Pendampingan public speaking pada tutor lembaga kursus bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2724Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Lembaga Kursus, Public SpeakingAbstrak
Berdasarkan temuan dilapangan, ternyata masih banyak lulusan dari lembaga kursus yang masih belum mengerti teknik public speaking. Padahal lembaga kursus tersebut termasuk lembaga kursus terkenal di Indonesia. Para lulusan ini memang relatif terhitung cepat dalam praktik membaca maupun berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris. Namun, lancarnya produksi kata ini tidak diimbangi dengan variasi suara, perubahan intonasi dan minim makna. Sebagai dosen jurusan Bahasa Inggris, tentu hal ini juga menjadi tanggung jawab bersama. Terlebih, para lulusan ini kini telah berdikari membuka lembaga kursus Bahasa Inggris sendiri. Sehingga dituntut untuk dapat berkomunikasi kepada peserta didiknya. Dengan demikian, sangat diharapkan bahwa lembaga kursus yang sekarang sudah berdiri, khususnya di kecamatan Selong, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan teknik public speaking yang benar. Oleh sebab itu perlu diadakan pelatihan public speaking pada tutor lembaga kursus bahasa inggris Adapun rancangan pengabdian yang dilaksanakan adalah: 1.) Penyampaian materi pendampingan, 2.) Pelaksanaan praktik berbicara di intern forum, 3.) Study tour pada lembaga kursus lain, 4.) Pelaksanaan praktik berbicara sekaligus evaluasi di luar forum. Pengabdian pada masyarakat ini mendapatkan hasil yaitu pemahaman para tutor lembaga kursus Bahasa Inggris yang ternaung dalam Foreign Language Center (FLC) kecamatan Selong, Lombok Timur telah meningkat dilihat dari bagaimana mereka menerapkan teknik public speaking saat praktik mengajar sebagai tutor Bahasa InggrisReferensi
Ahmad, M. (1990). Strategi BelajarMengajar Ketrampilan Berbahasadan Apresiasi Sastra. Malang: YA3.
Andriyanti, E. (2015). Lingkungan Otentik dan Beberapa Aspek Penting dalam Pembelajaran Public Speaking(Thesis). UNY, Yogyakarta.
Arsjad, M. G.&Mukti U.S. (1988). Pembinaan Keterampilan BerbicaraBahasa Indonesia. Jakarta: Erlanga
Burhanudin, A. M. & Syathori, A. (2019). Peningkatan Public Speaking Mahasiswa Jurusan KPI: Upaya Mencetak Da’i yang Rahmatallil ‘Alamin. Orasi jurnal dakwah dan komunikasi., 10 (1), 1-21.
Hakim, MAR. (2016). Pengembangan materi bahan ajar public speaking berbasis communicative language teaching bagi mahasiswa di Indonesia. Manhaj. 4 (3). 229-237.
Kholisin (2014). Kecemasan berbicara ditinjau dari konsep diri dan kecerdasan emosional. Jurnal ilmu dakwah. 34(1). 77-102.
Munip, A. (2016). Model Public Speaking Kyai dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan pada jamaah Majelis Doa dan Taklim At-Taqwa Wonokromo Pleret Bantul DIY. Cendikia jurnal kependidikan dan kemasyarakatan. 14(1).1-14. https://doi.org/10.211154/cendikia.vl4il.613
Maclntyr, P. D. (2007). Willingness to Communicate in the Second Language: Understanding the Decision to Speak as A Volitional Process. The modern language journal. 91 (4), 564-576.
Nugrahani, D., Kustantinah, I., K, R. F. H., & Larsati.(2019). Peningkatan Kemampuan Public Speaking melalui Metode Pendampingan Anggota Forum Komunikasi Remaja Islam(Unpublished research article). IKIP PGRI, Semarang.
Pratiwi, P. A. A.S.,Savitri, P. W., Qomariana, Y., & Dewi, A. A. S. S. S.(2016). Pendampingan Public Speaking bagi Sekaa Teruna Satya Darma Kerthi Banjar Kaja Desa Sesetan (Laporan PKM). Universitas Udayana, Bali.
Putri, D. V. (2017). Lancar Pidato & Public Speaking Tanpa Grogi, Tanpa Panik. Yogyakarta:
Komunika.
Ririn, A. Marjohan. (2014). Hubungan Keterampilan Komunikasi dengan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Ilmiah Konseling UNP, 2(1), 273-278.
Setyowati, Y. & Naryoso, A. (2019). Analisis Kemampuan Public Speaking dan Komunikasi konvergensi Host pada Acara Talk Show Mata Najwa Metro TV. Interaksi Online. 7(4). 69-78
Sirait, B. C. (2008). The Power ofPublic Speaking: Kiat Sukses Berbicara di Depan Publik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Syahroni, A. M. (2019). Pengaruh Program Pembiasaan terhadap Peningkatan Kualita sPublic Speaking Santri Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik (Thesis). UIN Sunan Ampel, Surabaya. Retrieved from digilib.uinsby.ac.id.
Tarigan, H. G. (1998). BerbicaraSebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung.
Wikanah, D. I. T. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kualitas di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Yanti, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Public Speaking melalui Metode Pendampingan Kader pada Organisasi ISKADA (Thesis). Universitas Islam negeri Ar-Ransry, Banda Aceh.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.