Inovasi Produk: Pelatihan Diversifikasi Olahan Makanan Berbasis Fermentasi di Institut Kemahiran Islam Malaysia Sarawak

Penulis

  • Hanum Mukti Rahayu Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Mahwar Qurbaniah Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Linda Lostari Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v6i1.29646

Kata Kunci:

Fermentasi Ikan, Diversifikasi Produk, Kewirausahaan Mahasiswa

Abstrak

Desa Telaga Air di wilayah Kuching, Sarawak memiliki potensi sumber daya perikanan dan akuakultur yang melimpah. Institut Kemahiran Islam Malaysia Sarawak (IKMAS), sebagai pusat pendidikan dan pengabdian, memiliki peluang besar untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa melalui pemanfaatan potensi lokal tersebut. Salah satu upaya konkret adalah melalui pelatihan diversifikasi olahan makanan berbasis fermentasi. Kegiatan ini meliputi sosialisasi produk fermentasi ikan, pelatihan pembuatan sambal fermentasi, teknik pengemasan, sterilisasi, dan evaluasi menggunakan angket respon peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 100% peserta belum pernah mengikuti kegiatan serupa. Sebanyak 83% menyatakan bahwa materi yang disampaikan merupakan pengetahuan baru, 72,5% menilai materi mudah dipraktikkan, 87,5% menilai penyampaian materi jelas, dan lokasi kegiatan dinilai sangat mudah dijangkau oleh 87,5% peserta. Layanan panitia juga mendapat apresiasi dengan nilai 90%. Rata-rata tingkat kepuasan peserta terhadap kegiatan ini mencapai 83,75% dalam kategori sangat baik

Referensi

Aprilinda, Y. dkk. (2020) ‘Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama’, Explore:Jurnal Sistem informasi dan telematika, 11(2), p. 124. Available at: https://doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1591.

Aprilinda, Y. dkk. (2022) ‘Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), pp. 1718–1728. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933.

Ardilla, Y. A., Anggreini, K. W., Puri, T., & Rahmani, D. (2022). Peran Bakteri Asam Laktat Indigen Genus Lactobacillus Pada Fermentasi Buah Durian (Durio zibethinus) Sebagai Bahan Pembuatan Tempoyak. Berkala Ilmiah Biologi, 13(2), 42-52.

Ernitasari, E., Nur, F., & Hafsan, H. (2023). Ikan fermentasi nusantara: Tradisi, manfaat gizi, dan kekayaan budaya. Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi, 17(3), 372-381.

Fitra, J. and Maksum, H. (2021) ‘Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK’, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524.

Mustaqim, I. (2016) ‘Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan teknologi dan Kujuruan, 13(2), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154.

Nurazila, Efriyanti, L. and Indri, D.P. (2022) ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tik Di Sma N 1 Kapur Ix’, Jurnal Islmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, 2(3), pp. 89–95.

Setiarto, R. H. B. (2020). Teknologi Fermentasi Pangan Tradisional dan Produk Olahannya. Guepedia.

Widyawati, A., Dwiningrum, S.I.A. and Rukiyati, R. (2021) ‘Pembelajaran ethnosciences di era revolusi industri 4.0 sebagai pemacu Higher Order Thinking Skills (HOTS)’, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(1), pp. 66–74. Available at: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.38049.

Yatini (2022) ‘Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknolog I, Informas I Dan Komunikas I Terhadap Peningkatan Has Il Belajar Siswa Di Era Dig Ital’, Madaris Jurnal Guru Inovatif, pp. 93–102.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2025