Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi

Penulis

  • Usman Sutisna Program Studi Informatika, Universitas Indraprasta
  • Mia Fitriah Elkarimah Program Studi Informatika, Universitas Indraprasta
  • Fery Rahmawan Asma Program Studi Informatika, Universitas Indraprasta

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2629

Kata Kunci:

Teknologi Informasi, Kompetensi Profesional Guru, Peyusunan Naskah Soal PAI

Abstrak

Guru sebagai garda terdepan dalam pengembangan sekolah dan peserta didik harus memiliki berbagai macam kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Dalam kompetensi profesional, guru harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan diri dan berkomunikasi. Dalam rangka mendukung hal tersebut, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) serta mendorong terwujudnya pembelajaran yang baik, khususnya dalam pembuatan naskah soal maupun materi yang memerlukan komponen bahasa Arab maupun Al-quran di dalamnya.  Pelatihan  ini diikutioleh 35 guru agama dari 34 satuan Pendidikan Sekolah Dasar, baik negeri maupun swasta,  yang tergabung dalam KKGPAI (Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam) se-kecamatan Setiabudi. Metode pelatihan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi atau peraktik langsung. Tugas tim pengabdian masyarakat sifatnya membantu para guru yang awalnya tidak memahami dan tidak bisa membuat soal berbahasa Arab secara komputerisasi menjadi bisa. Oleh karena itu para guru diharapkan dapat mengamalkan ilmunya dalam rangka tugas pengajaran di sekolah masing-masing khususnya dapat membuat soal PAI dan karya tulis dengan menggunakan bantuan komputer.Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat secara umum para guru agama yang tergabung dalam KKPAI Kecamatan Setiabudi sudah dapat membuat soal PAI berbahasa Arab menggunakan aplikasi komputer

Referensi

Arianti, B. D. D., Kholisho, Y. N., Ismatulloh, K., Wirasasmita, R. H., … Uska, M. Z. (2020). Pelatihan Computer Based Test (CBT) Ujian Nasional Untuk Siswa SMK di Lombok Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, (1), 22–32. doi:10.29408/ab.v1i1.2408

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumiaksara.

Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76-81.

Harun, I., & Fauzan, M. (2019). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran oleh guru pendidikan agama islam. AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 88-99.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

Oermann, M. H., & Gaberson, K. B. (2016). Evaluation and testing in nursing education. Springer Publishing Company.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (2007). Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Nugraha, M. S., Supriadi, U., & Anwar, S. (2014). Pembelajran pai berbasis media digital (studi deskriptip terhadap pembelajaran pai di sma alfa centauri bandung). J. Pendidik. Agama Islam-Ta’lim.

Sudjiono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Prees.

Nugroho, B. T. T. A. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran pai di sd negeri candirejo. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 7(1).

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2020