, S., & Arisandi, V. (2019). Edukasi Kesehatan Konsumsi Sayur dan Buah, Serta Pengelolaan Sampah Pada Anak-Anak SD Negeri Kempong. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 179–184. https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.766
Prasetiawan, T. (2018). Upaya Mengatasi Sampah Plastik di Laut. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, X(April), 13–18. https://unucirebon.ac.id/id/
Purwaningrum, P. (2016). UPAYA MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH PLASTIK DI LINGKUNGAN. Jurnal Teknik Lingkungan, 8(2), 141–147. https://123dok.com/document/download/yeejo80y?page=1
Putra, A. M., Hartini, H., Widiyanti, B. L., & Haerudin, H. (2021). Sosialisasi Zero Waste dan Coaching Clinic Pengolahan Sampah di Desa Labuhan Haji. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 72–84. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3569
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Simatupang, M. M., Veronika, E., & Irfandi, A. (2021). Edukasi Pengelolaan Sampah : Pemilahan Sampah dan 3R di SDN Pondok Cina Depok. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat, 34–38. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/partahttp://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta.
Simsekli, Y. (2015). An Implementation To Raise Environmental Awareness Of Elementary Education Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191(2), 222–226. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.449
Steen, H., Malefors, C., Röös, E., & Eriksson, M. (2018). Identification and modelling of risk factors for food waste generation in school and pre-school catering units. In Waste Management (Vol. 77, pp. 172–184). https://doi.org/10.1016/j.wasman.2018.05.024
Suseno, E., Purba, K. R., & Intan, R. (2016). Media Pembelajaran Interaktif Pengelolaan Sampah Organik, Anorganik dan Bahan Beracun Berbahaya Berbasis Flash. Jurnal Infra, 4(1), 159–163. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/4103
Talalaj, I. A., & Walery, M. (2015). The Effect of Gender and Age Structure on Municipal Waste Generation in Poland. In Waste Management (Vol. 40, pp. 3–8). https://doi.org/10.1016/j.wasman.2015.03.020
Wiryopranoto, S., M. S. Herlina, N., Marihandono, D., Tangkilisan B, Y., & Nasional, T. P. K. (2017). Perjuangan Ki Hajar Dewantara: Dari Politik Ke Pendidikan.
Zakirman, Z., Nurdin, G., Marsinah, N., & Chandrawati, T. (2022). Pelatihan Praktik Pengolahan Sampah dengan Metode 3R di SDN 03 Putat Nutug Ciseeng Bogor. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 236–242. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6514
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.