Strategi Edukasi Lingkungan Berbasis Apotek Hidup di SDN 1 Kabar: Membangun Kesadaran Ekologis Sejak Dini

Penulis

  • Musabihatul Kudsiah Universitas Hamzanwadi
  • Mariana Hardianti Universitas Hamzanwadi
  • Alfiani Nur Izzati Universitas Hamzanwadi
  • Elawati Elawati Universitas Hamzanwadi
  • Novia Putri Adekayanti Universitas Hamzanwadi
  • Dini Parhayana Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v6i1.29024

Kata Kunci:

Literasi lingkungan, Apotek Hidup, Tanaman Obat, Pendidikan Dasar, Kesadaran Ekologis

Abstrak

Literasi lingkungan merupakan aspek krusial yang perlu ditanamkan sejak usia dini guna membentuk generasi yang peduli terhadap kelestarian lingkungan dan kesehatan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi lingkungan peserta didik sekolah dasar melalui implementasi program apotek hidup. Kegiatan dilaksanakan di SDN 1 Kabar, Kabupaten Lombok Timur, dengan melibatkan 48 siswa kelas IV dan V sebagai subjek. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif berbasis praktik langsung, melalui tahapan penyuluhan, penanaman, dan perawatan tanaman obat di lingkungan sekolah. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada tiga indikator literasi lingkungan. Pengetahuan tentang tanaman obat meningkat dari 46% pada pretest menjadi 82% pada posttest; keterampilan menanam dan merawat tanaman naik dari 40% menjadi 75%; sedangkan kesadaran lingkungan meningkat dari 50% menjadi 68%. Program ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan berbasis lingkungan, tetapi juga membangun kesadaran ekologis dan kesehatan sejak dini. Apotek hidup terbukti efektif sebagai media edukatif yang aplikatif, menyenangkan, dan relevan dalam mengembangkan literasi lingkungan di tingkat sekolah dasar.

Referensi

Andriani, R., Ihwan, K., Atika, B. N. D., Risfianty, D. K., Sanuriza, I. I., & Husain, P. (2023). Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Penanaman Apotek Hidup untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat di Dusun Talun, Pringgajurang Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 808-814.

Arini, I., Pradana, S. P., Syahrul, M., Sianturi, A. S. R., & Bahri, H. (2025). Project-Based Environmental Action: Penguatan Kepedulian dan Solusi Kreatif Siswa terhadap Isu Lingkungan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 6(3), 3798-3806.

Bhena, M. M. O., Nuwa, A. A. I., & Awe, E. Y. (2024). Peningkatan Rasa Gotong Royong Peserta Didik Melalui Pelaksanaan P5 dengan Membudidayakan Tanaman Obat Keluarga di SDK Mabhambawa. Inisiatif: Jurnal Dedikasi Pengabdian Masyarakat, 3(2), 225-234.

Dewi, N. R., Putri, D. A., Lismalinda, D., Kurniawan, H. A., Arini, H. N., Kurniawan, M., & Sari, S. (2024). Sosialisasi pemanfaatan apotek hidup kepada siswa SDN Legundi Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. JMM: Jurnal Masyarakat Merdeka, 7(2), 108–113.

Lestarini, Y., Asri, I. H., Muspita, Z., & Sulastri, A. (2023). Pendampingan penanaman apotek hidup mahasiswa PGSD Universitas Hamzanwadi di lingkungan Karang Sukun Selong. Jurnal Abdi Populika, 4(2), 101–104.

Maharani, A. (2024). Membangun Kesadaran Lingkungan melalui Pendidikan Sains dalam Pelestarian Alam. Journal Sains and Education, 2(1), 14-18.

Mawaddah, I., & Sudarsono, S. (2025). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Sejak Dini Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 8(1), 181-187.

Putra, A. K., Kristanti, Q. V. D., & Oktavia, I. (2024). Pengaruh project-based learning berbasis lingkungan terhadap literasi lingkungan peserta didik. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 24(3), 213–220.

Sari, M., Effendie, R., & Sakerani, S. (2025). Implementasi Ekoliterasi Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 11(1), 31-40.

Sari, N. A. S. N. A., & Wahyuni, P. W. P. (2025). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap literasi lingkungan. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 9(2), 701–724.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2025