Pelatihan aplikasi screen recorder dan video conference guna meningkatkan proses belajar mengajar
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3495Kata Kunci:
AZ Screen Recorder, Google Meet, Covid-19, Learning Medium, Video ConferenceAbstrak
Di awal tahun 2020, Indonesia menghadapi pandemi virus Covid 19. Akibatnya terjadinya perubahan di segala sektor, termasuk bidang pendidikan. Perubahan model pembelajaran dari luring ke daring membuat masyarakat menjadi kesulitan, karena tidak terbiasa menggunakan teknologi digital dalam belajar. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih 10 guru TK Dewi Sartika Palembang menggunakan aplikasi video conference (Google Meet) dan perekam layar (AZ Screen Recorder) agar dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih optimal. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pelatihan maka diperoleh hasil bahwa semua guru telah mampu menggunakan aplikasi Google Meet dan AZ Screen Recorder serta mampu membuat video pembelajaran dan menggunakannya dalam proses belajar. Akan tetapi banyak siswa tidak dapat mengikuti proses pembelajaran daring karena terhalang sinyal internet yang kurang baik. Hal ini dapat diatasi dengan mengirimkan hasil rekaman proses pembelajaran yang telah direkam melalu aplikasi perekam layar.Referensi
Arianti, B. D. D., & Wirasasmita, R. H. (2020, May). WILMO (Web-based Interactive Learning Module), e-learning design for vocational school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1539, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.
Fahruddin, F., & Astini, B. N. (2018). Pelatihan program parenting untuk meningkatkan profesionalisme guru PAUD Di Kota Mataram Tahun 2018. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.206
Faradiba, F., Guswantoro, T., Lumbantobing, S. S., & Malau, N. D. (2019). Pelatihan media pembelajaran kepada guru-guru yayasan pendidikan Muhammad Syatir Al-Ghazali Tangerang Selatan. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 28-36.
Fattah, F., & Azis, H. (2020). Pemanfaatan video conference pada yayasan Sinergi Cendikia Makassar. Ilkomas, 1(2), 18–23.
Maulah, S., A, F. N., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi mahasiswa biologi terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran selama pandemi Covid-19. ALVEOLI : Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2).
Muhtarom, Nizaruddin, & Aryan Eka Prastya Nugraha. (2020). Pelatihan pembuatan media untuk pembelajaran jarak jauh. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1). https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.19
Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 30–35. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745
Subekti, H. A., Nubaiti, N., Masilawati, M., & Fitria, H. (2020). Pemanfaatan video conference sebagai media permbelajaran interaktif pada mata pelajaran produktif di Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.