Pelatihan aplikasi komputer santri MDQH (Ma’had Darul Qur’an wal-Hadits) Almajidiah Asy-Syafi’ah NWDI-Pancor
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.18926Kata Kunci:
Literasi Digital, Ma'had MQDH NW Pancor. Pelatihan KomputerAbstrak
Dalam kepercayaan masyarakat umum, tokoh agama (Ulama) menjadi sumber informasi yang sangat dipercaya, termasuk oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk memastikan ulama memiliki literasi digital yang memadai agar dapat menyampaikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Studi ini bertujuan untuk memberikan pelatihan komputer kepada santri Ma'had MQDH NW Pancor agar mereka dapat menguasai teknologi komputer dan aplikasi yang relevan. Pelatihan berfokus pada wawasan internet dan aplikasi Microsoft Office, dengan metode ceramah dan praktek langsung. Kegiatan ini melibatkan 10 peserta dari berbagai tingkatan, dan pelatihan berlangsung di Laboratorium 1, Fakultas Teknik, Universitas Hamzanwadi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa sebanyak 57.1% peserta menyatakan tingkat kepuasan yang tinggi, dan 71.4% melaporkan peningkatan pemahaman setelah mengikuti pelatihan. Kesimpulannya, pelatihan komputer ini memberikan manfaat positif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan digital santri, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan digital di masa mendatang.
Referensi
Akbar, T., Dewi, I. K., Alimudin, A., & Ahmadi, I. (2022). Pelatihan Troubleshooting laptop Alumni SMK Se-Lombok Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5724
Almaarif, A., Suryatiningsih, Ramadani, L., Putri Sujana, A., Siradj, Y., & Dewi Budiwati, S. (2022). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada UMKM Desa Lengkong Bandung. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 49–53. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.161
Andarningtiyas, N. (2020). Orang Indonesia paling percaya keluarga dan tokoh agama. Www.Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/1850360/orang-indonesia-paling-percaya-keluarga-dan-tokoh-agama
EdSurge. (2018). The Advantages of Using Technology in Education. https://www.edsurge.com/news/2018-07-10-the-advantages-of-using-technology-in-education
EdTechReview. (2021). 5 Benefits of Using Technology in the Classroom. https://edtechreview.in/trends-insights/insights/2215-benefits-of-technology-in-the-classroom
Fauzi, L. M., Gazali, M., Mukti, H., Hayati, N., & Rahmawati, B. F. (2022). Workshop pembuatan aplikasi arsip elektronik. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 79–87. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5824
Handayani, M., Abdullah, A., & Prasetyo, D. Y. (2022). Animasi 2 Dimensi Frame by Frame untuk Edukasi Protokol Kesehatan Covid-19 kepada Masyarakat. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.166
Jusnita, N., & Ali, S. U. (2022). Penyuluhan literasi digital anti Hoax, Bullying, dan ujaran kebencian pada remaja di kota Ternate. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 177–186. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6440
Merdeka.com. (2017). Rendahnya literasi digital jadi penyebab penyebaran berita hoax. https://kominfo.go.id/content/detail/8806/rendahnya-literasi-digital-jadi-penyebab-penyebaran-berita-hoax/0/sorotan_media
Ni Komang Sri Julyantari, Purnama, I. G. A. V., Budiarta, K., & Srinandari, P. R. Y. (2022). Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi dan Pemasaran Produk Kembang Rampai Serta Perbaikan Manajemen Keuangan. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 40–48. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.154
NMC/CoSN Horizon Report. (2017). The New Media Consortium. https://library.educause.edu/resources/2017/7/nmc-cosn-horizon-report-2017-k12-edition
Nucifera, P., Yakob, M., & Setyoko, S. (2022). Pelatihan media pembelajaran berbasis digital bagi guru di SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 217–225. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6277
Nugrahanti, F., Nita, S., Sari, E. R. N., & Sussolaikah, K. (2022). Pembelajaran dan Pengenalan Aplikasi Zoom Bagi Guru Pengajar SDLB Karang Rejo Kab. Madiun Pada Masa Pandemi Covid 19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 54–59. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.158
SENAT THULLAB MA’HAD DQH NWDI Pancor. (2013). PROFIL MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS AL-MADJIDIYAH ASY-SYAFI’IYAH NW PANCOR. https://www.facebook.com/mdqhnwpancor/posts/profil-mahad-darul-quran-wal-hadits-al-madjidiyah-asy-syafiiyah-nw-pancor-penega/672385922776199/
Sholeh, M., Pradnyana, I. W. J., & Ridhoni, I. W. (2022). Menumbuhkan Minat Anak-Anak dalam Belajar Koding dengan Menggunakan Aplikasi Scratch. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.151
unesco. (2017). ICT in Education. https://en.unesco.org/themes/ict-education
Wicaksana, D. A., Asmiatun, S., & Winarti, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Editing Video Untuk Promosi UMKM Kampung Jawi Sukorejo Semarang. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 80–86. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.164
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.