Pelatihan jurnalistik pada redaktur majalah sekolah Serambi Al-Muayyad

Penulis

  • Farida Yufarlina Rosita IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3434

Kata Kunci:

Jurnalistik, Pelatihan Jurnalistik, Majalah Sekolah, Mading

Abstrak

Majalah sekolah merupakan salah satu media bagi siswa untuk berlatih mengembangkan potensi yang mereka miliki. Akan tetapi, untuk menghasilkan sebuah tulisan yang baik di dalam majalah, seorang siswa harus memiliki bekal ilmu jurnalistik. Untuk itulah, pelatihan dan pendampingan penulisan majalah dirasa penting untuk dilakukan agar majalah sekolah tetap eksis dan lebih berkualitas. Salah satu sekolah yang memiliki majalah sekolah adalah MA Al-Muayyad Surakarta. Pelatihan jurnalistik dilakukan di sekolah ini karena masih banyak siswa yang belum mampu mengembangkan dengan baik tulisan-tulisan mereka. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah wawancara, presentasi materi, diskusi, serta latihan penulisan artikel. Pelatihan ini dilakukan pada bulan April 2018. Kegiatan pelatihan ini memberikan manfaat yang baik, khususnya bagi peserta pelatihan. Hal ini karena sebelum diadakan pelatihan, kebanyakan isi majalah mengambil sumber-sumber dari internet. Akan tetapi, setelah dilaksanakannya pelatihan, tulisan siswa menjadi orisinil, bahasa yang digunakan semakin baik, dan isi rubrik semakin beragam

Referensi

Dewi, A. M. S. (2013). Majalah dinding sebagai implementasi kemampuan menulis cerpen siswa yang mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik di SMP N 4 Singaraja. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(1), 1–15.

Fitriah, M., & El’Arsya, F. (2011). Berita utama surat kabar lokal di Bogor studi analisis isi pada jurnal Bogor dan radar Bogor. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 9(1).

Hodiyanto, H., & Alimin, A. A. (2020). In House Training (IHT) dalam penyusunan karya tulis ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 56-63.

Karmini, N. N., Sudiarthi, D. N. A., & Sueni, N. M. (2019). Strategi menumbuhkan budaya menulis siswa: suatu kajian pustaka. Suluh Pendidikan, 17(1), 23–31.

Kirana, Z. I., Suryana, C., & Rojudin, R. (2018). Kegiatan Jurnalistik di Sekolah Menengah. Annaba: Jurnal Ilmu Jurnalistik, 1(2), 77-92.

Pratiwi, Y., Mulyani, H. S., & Gumilar, G. (2012). Pemaknaan dan penerapan jurnalistik oleh pelajar SMA partisipan rubrik “My School Page” di majalah Hai. Students e-Journal, 1(1), 17.

Rosaliza, M. (2015). Wawancara, sebuah interaksi komunikasi dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71–79.

Saragih, M. Y. (2018). Kolaborasi pers, jurnalistik dan wartawan. Jurnal Komunika Islamika, 5(2), 34–50.

Sari, V. P., Martha, I. N., & Darmayanti, I. A. M. (2019). Pembinaan majalah Mekar pada ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2), 240–251.

Triyono, A., Mahardika, D. A., Asmara, L. R., & Fermansah, V. D. (2016). Peningkatan kapasitas wartawan siswa dalam penerbitan majalah sekolah di SMP Muhammadiyah PK Al-Kautsar Kartasura. Warta LPM, 19(2), 134–140.

Wiastra, I. G. G., Rasna, I. W., & Astika, I. M. (2015). Pembinaan dan manajemen produksi majalah sekolah pada ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Yulistiani, D., & Indihadi, D. Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228-234.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2021