Penguatan konsep matematis bagi guru matematika melalui pelatihan software Scilab secara daring

Penulis

  • Syamsuri Syamsuri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hepsi Nindiasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3190

Kata Kunci:

Online Training, Mathematics Learning, Mathematics Teacher, Scilab

Abstrak

Salah satu kompetensi bagi guru matematika yang pelu dikuasai ialah pendalaman terhadap materi pelajaran berupa konsep-konsep matematis. Diantara metode yang bisa dilakukan ialah melalui pelatihan perangkat lunak pendukung pelajaran matematika. Salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan pada pembelajaran matematika adalah perangkat lunak Scilab. Pemanfaatan perangkat lunak Scilab dalam pembelajaran matematika tentunya tidak terlepas dari peran guru. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan daring perangka lunak Scilab untuk pembelajaran matematika. Metode yang digunakan yaitu pelatihan daring, dan evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara pengisian kuesioner tentang pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak Scilab. Pelatihan daring ini dilakukan secara sinkron sebanyak 2 kali pada periode September 2020, dan didampingi secara asinkron melalui aplikasi Edmodo. Guru yang berpartisipasi aktif dalam pelatihan daring ini ada sekitar 68 guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kabupaten Lebak dan Matematika Nusantara Wilayah Banten. Respon guru terhadap pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat lunak Scilab bergantung pada kemampuan awal guru mengenai perangkat lunak tersebut. Hasil dari kegiatan ini yaitu pelatihan daring ini mampu menambah wawasan guru tentang perangkat lunak pembelajaran matematika khususnya Scilab. Dari 68 peserta yang ikut pelatihan, hanya 36 peserta yang mengisi kuesioner dengan hasil sangat baik sebanyak 8 orang, memuaskan 9 orang, luar biasa 6 orang, cukup 10 orang, dan rendah 3 orang

Referensi

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166.

Mendiknas. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007: Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 14-18.

Padmanthara, S. (2012). Pembelajaran berbantuan komputer (PBK) dan manfaat sebagai media pembelajaran. Tekno, 1(1), 1–8. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/viewFile/3234/3918

Randjawali, E., & Riupassa, R. D. (2019). Simulated analysis of image formation for concave mirror with Scilab by using the concept of calculus. Journal of Physics: Conference Series, 1204(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1204/1/012067

Ravendran, D. R., & Daud, M. Y. (2020). Faktor–faktor yang mempengaruhi guru matematik sekolah rendah dalam mengintegrasikan penggunaan teknologi dalam PdPc. Jurnal Dunia Pendidikan, 1(3), 24–33.

Sugilar, H. (2020, March). Multimedia matematika di era digital. In Prosiding-Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung (pp. 442-451).

Supriyadi, E. (2020). Penggunaan Scilab untuk memperkenalkan pada siswa SMK tentang dasar matematika dalam pemrograman komputer. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 11–21.

Sutisna, U., Elkarimah, M. F., & Asma, F. R. (2020). Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 9–14. doi:10.29408/ab.v1i2.2629

Widarma, A., & Saleh, K. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Power Point, Wonder Share Quiz Creator dan Edmodo di SMK Apipsu Medan. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 55–60.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

31-07-2021