Meningkatkan kesiapan karier dan pemahaman peluang kerja di bidang Geomatika pada siswa SMKN 3 Selong
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v5i2.28430Kata Kunci:
Peluang GeospasialAbstrak
Dalam era perkembangan teknologi geospasial, pemahaman tentang geomatika menjadi krusial untuk mempersiapkan siswa memasuki pasar kerja yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana siswa SMKN 3 Selong memahami jurusan geomatika, peluang karir, dan peluang usaha yang dapat diciptakan melalui penguasaan sistem informasi geospasial. Pendekatan bimbingan karir diterapkan melalui tahapan diagnostik awal, pemberian informasi karir, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 92% siswa memiliki ketertarikan tinggi terhadap pelajaran Sistem Informasi Geografis (SIG), sementara 77% merasa membutuhkan bimbingan tambahan untuk mempersiapkan karir. Selain itu, 54% siswa merasa siap memasuki dunia kerja, meskipun sebagian besar memilih jurusan geomatika berdasarkan faktor eksternal. Dengan adanya program ini, diharapkan siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang karir di bidang geomatika dan dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi bimbingan karir yang relevan untuk jurusan vokasi
Referensi
Ambarwati, AR., (2017) Pemanfaatan Sumber Belajar Geomatika Bagi Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Geomatika Di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perecanaan. Vol.4, No.5.
Angga A. P. Riwu, Asrial dan Harijono. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pengantar Survey Pemetaan Kelas X Teknik Geomatika Di Smk N 2 Kupang. Jurnal Batakarang, Vol. 1, No.1
Apriyeni, BAR., dkk. (2022) Topographic Position Indeks Analisys Untuk Interpretasi Landform Pulau Lombok Berdasarkan Digital Elevation Model (DEM). Jurnal Geodika. Vol.6, No.2.
Apriyeni, BAR., dkk. (2023) Sistem Informasi Geografis Untuk Strategi Pengembangan Taman Wisata Alam Gunung Tunak Berdasarkan Evaluasi Indeks Kelayakan. Jurnal Geodika. Vol.7, No.2.
Basuki, Apriyeni, B.A.R., dkk., 2(023) Sistem Informasi Geospasial. Surakarta: Tahta Media Group.
Devianti, R., Mardiah, M., Liana, D., Napratilora, M., Munawaroh, F., & Lisa, H. (2021). Sosialisasi Pemilihan Karir di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 01 Reteh. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 92-103.
Fatimah, S., Alawiyah, T., & Siddik, R. R. (2024). Pendampingan eksplorasi potensi diri melalui asesmen minat dan bakat di lingkungan SMK Kota Tasikmalaya. Abdimas Siliwangi, 7(3), 511-523.
Phiri, Darius, and Justin Morgenroth. (2017) “Developments in Landsat Land Cover Classification Methods: A Review.” Remote Sensing 9 (9).
Siregar, D. K. K., & Syarqawi, A. (2024). Efektivitas layanan informasi dengan teknik modeling untuk meningkatkan aspirasi karir pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 757-765.
Suherman, M. M., Agustine, T., & Fauziah, A. N. (2024). Pendampingan Perencanaan Karier Berbasis Asesmen Minat dan Bakat Siswa SMK Al-Basith Tasikmalaya. Dharma Publika: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-18.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional.
Watugilang, Ageng, Jerry Heikal. (2024) Pengaruh Kualitas Jasa Servis terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Servis Kalibrasi Alat Survey Geomatika di Jakarta dengan Binary Logistic Regression. Indonesian Research Journal on Education Volume 4 Nomor 4
Zahara, Z. (2021) Peningkatan Hasil Belajar Transformasi Geometri Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Metode Role Playing Kelas X Geomatika SMKN 2 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 685–687. Retrieved from http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/133
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Baiq Ahda Razula Apriyeni, Herman Supriadi, Muh. Adrian Juniarta Hidayat, M. Adnan Hidayat, Liana Liana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.