Transformasi metode pembelajaran melalui pendampingan Active Learning bagi guru MTsN 3 Magetan
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.23911Kata Kunci:
Active learning, Lesson Plan, Kualitas PembelajaranAbstrak
Active Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar-mengajar, mempromosikan pemahaman yang mendalam, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam kelas. MTsN 3 Magetan, menghadapi tantangan dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, menerapkan pelatihan dan pendampingan active learning untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan kreativitas guru. Pelatihan ini, diikuti oleh 44 guru dari Maret hingga Oktober 2023, menggunakan metode blended learning dan meliputi aspek-aspek seperti teori active learning, literasi, dan numerasi. Evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru. Pre-test menunjukkan rata-rata pemahaman sebesar 65%, meningkat menjadi 87% pada post-test. Pendekatan active learning ini mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan analitis dan kritis mereka, sementara guru menjadi lebih efektif dalam merancang dan mengelola aktivitas pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif. Pelatihan ini berkontribusi pada peningkatan efektivitas pembelajaran di MTsN 3 Magetan, dengan meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa serta kreativitas guru dalam merancang pembelajaran interaktif.Referensi
Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1), 34–46. http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/14/14
Effendi, M. (2016). Integrasi pembelajaran Active Learning dan Internet-based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/563
Frame, T. R., Cailor, S. M., Gryka, R. J., Chen, A. M., Kiersma, M. E., & Sheppard, L. (2015). Student perceptions of team-based learning vs traditional lecture-based learning. American Journal of Pharmaceutical Education, 79(4), 51. https://doi.org/10.5688/ajpe79451
Gunduz, N., & Hursen, C. (2015). Constructivism in teaching and learning; content analysis Evaluation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 526–533. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.04.640
Kaiser, T., & Menkhoff, L. (2022a). Active learning improves financial education: Experimental evidence from Uganda. Journal of Development Economics, 157, 102870. https://doi.org/10.1016/J.JDEVECO.2022.102870
Kaiser, T., & Menkhoff, L. (2022b). Active learning improves financial education: Experimental evidence from Uganda. Journal of Development Economics, 157. https://doi.org/10.1016/j.jdeveco.2022.102870
Kurniawan, M. I. (2017). Meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi Active Learning. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 124–132. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.764
Mandasari, B., Aminatun, D., Ayu, M., & Hamzah, I. (2022). Pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris melalui Active Learning bagi siswa-siswi Ma Ma’arif 9 Kotagajah Lampung Tengah. Journal of Empowerment Community, 4(2), 46–55. https://e-journal.unper.ac.id/index.php/JEC/article/view/950
Prasetya, M. A. (2015). E-learning sebagai sebuah inovasi metode Active Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 319–338. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/797
Prayitno, B. A., Sugiharto, B., & Titikusumawati, E. (2022). Effectiveness of Collaborative Constructivist strategies to minimize gaps in students’ understanding of Biological concepts. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 17(11), 114–127. https://doi.org/10.3991/IJET.V17I11.29891
Prince, M. (2013). Does Active Learning work? A review of the research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223–231. https://doi.org/10.1002/J.2168-9830.2004.TB00809.X
Triani, L., Wahyuni, S., Purwanti, E., Hudha, A. M., Fatmawati, D., & Husamah, H. (2018). Pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum: Peningkatan Problem-solving Skills dan hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.21831/JIPI.V4I2.21826
Yang, Y., & Loog, M. (2022a). To actively initialize Active Learning. Pattern Recognition, 131, 108836. https://doi.org/10.1016/J.PATCOG.2022.108836
Yang, Y., & Loog, M. (2022b). To Actively Initialize Active Learning. Pattern Recognition, 131. https://doi.org/10.1016/j.patcog.2022.108836
Zaman, B. (2020). Penerapan Active Learning dalam pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, 4(1), 13–27. https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/148
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.