Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi guru SD Sindanglaya melalui pendampingan implementasi Multicultural Fairtale

Penulis

  • Prayuningtyas Wardhani Universitas Negeri Jakarta
  • Gusti Yarmi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.23990

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Multicultural Fairtale, Profil Pelajar Pancasila

Abstrak

Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pendidikan Indonesia merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan menghasilkan pelajar yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Profil ini dirancang untuk mempersiapkan pelajar yang demokratis, produktif, dan mampu menghadapi tantangan global di Abad ke-21. Tujuan dari program pendampingan ini adalah untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam pendidikan dasar melalui implementasi Multicultural Fairytale di SD Sindanglaya, Garut, Jawa Barat. Program ini dirancang untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila, yang mencakup enam dimensi karakter yang vital bagi pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan berkarakter. Dengan memanfaatkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, program ini memfasilitasi pengalaman belajar yang holistik dan kontekstual bagi guru dan siswa. Selama pelaksanaan, yang berlangsung dari 31 Juli hingga 3 Agustus 2023, 20 guru SD mengikuti serangkaian aktivitas yang direncanakan, termasuk observasi lapangan, pelatihan, dan evaluasi. Evaluasi menunjukkan peningkatan substansial dalam pemahaman konsep Multicultural Fairytale, dari 15% pada evaluasi awal menjadi 85% pada evaluasi proses, dan akhirnya 90% pada evaluasi akhir. Ini mengindikasikan efektivitas program dalam meningkatkan literasi dan kompetensi pedagogik guru. Program ini juga berhasil memicu motivasi dan keantusiasan tinggi di antara guru, yang tercermin dari kehadiran penuh dan komitmen yang kuat terhadap pembelajaran berkualitas yang menarik bagi siswa. Hasil ini menegaskan pentingnya penguatan profil pelajar yang berorientasi Pancasila, yang tidak hanya memfokuskan pada pencapaian kognitif tetapi juga pengembangan karakter dan sikap. Program pendampingan ini telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran, sejalan dengan kebutuhan pendidikan Indonesia dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0.

Referensi

Almuslamani, H. A. I., Nassar, I. A., & Mahdi, O. R. (2020). The effect of educational videos on increasing student classroom participation: Action research. International Journal of Higher Education, 9(3), 323–330. https://doi.org/10.5430/IJHE.V9N3P323

Amirova, B. (2020). Study of nis teachers’ perceptions of teacher professionalism in Kazakhstan. IAFOR Journal of Education, 8(4), 7–23. https://doi.org/10.22492/ije.8.4.01

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2009). Multicultural Education: Issues and perspectives. John Wiley and Sons. https://books.google.com/books/about/Multicultural_Education.html?hl=id&id=e1ITbOA2jhQC

Gray, J., & Campbell-Evans, G. (2002). Beginning Teachers as Teacher-Researchers. Australian Journal of Teacher Education, 27(1). https://doi.org/10.14221/ajte.2002v27n1.4

Gumilar, E. B., & Permatasari, K. G. (2023). Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka pada MI/SD. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 169–183. https://doi.org/10.32505/AZKIYA.V8I2.6908

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/JJP.V2I04.309

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3622

Lateh, A., Waedramae, M., Weahama, W., Suvanchatree, S., Yeesaman, N., Buathip, S., & Khuhamuc, S. (2020). Developing Action Research Model for Thai Tertiary Classrooms. International Journal of Instruction, 14(1), 567–586. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14134A

Ninsiana, W. (2017). Pendekatan Multikultural dalam pembelajaran Bahasa Inggris melalui media dongeng pada anak usia dini. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 41–52. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/787

Pamungkas, O. Y., & Sudigdo, A. (2022). Profile of Pancasila Students: Implementation of diversity in MBKM student’s stories in UST Yogyakarta. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.35877/454RI.DAENGKU870

Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan merancang modul projek profil pelajar pancasila bagi guru sdn 6 peusangan selatan melalui in house training sekolah penggerak. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574–1580. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/6878

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Projek Penguatan Profil Pancasila. Dalam Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023