Meningkatkan efektivitas pembelajaran di era digital melalui pelatihan pengembangan video pembelajaran interaktif
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.24251Kata Kunci:
Media Pembelajaran Internatif, PowerPoint, Video Pembelajaran InteraktiveAbstrak
Pengajaran efektif di era digital merupakan tantangan utama dalam pendidikan, khususnya di sekolah dasar. Penelitian ini menyoroti pentingnya media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kualitas pengajaran. Menggunakan metode presentasi, diskusi, dan pendampingan, pelatihan ini ditujukan kepada guru-guru SD di SDN 39 dan SDN 08 Sungai Kakap yang berjumlah 50 orang. Fokus utama adalah pada pembuatan video pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint, sebuah perangkat lunak yang sudah umum digunakan oleh guru-guru. Materi pelatihan meliputi pengertian video pembelajaran, tahapan pembuatan video, tips membuat video menarik, dan penggunaan PowerPoint untuk tujuan pendidikan. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur pemahaman peserta sebelum dan setelah pelatihan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan pembuatan video pembelajaran, dari nilai rata-rata pretest 54 menjadi 93 untuk nilai postest. Peserta menyadari bahwa PowerPoint bukan hanya untuk presentasi, tetapi juga alat efektif untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan efisien. Penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran interaktif berbasis teknologi, seperti video pembelajaran PowerPoint, meningkatkan antusiasme guru dan keterlibatan siswa, serta mendukung efektivitas pengajaran di sekolah dasar. Kesimpulan utama adalah bahwa pelatihan teknologi pendidikan seperti ini penting untuk meningkatkan kreativitas guru dan kualitas pembelajaran di era digital.Referensi
Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690
Badri, N., & Riasti, berliana kusuma. (2012). Pembuatan media pembelajaran interaktif pada SMK Negeri Tiga Jepara dengan materi Power Point 2007. Journal Speed: Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(1), 73–78.
Fauzi, L. M., Gazali, M., Mukti, H., & Rahmawati, B. F. (2021). Workshop pembuatan media pembelajaran interaktif dalam memenuhi tuntutan pembelajaran Abad 21. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 185–194. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4115
Juliawan, I. W., Bawa, P. W., & Qondias, D. (2021). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 157–169. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342
Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Rancangan multimedia interaktif tentang pantun untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 133–142.
Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan Power Point untuk peningkatan kompetensi guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747
Rahayu, H. M., Diana, D., Sunandar, A., Qurbaniah, M., Setiadi, A. E., Amri, A. F., & Hernanda, D. (2023). Pelatihan media pembelajaran Articulate Storyline bagi guru SMA di kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.7365
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia pembelajaran interaktif untuk guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480
Budiman, A., & Pristiwaluyo, T. (2022). Pelatihan Power Point interaktif dengan animasi di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa. PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(3), 43-50.
Sudianto, A., Fathurrahman, I., Ahmadi, H., Mahpuz, M., Sadali, M., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Wasil, M., … Harianto, H. (2021). Pelatihan penggunaan media pembelajaran interaktif Sistem Informasi Geografis mata pelajaran Pemrograman Web. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 170–177. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4029
Triliana, T., & Asih, E. C. M. (2019). The development of the computer-based instructional media with the interactive tutorial model. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032118
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.