Peningkatan kompetensi guru SMP Kristen Taaba melalui pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.24085Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Indonesia, Pengembangan Kompetensi GuruAbstrak
Kurikulum Merdeka Belajar merupakan inisiatif pendidikan baru di Indonesia yang bertujuan menghasilkan pendidikan berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman. Ini menekankan pada pengembangan potensi, minat, keterampilan sosial, emosional, dan spiritual siswa. Kegiatan ini fokus pada implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Kristen Taabah, Kabupaten Malaka, dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan kurikulum ini. Metode pelatihan yang digunakan melibatkan ceramah dan demonstrasi. Kegiatan diikuti oleh 25 peserta, terdiri dari 15 siswa dan 10 guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman dan kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Sebelum pelatihan, tingkat pemahaman guru tentang Kurikulum Merdeka Belajar hanya 40%, yang meningkat menjadi 75% setelah pelatihan. Siswa juga menunjukkan peningkatan pemahaman, dari awalnya 30% menjadi 70% pasca pelatihan. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran dan kemampuan guru dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, serta memperkuat pemahaman siswa tentang pentingnya pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan dan sosialisasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, baik bagi guru maupun siswa, untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih efektif dan menyenangkanReferensi
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2918
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/44226
Farliana, N., Sakitri, W., & Studi Pendidikan Ekonomi, P. (2023). Penyusunan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Strategi optimalisasi implementasi Kurikulum Merdeka bagi guru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 484–493. https://doi.org/10.35870/JPNI.V4I3.367
Kahar, I. (2020). Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi kemampuan daya serap peserta didik di SMP Negeri 4 Sojol Kec. Sojol Kab. Donggala. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 12(1), 109–122. http://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/274
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402
Legi, H., Samosir, L., & Tambunan, L. L. (2023). Manajemen konflik dalam implementasi kurikulum merdeka di era digital. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 196–203. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/828
Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/JKIP.V1I3.172
Nafaridah, T., Ahmad, Maulidia, L., Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M., & Maya Kesumasari, E. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. PROSPEK, 2(2), 84–97.
Ningsih, E. P., Fajriyani, N. A., Wahyuny, R., & Malahati, F. (2023). Projek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka perspektif progresivisme. Khazanah Pendidikan, 17(1), 163–170. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16037
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Nurhantara, Y., Edukasia, R. U.-J. E., & 2023, undefined. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar. ejournal.unma.ac.id, 6(2), 736–746. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5142
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://www.neliti.com/publications/449646/potret-kurikulum-merdeka-wujud-merdeka-belajar-di-sekolah-dasar
Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 27–30. https://doi.org/10.4444/JISMA.V3I2.935
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.