Peningkatan kompetensi profesional guru SD melalui pelatihan pengembangan Iceberg matematika realistik berbasis budaya lokal

Penulis

  • Evangelista Lus Windyana Palupi Universitas Negeri Surabaya http://orcid.org/0000-0002-7414-5304
  • Rooselyna Ekawati Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Wachidul Kohar Universitas Negeri Surabaya
  • Resti Elmi Mubarkah Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Kartikawati Universitas Negeri Surabaya
  • Mayang Purbaningrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.24685

Kata Kunci:

Budaya Lokal, Iceberg, Matematika Realistik, Sekolah Dasar

Abstrak

Pembelajaran matematika perlu diajarkan secara bermakna menggunakan konteks masalah dan memfasilitasi bernalar, memodelkan, kolaborasi, dan keterkaitan dengan konsep matematika lainnya. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru sekolah dasar dalam mengembangkan iceberg pendidikan matematika realistik (PMR) dengan menggunakan konteks budaya lokal Magetan. Sebanyak 12 guru SD di Magetan mengikuti pelatihan PMR, yang difokuskan pada pengembangan 'iceberg' PMR, menggunakan pendekatan eksploratif dan kontekstual. Metode penelitian meliputi sesi tatap muka, diskusi kelompok, dan tugas individu untuk mendesain materi pembelajaran yang relevan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan penerapan PMR. Sebelum pelatihan, guru-guru menghadapi kesulitan dalam mengaktifkan siswa kelas 4-6 dan dalam menggunakan konteks lokal dalam pembelajaran matematika. Post-pelatihan, 67% guru menunjukkan perubahan positif dalam pendekatan pengajaran mereka, beralih dari metode ceramah dan drill menjadi pendekatan berbasis PMR. Selain itu, 50% peserta berhasil mengembangkan iceberg PMR yang mengintegrasikan masalah konteks budaya lokal Magetan. Evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa lebih dari 50% peserta memberikan respon positif, dengan peningkatan pengetahuan tentang matematika realistik dan penerapan masalah berbalut konteks budaya lokal. Kesimpulan studi ini menegaskan bahwa pendekatan PMR, terutama ketika dikombinasikan dengan konteks budaya lokal, efektif dalam meningkatkan keterampilan mengajar matematika dan memperkaya literasi numerasi di kalangan guru SD. Implikasi penelitian ini menyarankan integrasi PMR dalam kurikulum matematika sekolah dasar untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi siswa, sesuai dengan tuntutan abad 21.

Biografi Penulis

Evangelista Lus Windyana Palupi, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Referensi

Ardiansyah, R., Suprapto, P. K., & Diella, D. (2023). Pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran proyek untuk menunjang Profil Pelajar Pancasila. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 76–83. https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.12526

Dominikus, W. S., Udil, P. A., Blegur, I. K. S., & Halim, F. A. (2022). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik bagi Guru-Guru SDK St. Arnoldus Penfui dan SDN Angkasa Penfui. KELIMUTU Journal of Community Service (KJCS), 2(2), 79–87.

Fahrurrozi, F., Supiyati, S., Fauzi, L. M., & Khalqi, M. (2021). Workshop penyusunan perangkat pembelajaran berbasis HOTS bagi guru di MA Assawiyah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 274–282. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4224

Fahrurrozi, Hayati, N., & Supiyati, S. (2020). Pendampingan Dalam Mengenali dan Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2404

Farhana, S., Amaliyah, A., Safitri, A., & Anggraeni, R. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 507–511. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.171

Hillmayr, D., Ziernwald, L., Reinhold, F., Hofer, S. I., & Reiss, K. M. (2020). The potential of digital tools to enhance mathematics and science learning in secondary schools: A context-specific meta-analysis. Computers and Education, 153(April), 103897. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103897

Ihsan, A. F., & Basuki. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Masa New Normal Covid-19 di SDN Krajan 3 Kabupaten Magetan. Excelencia Journal of Islamic Education & Management, 2(2).

Kemdikbudristek Dirjen PAUD Dikdasmen. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The effectiveness of realistic mathematics education approach on ability of students’ mathematical concept understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91–100.

Mahfud, C., Prasetyawati, N., Suarmini, N. W., Agustin, D. A., Hendrajati, E., & Supriyanto, D. (2020). Relationship of Citizenship Education, Pancasila, and Religious Character. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 126–133.

Muhtadin, A., Fendiyanto, P., & Rizki, N. A. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 58. Retrieved from https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/11014/Buku Modul Etnomatematika.pdf?sequence=1

Patahuddin, S. M., Rokhmah, S., Palupi, E. L. W., & Nubatonis, O. E. (2010). Pengaruh workshop PMRI terhadap perubahan pemikiran guru tentang matematika. The 2nd South East Asian Conference on Mathematics and ITS Aplications (SEACMA-2), (November), 1–8.

Seman, S. C., Yusoff, W. M. W., & Embong, R. (2017). Teachers Challenges in Teaching and Learning for Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Primary School. International Journal of Asian Social Science, 7(7), 534–545. https://doi.org/10.18488/journal.1.2017.77.534.545

Siahaan, P., Dewi, E., & Suhendi, E. (2020). Introduction, connection, application, reflection, and extension (ICARE) learning model: The impact on students’ collaboration and communication skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 9(1), 109–119.

Treffers, A. (1991). Realistic mathematics education in The Netherlands 1980-1990. In L. Streefland (Ed.), Realistic Mathematics Education in Primary School. Utrecht: CD-b Press.

van den Heuvel Panhuizen, M. (1998). Realistic Mathematics Education, Work in Progress. Makalah disampaikan dalam NORMA-lecture. Kristiansand, Norwegia.

Zakaria, E., & Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Mathematics Education Trends and Research, 2017(1), 32–40. https://doi.org/10.5899/2017/metr-00093

Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., Somakim, S., Kurniadi, E., Sukmaningthias, N., & Simarmata, R. H. (2022). Pendampingan Pendesainan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pmri Bagi Guru Kabupaten Musi Rawas Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 171. https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.11376

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023