Transformasi kemampuan analisis statistik mahasiswa UIN Mataram melalui pelatihan software JASP

Penulis

  • Muhammad Ghazali Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhammad Zohri Universitas Islam Negeri Mataram
  • Juwita Lestari Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ramdani Purnamasari Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ita Fitriati Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.22540

Kata Kunci:

Analisis Data Statistik, Pelatihan Aplikasi JASP, Open-Source Statistical Software

Abstrak

Analisis data statistik merupakan proses pemeriksaan, pembersihan, transformasi, dan pemodelan data dengan tujuan menemukan informasi berguna, menarik kesimpulan, dan mendukung pengambilan keputusan. Proses ini melibatkan berbagai teknik dan metode statistik yang diterapkan pada data untuk memahami, menjelaskan, dan memprediksi fenomena. Keterampilan seperti ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Oleh akrena itu dibutuhkan pelatihan aplikasi statistik open-source JASP dalam meningkatkan kemampuan analisis data statistik mahasiswa UIN Mataram, khususnya pada mahasiswa semester akhir. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih penggunaan JASP sebagai alternatif gratis dan bebas lisensi untuk analisis data statistik, mengingat keterbatasan aksesibilitas dan isu etis seputar penggunaan software berbayar seperti SPSS di lingkungan akademis. Metodologi pelatihan meliputi sesi teoritis dan praktik aplikasi JASP, dengan fokus pada analisis regresi linier berganda dan analisis jalur. Survei awal menunjukkan hanya 25% mahasiswa semester akhir yang mengenal aplikasi open-source seperti JASP. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman dan penerapan JASP, dengan 85% peserta menunjukkan peningkatan kompetensi. Hasil ini menunjukkan pentingnya pelatihan dalam aplikasi statistik open-source untuk mendukung penelitian akademis mahasiswa dan memperkuat integritas akademis dalam lingkungan universitas Islam. Penelitian ini membuka wawasan tentang alternatif perangkat lunak statistik yang etis dan terjangkau, serta menyoroti pentingnya keterampilan analitis dalam pendidikan tinggi.

Referensi

Aini, S., Sa’diyah, H., Fajari, L., & Riset, L. F. (2023). Pengaruh Social Family Models terhadap prestasi akademik siswa di Indonesia: Studi meta analisis. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3), 1043–1056. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/79734

Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). Pelatihan pengujian hipotesis statistika dasar dengan software R. BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 327–334. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/2412

Budiharto, W. (2015). Metode penelitian ilmu komputer dengan komputasi statistika berbasis R. Deepublish. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=p8mXDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Metode+Penelitian+Ilmu+Komputer+Dengan+Komputasi+Statistika+Berbasis+R&ots=U-PPIWJS_j&sig=WX65FGRQ5y5SXlH0LpbPAI9F4Zw

Cahyono, D., Naheria, N., & Fauzi, M. S. (2021). Pelatihan pengolahan data penelitian berbasis software JASP dan SPSS bagi mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman Kalimantan Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 421–426. https://doi.org/10.54082/jamsi.141

Daryati, D., Arthur, R., Miharja, T. E., Ishak, N., & Rochimah, N. (2021). Pelatihan pengolahan data penelitian berbasis software statistik untuk mahasiswa di Jabotabek. Abdi Masyarakat, 3(1), 34–40. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/PB/article/view/2354

Firdaus, M. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif; dilengkapi analisis regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0. Dotplus Publisher. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=lJ8hEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA15&dq=Metodologi+Penelitian+Kuantitatif%3B+Dilengkapi+Analisis+Regresi+Ibm+Spss+Statistics+Version+26.0&ots=Tg6CAHTvZ0&sig=ugD4ZoYIM6baBbTmRN9WcwcRFLQ

Goss-Sampson, M. (2019). Statistical analysis in JASP: a guide for students. JASP. https://doi.org/10.6084/M9.FIGSHARE.9980744

Hustia, A., Arifai, A., Afrilliana, N., & Novianty, M. (2021). Pelatihan pengolahan data statistik menggunakan SPSS bagi mahasiswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 2050–2061. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5016

Iskandar, A., Muttaqin, Dewi, S. V., Jamaludin, Irawati, Prianto, C., Siregar, R. S., Siregar, M. N. H., Chamidah, D., Sinambela, M., Limbong, A., Fadhillah, Y., & Simarmata, J. (2021). Stastika Bidang Teknogi Informasi (A. Karim, Ed.). Yayasan Kita Menulis.

Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan metode pembelajaran Blended Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep hasil belajar siswa: Sebuah meta-analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 48–63. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/view/9805

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Ibrahim, I., Nurmiwati, N., & Abdillah, A. (2022). Uji hipotesis menggunakan software JASP sebagai upaya peningkatan kemampuan teknik analisa data pada riset mahasiswa. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 512–519. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/6109

Rusman, R. F. N. (2022). Pengaruh kemampuan penguasaan materi, berpikir kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi terhadap kemampuan dasar mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Wijaya, T. N. (2020). Peningkatan kemampuan pengolahan data melalui pelatihan statistik dan aplikasi program SPSS bagi guru-guru SMA di DIY. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 2622–6340. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i1.293

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023