Strategi edukasi anti perundungan (bullying) di SDN 1 Kota Ternate melalui pendekatan interaktif Board Game

Penulis

  • Hujaefa Hi Muhammad Universitas Khairun
  • Silvani Umar Ali Universitas Khairun https://orcid.org/0000-0003-4042-760X
  • Yusup Supriyono Universitas Siliwangi
  • Ismi Oktalia Putri Universitas Khairun
  • Irawati Abdu Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v5i2.27584

Kata Kunci:

Anti Perundungan, Sekolah Dasar, Board Game, Kelas Ramah Anak

Abstrak

Perundungan di lingkungan sekolah menjadi isu yang membutuhkan perhatian serius, terutama pada tingkat sekolah dasar. Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menunjukkan bahwa 28% siswa menjadi korban kekerasan, dan 29% bertindak sebagai pelaku. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang perilaku anti-bullying melalui media board game, menciptakan kelas ramah anak di SDN 1 Kota Ternate. Metode pelaksanaan mencakup tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Siswa kelas 5 diberikan edukasi interaktif menggunakan board game yang melibatkan studi kasus dan penilaian sikap melalui pretest dan posttest. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap perilaku anti-bullying, dengan rata-rata skor pretest 65,3 meningkat menjadi 85,7 pada posttest. Media board game terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan interaksi sosial, dan membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai anti-bullying. Program ini memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak dan mencegah perilaku perundungan sejak dini

Biografi Penulis

Silvani Umar Ali, Universitas Khairun

I am lecturer at language and art department

Referensi

Arofa, I. Z., Hudaniah, & Zulfiana, U. (2018). Pengaruh perilaku bullying terhadap empati ditinjau dari tipe sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 74(4), 55–61. https://doi.org/10.22219/jiptv6i1.5435

Conn, K. (2013). Bullying in elementary school: An American perspective. Forum on Public Online.

Direktorat SD KemendikbudRistek. (2021). Stop perundungan yuk. Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Ternate. (2022). Kasus kekerasan anak tahun 2022.

Finley, L. (2014). School violence: A reference handbook. https://doi.org/10.5860/choice.35-3992

Fuentes, E., Carvallo, P., & Poblete, S. (2020). Bullying as a risk factor for depression and suicide.

Jan, A., & Husain, S. (2015). Bullying in elementary schools: Its causes and effects on students. Journal of Education and Practice, 6(19), 43–56.

Jusnita, N., & Ali, S. U. (2022). Penyuluhan literasi digital anti Hoax, Bullying, dan ujaran kebencian pada remaja di kota Ternate. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 177-186.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Sejumlah kasus bullying sudah warnai catatan masalah anak diawal 2020, begini kata komisioner KPAI. Retrieved August 8, 2020, from https://www.kpai.go.id/berita/sej umlahkasus-bullying-sudahwarnai-catatan-masalah-anak-diawal2020-beginikatakomisioner-kpa

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2022). Sejumlah kasus bullying sudah warnai catatan masalah anak di awal 2020, begini kata komisioner KPAI. Retrieved from https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). (2015). Panduan sekolah ramah anak.

Makkateni, Nurul Habibah, & Tim. (2021). Molly Polly: Permainan berbasis media pembelajaran untuk mengedukasi anti perilaku perundungan. Jurnal Psikologi Insight, 5(2), 81–95.

Menesini, E., & Salmivalli, C. (2017). Bullying in schools: The state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health & Medicine. https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1279740

Muntasiroh, L. (2019). Jenis-jenis bullying dan penanganannya di SDN Mangonharjo Kota Semarang. UPGRIS. https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2983

Rahayuningrum, D. W., & Tim. (2022). Edukasi pencegahan bullying pada siswa sekolah dasar. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3110–3116.

Selekman, J., & Vessey, J. (2004). Bullying: It isn’t what it used to be. Pediatric Nursing.

Soedjatmiko, S., Nurhamzah, W., Maureen, A., & Wiguna, T. (2016). Gambaran bullying dan hubungannya dengan masalah emosi dan perilaku pada anak sekolah dasar. Sari Pediatri, 15(3), 174. https://doi.org/10.14238/sp15.3.2013.174-80

UNICEF Indonesia. (2018). Mengatasi perundungan (bullying). Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/tips-untuk-guru-mengatasi-bullying

Unduhan

Diterbitkan

29-12-2024