Transformasi metode pembelajaran melalui pendampingan Active Learning bagi guru MTsN 3 Magetan

Penulis

  • Baskoro Adi Prayitno Universitas Sebelas Maret
  • Sri Widoretno Universitas Sebelas Maret
  • Bowo Sugiharto Universitas Sebelas Maret
  • Chandra Adi Prabowo Universitas Sebelas Maret
  • Sri Dwiastuti Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.23911

Kata Kunci:

Active learning, Lesson Plan, Kualitas Pembelajaran

Abstrak

Active Learning merupakan pendekatan  pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar-mengajar, mempromosikan pemahaman yang mendalam, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam kelas. MTsN 3 Magetan, menghadapi tantangan dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, menerapkan pelatihan dan pendampingan active learning untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan kreativitas guru. Pelatihan ini, diikuti oleh 44 guru dari Maret hingga Oktober 2023, menggunakan metode blended learning dan meliputi aspek-aspek seperti teori active learning, literasi, dan numerasi. Evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru. Pre-test menunjukkan rata-rata pemahaman sebesar 65%, meningkat menjadi 87% pada post-test. Pendekatan active learning ini mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan analitis dan kritis mereka, sementara guru menjadi lebih efektif dalam merancang dan mengelola aktivitas pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif. Pelatihan ini berkontribusi pada peningkatan efektivitas pembelajaran di MTsN 3 Magetan, dengan meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa serta kreativitas guru dalam merancang pembelajaran interaktif.

Biografi Penulis

Baskoro Adi Prayitno, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Biologi FKIP UNS

Referensi

Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1), 34–46. http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/14/14

Effendi, M. (2016). Integrasi pembelajaran Active Learning dan Internet-based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/563

Frame, T. R., Cailor, S. M., Gryka, R. J., Chen, A. M., Kiersma, M. E., & Sheppard, L. (2015). Student perceptions of team-based learning vs traditional lecture-based learning. American Journal of Pharmaceutical Education, 79(4), 51. https://doi.org/10.5688/ajpe79451

Gunduz, N., & Hursen, C. (2015). Constructivism in teaching and learning; content analysis Evaluation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 526–533. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.04.640

Kaiser, T., & Menkhoff, L. (2022a). Active learning improves financial education: Experimental evidence from Uganda. Journal of Development Economics, 157, 102870. https://doi.org/10.1016/J.JDEVECO.2022.102870

Kaiser, T., & Menkhoff, L. (2022b). Active learning improves financial education: Experimental evidence from Uganda. Journal of Development Economics, 157. https://doi.org/10.1016/j.jdeveco.2022.102870

Kurniawan, M. I. (2017). Meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi Active Learning. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 124–132. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.764

Mandasari, B., Aminatun, D., Ayu, M., & Hamzah, I. (2022). Pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris melalui Active Learning bagi siswa-siswi Ma Ma’arif 9 Kotagajah Lampung Tengah. Journal of Empowerment Community, 4(2), 46–55. https://e-journal.unper.ac.id/index.php/JEC/article/view/950

Prasetya, M. A. (2015). E-learning sebagai sebuah inovasi metode Active Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 319–338. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/797

Prayitno, B. A., Sugiharto, B., & Titikusumawati, E. (2022). Effectiveness of Collaborative Constructivist strategies to minimize gaps in students’ understanding of Biological concepts. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 17(11), 114–127. https://doi.org/10.3991/IJET.V17I11.29891

Prince, M. (2013). Does Active Learning work? A review of the research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223–231. https://doi.org/10.1002/J.2168-9830.2004.TB00809.X

Triani, L., Wahyuni, S., Purwanti, E., Hudha, A. M., Fatmawati, D., & Husamah, H. (2018). Pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum: Peningkatan Problem-solving Skills dan hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.21831/JIPI.V4I2.21826

Yang, Y., & Loog, M. (2022a). To actively initialize Active Learning. Pattern Recognition, 131, 108836. https://doi.org/10.1016/J.PATCOG.2022.108836

Yang, Y., & Loog, M. (2022b). To Actively Initialize Active Learning. Pattern Recognition, 131. https://doi.org/10.1016/j.patcog.2022.108836

Zaman, B. (2020). Penerapan Active Learning dalam pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, 4(1), 13–27. https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/148

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023