Pelatihan aplikasi komputer santri MDQH (Ma’had Darul Qur’an wal-Hadits) Almajidiah Asy-Syafi’ah NWDI-Pancor

Penulis

  • Taufik Akbar Universitas Hamzanwadi
  • Ahwan Ahmadi Universitas Hamzanwadi
  • Hadian Mandala Putra Universitas Hamzanwadi
  • M Nuzuluddin Universitas Hamzanwadi
  • Intan Komala Dewi Patwari Universitas Hamzanwadi
  • Alimudin Alimudin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.18926

Kata Kunci:

Literasi Digital, Ma'had MQDH NW Pancor. Pelatihan Komputer

Abstrak

Dalam kepercayaan masyarakat umum, tokoh agama (Ulama) menjadi sumber informasi yang sangat dipercaya, termasuk oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk memastikan ulama memiliki literasi digital yang memadai agar dapat menyampaikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Studi ini bertujuan untuk memberikan pelatihan komputer kepada santri Ma'had MQDH NW Pancor agar mereka dapat menguasai teknologi komputer dan aplikasi yang relevan. Pelatihan berfokus pada wawasan internet dan aplikasi Microsoft Office, dengan metode ceramah dan praktek langsung. Kegiatan ini melibatkan 10 peserta dari berbagai tingkatan, dan pelatihan berlangsung di Laboratorium 1, Fakultas Teknik, Universitas Hamzanwadi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa sebanyak 57.1% peserta menyatakan tingkat kepuasan yang tinggi, dan 71.4% melaporkan peningkatan pemahaman setelah mengikuti pelatihan. Kesimpulannya, pelatihan komputer ini memberikan manfaat positif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan digital santri, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan digital di masa mendatang.

Referensi

Akbar, T., Dewi, I. K., Alimudin, A., & Ahmadi, I. (2022). Pelatihan Troubleshooting laptop Alumni SMK Se-Lombok Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5724

Almaarif, A., Suryatiningsih, Ramadani, L., Putri Sujana, A., Siradj, Y., & Dewi Budiwati, S. (2022). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada UMKM Desa Lengkong Bandung. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 49–53. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.161

Andarningtiyas, N. (2020). Orang Indonesia paling percaya keluarga dan tokoh agama. Www.Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/1850360/orang-indonesia-paling-percaya-keluarga-dan-tokoh-agama

EdSurge. (2018). The Advantages of Using Technology in Education. https://www.edsurge.com/news/2018-07-10-the-advantages-of-using-technology-in-education

EdTechReview. (2021). 5 Benefits of Using Technology in the Classroom. https://edtechreview.in/trends-insights/insights/2215-benefits-of-technology-in-the-classroom

Fauzi, L. M., Gazali, M., Mukti, H., Hayati, N., & Rahmawati, B. F. (2022). Workshop pembuatan aplikasi arsip elektronik. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 79–87. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5824

Handayani, M., Abdullah, A., & Prasetyo, D. Y. (2022). Animasi 2 Dimensi Frame by Frame untuk Edukasi Protokol Kesehatan Covid-19 kepada Masyarakat. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.166

Jusnita, N., & Ali, S. U. (2022). Penyuluhan literasi digital anti Hoax, Bullying, dan ujaran kebencian pada remaja di kota Ternate. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 177–186. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6440

Merdeka.com. (2017). Rendahnya literasi digital jadi penyebab penyebaran berita hoax. https://kominfo.go.id/content/detail/8806/rendahnya-literasi-digital-jadi-penyebab-penyebaran-berita-hoax/0/sorotan_media

Ni Komang Sri Julyantari, Purnama, I. G. A. V., Budiarta, K., & Srinandari, P. R. Y. (2022). Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi dan Pemasaran Produk Kembang Rampai Serta Perbaikan Manajemen Keuangan. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 40–48. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.154

NMC/CoSN Horizon Report. (2017). The New Media Consortium. https://library.educause.edu/resources/2017/7/nmc-cosn-horizon-report-2017-k12-edition

Nucifera, P., Yakob, M., & Setyoko, S. (2022). Pelatihan media pembelajaran berbasis digital bagi guru di SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 217–225. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6277

Nugrahanti, F., Nita, S., Sari, E. R. N., & Sussolaikah, K. (2022). Pembelajaran dan Pengenalan Aplikasi Zoom Bagi Guru Pengajar SDLB Karang Rejo Kab. Madiun Pada Masa Pandemi Covid 19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 54–59. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.158

SENAT THULLAB MA’HAD DQH NWDI Pancor. (2013). PROFIL MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS AL-MADJIDIYAH ASY-SYAFI’IYAH NW PANCOR. https://www.facebook.com/mdqhnwpancor/posts/profil-mahad-darul-quran-wal-hadits-al-madjidiyah-asy-syafiiyah-nw-pancor-penega/672385922776199/

Sholeh, M., Pradnyana, I. W. J., & Ridhoni, I. W. (2022). Menumbuhkan Minat Anak-Anak dalam Belajar Koding dengan Menggunakan Aplikasi Scratch. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.151

unesco. (2017). ICT in Education. https://en.unesco.org/themes/ict-education

Wicaksana, D. A., Asmiatun, S., & Winarti, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Editing Video Untuk Promosi UMKM Kampung Jawi Sukorejo Semarang. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 80–86. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.164

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023