Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi

Penulis

  • Taufik Samsuri Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Mandalika
  • Agus Muliadi Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Mandalika
  • Muhali Muhali Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Mandalika
  • Muhammad Asy'ari Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Mandalika
  • Saiful Prayogi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Mandalika
  • Hunaepi Hunaepi Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745

Kata Kunci:

Desain Media Interaktif, Pembelajaran Daring

Abstrak

Pembelajaran daring merupakan perturan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai langkah strategis dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Efektivitas pembelajaran daring dipengaruhi oleh kualitas media pembelajaran yang digunakan oleh dosen. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pelatihan untuk menguatkan keterampilan dosen dalam menyusun media interaktif yang efektif dalam pembelajaran daring. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan  pengetahuan dan keterampilan Dosen Pendidikan Biologi tentang desain media interaktif pada pembelajaran daring. Peserta kegiatan ini adalah Dosen Pendidikan Biologi FSTT Universitas Pendidikan Mandalika sebanyak 27 orang. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi tiga tahap diantaranya: (1) Persiapan, (2) Pelaksanaan, (3) Refleksi/Evaluasi. Kegiatan pelatihan diselenggarakan secara online/webinar pada hari Sabtu/25 Juli 2020 pukul 07.00-12.00 Wita dengan susuan acara yaitu pembukaan, sambutan Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, penyampaian materi pelatihan, diskusi, penyampaian kesan dan pesan. Kegiatan pelatihan terlaksana dengan baik walaupun ada beberapa kekurangan. Hal ini didukung dengan kesan-pesan peserta di akhir kegaitan yaitu (1) 100% peserta pelatihan memberikan respon positif seperti merasa senang, semangat, antusias, dan terbantu atas diadakannya kegiatan pelatihan ini; (2) 75% peserta memberikan saran agar kegaitan pelatihan sejenis dapat dilakukan secara berkala pada awal persiapan tiap semester. Pada akhirnya peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain media interaktif pada pembelajaran daring.

Referensi

Agustin L.L.T., (2020) Dampak Pembelajaran Daring Dengan Whatssapp Group Pada Prilaku Kreatif Siswa (Studi Kasus Pembelajaran Di Kelas IV SD Terangmas Undaan Kudus). https://www.researchgate.net/publication/342762494

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry research, 287, 1–5. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934.

Firman, F., & Rahayu, S. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2), 81-89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gultom, C.R. & Sitanggang, S.G.M. 2020. Persepsi Mahasiswa Unika terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PEDISTRA), 3 (1), 6-15. http://dx.doi.org/10.1234/pbis.v3i1.771

Hartono, Lesmana, C., Permana, R. & Matsun. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Transformasi, 14 (2), 139-147. http://dx.doi.org/10.29406/al-khidmah.v1i2.1216

Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., Agha, M., Agha, R. (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International journal of surgery, 78, 185-193. https://dx.doi.org/10.1016%2Fj.ijsu.2020.04.018.

Maulah, S., Nurul, F. & Ummah, N.R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (2), 49-61. https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/6

Muthiadin, C., Aziz, I. R., Hajrah. H., Alir, R. F. (2020). Edukasi dan Pelatihan Desain Infografis COVID-19 bagi Siswa dan Guru SMAN 10 Makassar. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service). 2(3), 153-162 DOI : 10.36312/sasambo.v2i3.313

Terasne., Permana., D. Salim.., A. Utama., P.I., Hanan., A.(2020) Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Altenatif Pada Masa Covid 19 Bagi Guru SMPN 1 Praya Barat. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service). 2(3), 95-100. DOI : 10.36312/sasambo.v2i3.232

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1 (1), 56-60. https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122

Richards, T. J., Rickard, B. (2020). COVID‐19 impact on fruit and vegetable markets. Canadian Journal of Agricultural Economics, 68(2), 189–194. https://doi.org/10.1111/cjag.12231.

Sadikin, A. & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2020