Peningkatan keterampilan guru IPA di Kabupaten OKU-Selatan melalui pendampingan pembuatan instrumen asesmen diagnostik

Penulis

  • Safira Permata Dewi Universitas Sriwijaya
  • Lucia Maria Santoso Universitas Sriwijaya
  • Ermayanti Ermayanti Universitas Sriwijaya
  • Didi Jaya Santri Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.24089

Kata Kunci:

Asesmen Diagnostik, Implementasi Kurikulum Merdeka, Three-Tier Diagnostic Test

Abstrak

Implementasi Kurikulum Merdeka menekankan pelaksanaan asesmen diagnostik sebelum memulai proses pembelajaran. Asesmen ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan awal siswa kepada guru, dan juga sebagai landasan untuk pembelajaran berdiferensiasi. Pelatihan ini diarahkan kepada guru IPA SMP di Kabupaten OKU Selatan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat instrumen asesmen diagnostik. Metode yang digunakan adalah pelatihan kepada 13 guru IPA, dilaksanakan pada 3-4 September 2023, meliputi penyampaian materi, sesi tanya jawab, workshop, kerja mandiri, dan monitoring produk. Produk akhir dari pelatihan ini adalah instrumen asesmen diagnostik yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di kelas. Kriteria penilaian produk mencakup konsep yang dipilih, kesesuaian pilihan jawaban dengan soal, dan kesesuaian materi dengan tingkat kognitif siswa. Hasil penilaian menunjukkan bahwa peserta berhasil membuat instrumen asesmen diagnostik yang relevan dengan konsep buku teks, namun pembuatan alternatif jawaban, baik di tingkat pertama maupun kedua, masih memerlukan peningkatan. Kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya latihan guru dalam mengembangkan alternatif jawaban yang efektif.

Referensi

Andariana, A., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2020). Identification of biology students’ misconceptions in human anatomy and physiology course through three-tier diagnostic test. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 1071–1085. https://doi.org/10.17478/JEGYS.752438

Anggreana, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Arslan, H. O., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education, 34(11), 1667–1686. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.680618

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Asesmen Diagnostik sebagai Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202

Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dewi, S. P., Ermayanti, & Santoso, L. M. (2021). How cell cognitive diagnostic assessment (CDDA) instrument analyzed science pre-service teachers’ prior knowledge? Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 14(1), 25–35.

Dewi, S. P., Ermayanti, & Santoso, L. M. (2020). Development of Cell Cognitive Diagnostic Assessment Instrument : Small Group Review. 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020), 513, 1–5.

Dewi, S. P., Lidyawati, Y., & Destiansari, E. (2022). How is The Implementation of Diagnostic Tests in Biology Learning in South Sumatra ? Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2605–2612. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.1859

Dewi, S. P., Zen, D., & Haryani, M. E. (2019). Prior Knowledge Mapping on Teacher Candidates for Reproductive System Material in UNSRI. Journal of Biology Education, 8(1), 117–125.

Dirman, H. M., Mufit, F., & Festiyed, F. (2022). Review and Comparison of Four-Tier Multiple Choice and Five-Tier Multiple Choice Diagnostic Tests to Identify Mastery of Physics Concepts. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.838

Duda, H. J., Wahyuni, F. R. E., & Setyawan, A. E. (2020). Misconception of the biology education students on the concepts of fermentation. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042006

Duda, Hilarius Jago, & Adpriyadi, A. (2020). Students’ Misconception in Concept of Biology Cel. Anatolian Journal of Education, 5(1), 47–52. https://doi.org/10.29333/aje.2020.515a

Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a

Hidayat, F. A., Irianti, M., & Faturrahman. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Faktor Penyebabnya pada Pembelajaran Kimia di Kabupaten Sorong. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1), 1–8.

Hoppe, T., Renkl, A., Seidel, T., Rettig, S., & Rieß, W. (2020). Exploring How Teachers Diagnose Student Conceptions about the Cycle of Matter. Sustainability (Switzerland), 12(4184), 1–15.

Insani, F., Nuroso, H., Purnamasari, I., Sarjana, F. P., & Semarang, U. P. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(2), 4450–4458.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Köse, S. (2008). Diagnosing Student Misconceptions : Using Drawings as a Research Method. World Applied Sciences Journal, 3(2), 283–293.

Mawaddah, Heryandi, Y., & Lestiana, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three Tier Diagnostic Test Berbasis Open Ended Question. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 276–291.

Mubarak, S., Susilaningsih, E., & Cahyono, E. (2016). Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas Xi. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 101–110.

Nazura, Saputri, D., & Angraeni, L. (2021). Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Test pada Materi Pesawat Sederhana untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya (JPSA), 04(02), 54–60.

Nurulwati, N., & Rahmadani, A. (2020). Perbandingan Hasil Diagnostik Miskonsepsi Menggunakan Threetier Dan Fourtier Diagnostic Test Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 101–110. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14436

Pradina, L. E., & Yuliani, Y. (2020). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Test. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 310–318. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p310-318

Pramesti, Y. S., Mahmudi, H., & Setyowidodo, I. (2021). Using three-tier test to diagnose students’ level of understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012013

Rao, C., Kishan Prasad, H., Sajitha, K., Permi, H., & Shetty, J. (2016). Item analysis of multiple choice questions: Assessing an assessment tool in medical students. International Journal of Educational and Psychological Researches, 2(4), 201. https://doi.org/10.4103/2395-2296.189670

Ratman, Nurafni, Mustafa, K., Jura, M., Nurida, & Nurasiah. (2022). Identification of Student Misconception using a Three-tier Diagnostic Test on Colloid. Jurnal Akademika Kimia, 11(2), 129–133. https://doi.org/10.22487/j24775185.2022.v11.i2.pp129-133

Ritonga, N., Gultom, H. S. B., & Sari, N. F. (2018). Miskonsepsi Siswa Biologi Tentang Materi Sistem Respirasi Pada Sma Negeri Se-Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1), 42–46. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.9172

Rohmadhani, I. A. N., Susilo, H., & Lestari, U. (2021). Identification misconceptions using Movement and Circulatory System Diagnostic Test (MCSD-Test) in XI class SMA/MA in East Java. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052082

Rohmantika, N., Kurniawan, E. S., & Sriyono, S. (2022). Effectiveness of Two-tier Multiple Choice Diagnostic Test for Analyzing Students’ Misconceptions in High School Physics Learning. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 15(2), 79–90. https://doi.org/10.37729/radiasi.v15i2.2280

Saat, R. M., Fadzil, H. M., Aziz, N. A. A., Haron, K., Rashid, K. A., & Shamsuar, N. R. (2016). Development of an online three-tier diagnostic test to assess pre-university students’ understanding of cellular respiration. Journal of Baltic Science Education, 15(4), 532–546. https://doi.org/10.33225/jbse/16.15.532

Salamah, S., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2022). Instrumen Three-Tier Test Berbasis Kemampuan Representasi Matematis untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(November), 391–404.

Setiawan, D., & Faoziyah, N. (2020). Development of a Five-Tier Diagnostic Test to Reveal the Student Concept in Fluids. Physics Communication, 4(1), 6–13.

Setiawati, S., & Lapasau, M. (2022). Aspek Bahasan dan Kontstruksi Butir Soal Evaluasi Pada Buku Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, Dan Sastra, 1, 383–388.

Sundaygara, C., Gusi, L. A. R. P., Pratiwi, H. Y., Ayu, H. D., Jufriadi, A., & Hudha, M. N. (2021). Identification students’ misconception using four-tier diagnostic test on Newton Law subject. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012157

Syar, N. I. (2022). The Analysis of Creativity and Misconceptions of Elementary School Student Teachers in Science Learning through the Mind Map in Virtual Classrooms. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(1), 34. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i1.8010

Taufiq, L., Sriyati, S., & Priyandonko, D. (2017). Students’ Conceptual Change On Human Reproduction Concept Using Scientific Approach. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 216. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16714

Trilipi, D., Subali, B., & Fenditasari, K. (2020). Three-tier diagnostic test: What is the profile of biological misconceptions in high school students during Covid-19? International Conference on Education Technology Management, December 2020, 84–88. https://doi.org/10.1145/3446590.3446604

Velou, M. S., & Ahila, E. (2020). Refine the multiple choice questions tool with item analysis. International Archives of Integrated Medicine, 7(8), 80–85.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023