Pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran ramah anak di Kabupaten Halmahera Selatan

Penulis

  • Kodrat Hi Karim Universitas Khairun
  • Eko Purnomo Universitas Khairun https://orcid.org/0000-0002-5796-4893
  • Suhardi Kasim Universitas Khairun
  • Rasmi Hi Panu Universitas Nahdlatul Ulama Maluku Utara

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.23176

Kata Kunci:

Edukasi Digital, Pembelajaran Ramah Anak, Pemanfaatan Smartphone

Abstrak

Pembelajaran ramah anak merupakan pembelajaran yang dirancang dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga anak dapat belajar dengan efektif dalam suasana yang aman, tanpa ancaman dan memberikan semangat. Pengabdian ini bertujuan mengoptimalkan pemanfaatan smartphone pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 244 HALSEL, Gintang, dengan konsep yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa agar penggunaan smartphone lebih tepat guna dan berdampak pada capaian pembelajaran. Kegiatan, dilakukan pada bulan September 2023 dengan melibatkan 30 siswa dari kelas 3 hingga 6. Metode yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi untuk mengedukasi siswa tentang penggunaan smartphone secara bijak dan ramah anak. Hasil penelitian menunjukkan perubahan signifikan dalam penggunaan smartphone setelah sosialisasi. Rata-rata penggunaan harian berkurang dari 4 jam menjadi 3 jam, dengan persentase penggunaan untuk hiburan menurun dari 75% menjadi 50%, sementara penggunaan untuk pembelajaran meningkat dari 25% menjadi 50%. Skor rata-rata tes kosakata bahasa Inggris siswa meningkat dari 60 menjadi 75, menandakan efek positif penggunaan smartphone yang terarah. Kesadaran siswa tentang penggunaan yang bertanggung jawab meningkat dari 40% menjadi 80%, dan penggunaan aplikasi pembelajaran meningkat dari rata-rata 1 menjadi 3 aplikasi per siswa. Interaksi antara tim dan siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah memiliki akun media sosial dan menggunakan smartphone tanpa pengawasan orang tua. Kegiatan ini meningkatkan motivasi dan minat belajar di kalangan siswa, memperkuat pemahaman tentang penggunaan smartphone dalam pembelajaran, serta menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya penggunaan dengan bijak. Pengabdian ini menekankan pentingnya edukasi dan kerjasama antara sekolah, guru, dan orangtua dalam mengatur penggunaan smartphone oleh anak-anak di sekolah dasar untuk memastikan manfaat maksimal dari teknologi ini dalam pembelajaran

Referensi

Ainiyah, Z., & Puspasari, D. (2015). Penggunaan Edmodo sebagai media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Unesa, 151(2), 43–44.

Cho, K.-S., & Lee, J.-M. (2017). Influence of smartphone addiction proneness of young children on problematic behaviors and emotional intelligence: Mediating self-assessment effects of parents using smartphones. Computers In Human Behaviors, 66, 303–311. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.063

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Heni, H., & Mujahid, A. J. (2018). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap perkembangan personal sosial anak usia pra-sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 330–342. https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.341

Hidayah, N., Nashoih, A. K., Asyari, T. R., & Chumaidi, A. (2021). Sosialisai edukasi smartphone terhadap anak “dampak positif dan negatif penggunaan smartphone pada anak.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–26.

Januariyansah, S., & Rohmantoro, D. (2018). The role of digital classroom facilities to accommodate learning process of the Z and Alpha Generations. Proceeding of International Conference On Child-Friendly Education, 1994(April), 1–12.

Li, X., Malebary, S., Qu, X., Ji, X., Cheng, Y., & Xu, W. (2018). ICare: Automatic and user-friendly child identification on smartphones. HotMobile 2018 - Proceedings of the 19th International Workshop on Mobile Computing Systems and Applications, 2018-Febru, 43–48. https://doi.org/10.1145/3177102.3177119

Listiana, A., & Guswanti, N. (2020). Dampak positif penggunaan smartphone pada anak usia 2-3 tahun dengan peran aktif pengawasan orang tua. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 97–111.

Marsal, A., & Hidayati, F. (2017). Pengaruh smartphone terhadap pola interaksi sosial pada anak balita di lingkungan keluarga pegawai UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Ilmiyah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 78–84.

Muchsin, H. M. B., Sulthon, H. Moh., & Wahid, H. A. (2010). Pendidikan Islam Humanistik: Alternatif Pendidikan Pembebasan Anak. Refika Aditama.

Nopitasari, L. K., & Indriana, D. (2020). Peran guru dan orang tua dalam mendidik anak selama masa pandemi Covid-19. Dalam Serang: Media Madani. Media Madani.

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di smartphone terhadap perkembangan kemampuan komunikasi interpersonal anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589

Santos, A. S., Silva, A. F., Garrido, C., Marques, C., Santos, R., Carneiro, J. F., Abreu, P., & Restivo, T. (2020). Child friendly app for spelling training. International journal of online and biomedical engineering, 16(4), 82–90. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i04.12315

Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh penggunaan gadget terhadap personal sosial anak usia pra sekolah di TKIT Al Mukmin. Profesi, 13, 72–78.

Widanengsih, E. (2016). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak, motivasi dan prestasi belajar pada anak SD di Kecamatan Ciputat Timur. Simnasiptek, 2014, 9.

Yulianto, A. (2016). Pendidikan ramah anak studi kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 137. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.192

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023