Inovasi pendidikan teknik di SMK As-Shofwah NWDI Renco melalui pelatihan robot

Penulis

  • Taufik Akbar Universitas Hamzanwadi
  • Arnila Sandi Universitas Hamzanwadi
  • Ari Satriadi Universitas Hamzanwadi
  • Ramli Ahmad Universitas Hamzanwadi
  • Ahwan Ahmadi Universitas Hamzanwadi
  • Hadian Mandala Putra Universitas Hamzanwadi
  • M. Nuzuluddin Universitas Hamzanwadi
  • Intan Komala Dewi Putri Universitas Hamzanwadi
  • Ahmad Soni Alfathani Universitas Hamzanwadi
  • Alimudin Alimudin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v5i2.27852

Kata Kunci:

Inovasi Pendidikan Teknik, Robotika, Project-Based Learning, Revolusi Industri 4.0, SMK

Abstrak

Inovasi dalam pendidikan teknik memiliki peran krusial dalam mempersiapkan siswa menghadapi era Revolusi Industri 4.0, terutama dengan meningkatnya kebutuhan tenaga kerja yang terampil di bidang teknologi otomatisasi. Artikel ini membahas pelaksanaan pelatihan robotika di SMK As-Shofwah NWDI Renco sebagai langkah inovatif dalam pendidikan teknik. Pelatihan ini menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) yang melibatkan 18 siswa dari kelas X, XI, dan XII. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan robotika ini meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam robotika dasar, penggunaan mikrokontroler, sensor, dan aktuator, serta penguasaan pemrograman robot. Secara spesifik, 28% peserta berasal dari kelas X, 33% dari kelas XI, dan 39% dari kelas XII. Selain keterampilan teknis, pelatihan ini juga mendorong peningkatan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kerja sama tim. Meski memberikan manfaat signifikan, pelaksanaan kegiatan ini menghadapi tantangan berupa keterbatasan sumber daya dan kebutuhan pelatihan lanjutan bagi guru. Pelatihan ini menjadi salah satu langkah strategis dalam mempersiapkan siswa SMK untuk bersaing di dunia kerja berbasis teknologi modern

Referensi

Akbar, T., Ahmadi, A., Putra, H. M., Nuzuluddin, M., Patwar, I. K. D., & Alimudin, A. (2023). Pelatihan aplikasi Komputer Santri MDQH (Ma’had Darul Quran Wal-Hadist Almajidiah Asy-Syafi’ah) NWDI-Pancor. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 112–122. https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.18926

Aristawati, F. A., & Budiyanto, C. (2017). Penerapan Robotika Dalam Pembelajaran STEM:Kajian Pustaka. Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day, 2, 440–446. https://jurnal.uns.ac.id/uvd/article/download/15854/pdf

BPMBKM, U. M. A. (2024). Robotika di Industri: Mengoptimalkan Produktivitas dan Efisiensi. Https://Bpmbkm.Uma.Ac.Id/. https://bpmbkm.uma.ac.id/2024/07/05/robotika-di-industri-mengoptimalkan-produktivitas-dan-efisiensi/

Fathoni, A. (2020). Stem : Innovation in Vocational Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22832

Jaya, H. (2016). Desain dan Implementasi Sistem Robotika Berbasis Mikrokontroller.

Ketrina. (2023). Robotika dan Automasi: Transformasi Industri Menuju Era 4.0. Idmetafora.Com. https://idmetafora.com/id/blog/read/3631/Robotika-dan-Automasi-Transformasi-Industri-Menuju-Era-40.html

Maulidah, E. (2024). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Journal of Islamic Education, 10(2), 264–272. https://doi.org/10.18860/jie.v10i2.8789

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di sekolah, dari teori ke praktik. Nilacakra.

Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91–98.

Santoso, T. D. P. (2022). Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Penguat Audio Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMKN 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 276-287.

Soleh, A. A., Triyanto, T., Parno, P., Suharno, S., & Estriyanto, Y. (2023). Tinjauan Pustaka Sistematis: Model Kemitraan antara SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jiptek, 16(2), 126. https://doi.org/10.20961/jiptek.v16i2.72697

Waluyo, D. (2024). Making Indonesia 4.0, Langkah Indonesia Menuju Era Digital dan Otomatisasi. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8441/making-indonesia-4-0-langkah-indonesia-menuju-era-digital-dan-otomatisasi?lang=1

Yusuf, A. (2020). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Islam. Teknologi Pendidikan Islam, 18(2), 35–49.

Unduhan

Diterbitkan

29-12-2024