Peningkatan kompetensi guru SMP Kristen Taaba melalui pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar

Penulis

  • Adriana I.S. Sole Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Hemi D. Bara Pa Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Misael Boineno Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Dominggus Selan Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.24085

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Indonesia, Pengembangan Kompetensi Guru

Abstrak

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan inisiatif pendidikan baru di Indonesia yang bertujuan menghasilkan pendidikan berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman. Ini menekankan pada pengembangan potensi, minat, keterampilan sosial, emosional, dan spiritual siswa. Kegiatan ini fokus pada implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Kristen Taabah, Kabupaten Malaka, dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan kurikulum ini. Metode pelatihan yang digunakan melibatkan ceramah dan demonstrasi. Kegiatan diikuti oleh 25 peserta, terdiri dari 15 siswa dan 10 guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman dan kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Sebelum pelatihan, tingkat pemahaman guru tentang Kurikulum Merdeka Belajar hanya 40%, yang meningkat menjadi 75% setelah pelatihan. Siswa juga menunjukkan peningkatan pemahaman, dari awalnya 30% menjadi 70% pasca pelatihan. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran dan kemampuan guru dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, serta memperkuat pemahaman siswa tentang pentingnya pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan dan sosialisasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, baik bagi guru maupun siswa, untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih efektif dan menyenangkan

Referensi

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2918

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/44226

Farliana, N., Sakitri, W., & Studi Pendidikan Ekonomi, P. (2023). Penyusunan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Strategi optimalisasi implementasi Kurikulum Merdeka bagi guru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 484–493. https://doi.org/10.35870/JPNI.V4I3.367

Kahar, I. (2020). Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi kemampuan daya serap peserta didik di SMP Negeri 4 Sojol Kec. Sojol Kab. Donggala. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 12(1), 109–122. http://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/274

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402

Legi, H., Samosir, L., & Tambunan, L. L. (2023). Manajemen konflik dalam implementasi kurikulum merdeka di era digital. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 196–203. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/828

Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/JKIP.V1I3.172

Nafaridah, T., Ahmad, Maulidia, L., Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M., & Maya Kesumasari, E. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. PROSPEK, 2(2), 84–97.

Ningsih, E. P., Fajriyani, N. A., Wahyuny, R., & Malahati, F. (2023). Projek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka perspektif progresivisme. Khazanah Pendidikan, 17(1), 163–170. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16037

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Nurhantara, Y., Edukasia, R. U.-J. E., & 2023, undefined. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar. ejournal.unma.ac.id, 6(2), 736–746. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5142

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://www.neliti.com/publications/449646/potret-kurikulum-merdeka-wujud-merdeka-belajar-di-sekolah-dasar

Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 27–30. https://doi.org/10.4444/JISMA.V3I2.935

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023