Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA)

Penulis

  • Yupi Kuspandi Putra Universitas Hamzanwadi
  • Muhamad Sadali Universitas Hamzanwadi
  • Fathurrahman Fathurrahman Universitas Hamzanwadi
  • Mahpuz Mahpuz Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772

Kata Kunci:

Kompetensi Keahlian, Multimedia, Participatory Learning and Action, SMK, Ujian Nasional,

Abstrak

Ujian Nasional (UN) kompetensi keahlian pada sekolah menengah kejuruan diselenggarakan rutin setiap tahun oleh pemerintah pusat. Penyelenggaraan UN berfungsi sebagai salah satu penentu faktor kelulusan, persyaratan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan  untuk afirmasi ke daerah. Pemda dapat memanfaatkan hasi UN dalam memetakan capain standar peserta didik, satuan pendidikan, dan wilayah. Tujuan dilaksanakannya pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk membantu siswa dalam meningkatkan kesiapan dan keahlian siswa dalam menyelesaikan soal UN kompetensi keahlian dalam bidang multimedia. Sasaran kegiatan ini adalah siswa kelas XII SMK NW Wanasaba yang menjadi mitra utama. Target dan luaran kegiatan ini adalah terbangunnya keterampilan mengerjakan soal-soal UN kompetensi keahlian yang bersifat keahlian keterampilan.  Metode yang digunakan adalah Participatory Learning and Action (PLA). Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan pengetahuan dan ketrampilan secara praktek kepada siswa SMK NW Wanasaba. Dengan adanya pelatihan kompetensi keahlian khususnya dalam bidang multimedia ini, siswa mampu mempersiapkan ujian kompetensi dengan lebih baik.

Referensi

Chambers, R. (1994). The origins and practice of participatory rural appraisal. World Development, 22(7), 953-969.

Irwanti, Y. D., & Sudira, P. (2014). Evaluasi uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK se-Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3).

Komalasari, R. J., & Suharjo, M. S. (2019). Penerapan Metode Participatory Learning And Action Pada Materi Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Di SMA Negeri 1 Banguntapan Kabupaten Bantul yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Parastiwi, A., Safitri, H. K., Prasetyo, A., & Rahmanto, A. N. (2017, October). Penyusunan Strategi Pembelajaran Participatory Learning and Action untuk Meningkatkan Peran Mahasiswa Teknik Elektronika sebagai Agen Energi Photovoltaic. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Elektro Terapan (Vol. 1, No. 01, pp. 169-174).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 12 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019. (2018). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 34 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK. (2018) Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Pretty, J. N. (1995). A trainer's guide for participatory learning and action. Iied.

Rachim, H. A., & Ginting, P. A. (2019). Pemberdayaan masyarakat di desa pota wangka labuan bajo melalui program peduli lingkungan (sekolah lingkungan) dengan metode partisipatory learning and action. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 46-51.

Santiyadnya, N. (2015, November). Evaluasi Program Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Produktif di SMK Negeri 3 Singaraja. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 3).

Setiawati, L., & Sudira, P. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar praktik kejuruan siswa SMK program studi keahlian teknik komputer dan informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 325-339.

Silmi, A. F. (2017). Participatory Learning And Action (PLA) di Desa Terpencil: Peran LSM PROVISI Yogyakarta dalam Pemberdayaan Masyarakat di Lubuk Bintialo Sumatra Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 83-102.

Trapsilowati, W., Mardihusodo, S. J., Prabandari, Y. S., & Mardikanto, T. (2015). Pengembangan Metode Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue Di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah (Developing Community Empowerment for Dengue Hemorrhagic Fever Vector Control in Semarang City, Central Java Province). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 18(1), 20932.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

31-12-2020