Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745Kata Kunci:
Desain Media Interaktif, Pembelajaran DaringAbstrak
Pembelajaran daring merupakan perturan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai langkah strategis dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Efektivitas pembelajaran daring dipengaruhi oleh kualitas media pembelajaran yang digunakan oleh dosen. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pelatihan untuk menguatkan keterampilan dosen dalam menyusun media interaktif yang efektif dalam pembelajaran daring. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Dosen Pendidikan Biologi tentang desain media interaktif pada pembelajaran daring. Peserta kegiatan ini adalah Dosen Pendidikan Biologi FSTT Universitas Pendidikan Mandalika sebanyak 27 orang. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi tiga tahap diantaranya: (1) Persiapan, (2) Pelaksanaan, (3) Refleksi/Evaluasi. Kegiatan pelatihan diselenggarakan secara online/webinar pada hari Sabtu/25 Juli 2020 pukul 07.00-12.00 Wita dengan susuan acara yaitu pembukaan, sambutan Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, penyampaian materi pelatihan, diskusi, penyampaian kesan dan pesan. Kegiatan pelatihan terlaksana dengan baik walaupun ada beberapa kekurangan. Hal ini didukung dengan kesan-pesan peserta di akhir kegaitan yaitu (1) 100% peserta pelatihan memberikan respon positif seperti merasa senang, semangat, antusias, dan terbantu atas diadakannya kegiatan pelatihan ini; (2) 75% peserta memberikan saran agar kegaitan pelatihan sejenis dapat dilakukan secara berkala pada awal persiapan tiap semester. Pada akhirnya peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain media interaktif pada pembelajaran daring.Referensi
Agustin L.L.T., (2020) Dampak Pembelajaran Daring Dengan Whatssapp Group Pada Prilaku Kreatif Siswa (Studi Kasus Pembelajaran Di Kelas IV SD Terangmas Undaan Kudus). https://www.researchgate.net/publication/342762494
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry research, 287, 1–5. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934.
Firman, F., & Rahayu, S. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2), 81-89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gultom, C.R. & Sitanggang, S.G.M. 2020. Persepsi Mahasiswa Unika terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PEDISTRA), 3 (1), 6-15. http://dx.doi.org/10.1234/pbis.v3i1.771
Hartono, Lesmana, C., Permana, R. & Matsun. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Transformasi, 14 (2), 139-147. http://dx.doi.org/10.29406/al-khidmah.v1i2.1216
Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., Agha, M., Agha, R. (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International journal of surgery, 78, 185-193. https://dx.doi.org/10.1016%2Fj.ijsu.2020.04.018.
Maulah, S., Nurul, F. & Ummah, N.R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (2), 49-61. https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/6
Muthiadin, C., Aziz, I. R., Hajrah. H., Alir, R. F. (2020). Edukasi dan Pelatihan Desain Infografis COVID-19 bagi Siswa dan Guru SMAN 10 Makassar. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service). 2(3), 153-162 DOI : 10.36312/sasambo.v2i3.313
Terasne., Permana., D. Salim.., A. Utama., P.I., Hanan., A.(2020) Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Altenatif Pada Masa Covid 19 Bagi Guru SMPN 1 Praya Barat. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service). 2(3), 95-100. DOI : 10.36312/sasambo.v2i3.232
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1 (1), 56-60. https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122
Richards, T. J., Rickard, B. (2020). COVID‐19 impact on fruit and vegetable markets. Canadian Journal of Agricultural Economics, 68(2), 189–194. https://doi.org/10.1111/cjag.12231.
Sadikin, A. & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.