Peningkatan kompetensi siswa SMK melalui pelatihan desain grafis dan animasi

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.18793

Kata Kunci:

Animasi, Desain Grafis, Peningkatan Kompetensi Keahlian,

Abstrak

Multimedia merupakan salah satu bidang keilmuan yang sangat penting saat sekarang ini. Semua bidang pekerjaan membutuhkan multimedia, untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan benar. Multimedia merupakan salah satu jurusan yang tergolong banyak menyumbang pengangguran saat sekarang ini. Hal demikian terjadi salah satunya disebabkan karena keahlian dan kemampuan serta pengetahuan yang dimiliki oleh lulusan Multimedia belum bisa di bawah standar yang dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi lainnya. SMK NW Kembang Kerang adalah sekolah kejuruan swasta yang ada di lombok timur, dimana terdapat jurusan multimedia yang merupakan jurusan dengan peminat yang cukup banyak, setiap tahun meluluskan siswa dari jurusan multimedia. Kendala yang dihadapi oleh alumni multimedia adalah kompetensi yang dihasilkan setelah selesai dari sekolah masih sangat kurang, padahal dari informasi yang disampaikan oleh guru pengampu banyak dibuka jasa editing foto dan video yang tersebar di seputar wilayah kembang kerang, namun jarang sekali ada lulusan dari siswa/siswi SMK yang bekerja dibidang tersebut, hal ini dimaklumi oleh guru maupun kepala sekolah SMK NW Kembang Kerang, dikarenakan minimnya praktik yang didapat oleh siswa selama disekolah. Untuk itulah penulis mengadakan kegiatan pelatihan kompetensi untuk siswa siswi di SMK NW Kembang Kerang dengan tujuan dapat meningkatkan keterampilan dari siswa dalam bidang multimedia dan desain grafis. Dengan adanya kegiatan pelatihan kompetensi dalam bidang multimedia dan desain grafis ini diharapkan nantinya setelah siswa menyelesaikan pendidikan di sekolah kejuruan dapat memiliki bekal kompetensi yang dapat bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat luas.

Referensi

Aisa, Sitti, Asmah Akhriana, Ahyuna Ahyuna, Andi Irmayana, Irmawati Irmawati, and Nurul Aini. 2021. “An Analysis of Students’ Learning Interest in Programming Language Based on Data Mining with Fuzzy C-Means Method.” International Journal of Online & Biomedical Engineering 17(9).

Ghazali, Muhammad, Muhammad Zohri, Wahyu Ramadhan, and Jamaluddin Jamaluddin. 2022. “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Komputer, Internet Dan Aplikasi Desa.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(2).

Hamzah, Muhammad Luthfi, Rizky Ariansyah, Eki Saputra, Idria Maita, Anofrizen Anofrizen, Zarnelly Zarnelly, and Hamzah Hamzah. 2021. “Sosialisasi Terhadap Generasi Muda Tentang Edukasi Penggunaan Internet Dan Memberikan Pelatihan Dasar Microsoft Word.” Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ) 2(2):285–91.

Irmayana, Andi, and Nurul Aini. 2022. “PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA GURU SMA SOMBA OPU GOWA.” Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):1–12.

Makmur, Testiani. 2019. “TEKNOLOGI INFORMASI: Dampak Dan Implikasi Bagi Perpustakaan, Pustakawan Serta Pemustaka.” Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi 1(1):65–74.

Rasmila, Rasmila, Nurul Huda, Jemakmun Jemakmun, Aan Restu Mukti, Rahayu Amalia, Novri Hadinata, Kurniawan Kurniawan, Ade Putra, and Christin Evasari Nainggolan. 2022. “Pelatihan Presentasi Menggunakan Microsoft Power Point Pada SMP Patra Mandiri 2 Palembang.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(1):129–36.

Rizki, Muhammad. 2014. “Hubungan Pendidikan Kepala Desa Dengan Kinerja Kepala Desa Di Desa Pepara Kecamatan Tana Paser.” E-Jurnal Administrasi Negara 2(4):1890–1901.

Salam, Abdus, and Taufiq Iqbal. 2020. “IbM Pelatihan Microsoft Office Dalam Rangka Membentuk Masyarakat Yang Profesional.” Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia 1(1):10–15.

Sormin, Masdelima Azizah, Nur Sahara, and Lisna Agustina. 2018. “Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak (Microsoft Office Word, Excel, Power Point) Dalam Kinerja Pengolahan Data Di Pemerintahan Desa Bagikepala Desa Se-Kecamatan Batang Angkola.” Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):78–82.

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023