Pendampingan pengembangan keterampilan guru Sekolah Dasar dalam soal evaluasi pembelajaran dengan Teka-teki Silang berbasis smartphone
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3249Kata Kunci:
Evaluasi Pembelajran, Smartphone, Teka-Teki Silang (TTS)Abstrak
Era industri 4.0 mengharuskan seorang pendidik harus mampu meningkatkan kompetensi atau keahlian dalam penggunaan teknologi informasi dalam pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan sangat luas, diantaranya yaitu pembuatan media pembelajaran dan media evaluasi pembelajaran. Tujuan pelatihan ini adalahmengembangkan keterampilan guru Sekolah Dasar Negeri Menteng Atas 01 khususnya dalam bidang IT dan tujuan akhir dari kegiatan abdimas ini diharapkan dapat mendorong para guru untuk sama-sama bisa memanfaatkan media pembelajaran khususnya media smartphone dalam rangka pembuatan soal evaluasi pembelajaran dengan bentuk teka-teki silang online, terlebih dalam kondisi pandemi yang kegiatan belajar mengajar kini dilakukan secara daring. Mitra pengabdian adalah seluruh guru di SDN Menteng Atas. PKM dilaksanakan pada tanggal 13 April 2020 bertempat di SDN Menteng Atas 01 dihadiri 15 peserta secara online via zoom. Metode yang digunakan yaitu demonstasi dan ceramah. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah para guru SDN Menteng Atas 01 Setiabudi Jakarta Selatan mampu membuatan soal teka-teki silang online berbasis smartphone secara mandiriReferensi
Abadi, J., Arianti, B. D. D., & Wirasasmita, R. H. (2018). Pengembangan media lembar kerja siswa (LKS) berbasis web pada mata pelajaran jaringan dasar. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 42-51.
Arianti, B. D. D., Kholisho, Y. N., Ismatulloh, K., Wirasasmita, R. H., Uska, M. Z., Fathoni, A., & Jamaluddin, J. (2020). Pelatihan Computer Based Test (CBT) Ujian Nasional Untuk Siswa SMK di Lombok Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 22-32.
Arifin, Z., (2009). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dewi, R. M., Ghofur, M. A., & Soejoto, A. (2020). Pelatihan game edukasi Android berbasis HOTS sebagai media evaluasi pembelajaran. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 59-67.
Fahrurrozi, F., Hayati, N., & Supiyati, S. (2020). Pendampingan Dalam Mengenali dan Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 10–15. doi:10.29408/ab.v1i1.2404
Khalilullah, M. (2012). Permainan teka-teki silang sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). An-Nida', 37(1), 15-26.
Muhtarom, M., Nizaruddin, N., & Sugiyanti, S. (2016). Pengembangan permainan teka-teki silang dalam pembelajaran matematika di kelas vii SMP. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 5(1).
Mulyasa, (2013). Konsep Kurikulum 2013. Jakarta: Buana Cipta.
Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64-69.
Sutisna, U., & Elkarimah, M. F. (2020). Peningkatan keterampilan guru sekolah dasar dalam penayangan video pada Microsoft Powerpoint dengan teknik hyperlink. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 28-31.
Sutisna, U., Elkarimah, M. F., & Asma, F. R. (2020). Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 9–14. doi:10.29408/ab.v1i2.2629
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.