Pelatihan aplikasi screen recorder dan video conference guna meningkatkan proses belajar mengajar

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3495

Kata Kunci:

AZ Screen Recorder, Google Meet, Covid-19, Learning Medium, Video Conference

Abstrak

Di awal tahun 2020, Indonesia menghadapi pandemi virus Covid 19. Akibatnya terjadinya perubahan di segala sektor, termasuk bidang pendidikan. Perubahan model pembelajaran dari luring ke daring membuat masyarakat menjadi kesulitan, karena tidak terbiasa menggunakan teknologi digital dalam belajar. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih 10 guru TK Dewi Sartika Palembang menggunakan aplikasi video conference (Google Meet) dan perekam layar (AZ Screen Recorder) agar dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih optimal. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pelatihan maka diperoleh hasil bahwa semua guru telah mampu menggunakan aplikasi Google Meet dan AZ Screen Recorder serta mampu membuat video pembelajaran dan menggunakannya dalam proses belajar. Akan tetapi banyak siswa tidak dapat mengikuti proses pembelajaran daring karena terhalang sinyal internet yang kurang baik. Hal ini dapat diatasi dengan mengirimkan hasil rekaman proses pembelajaran yang telah direkam melalu aplikasi perekam layar.

Referensi

Arianti, B. D. D., & Wirasasmita, R. H. (2020, May). WILMO (Web-based Interactive Learning Module), e-learning design for vocational school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1539, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Fahruddin, F., & Astini, B. N. (2018). Pelatihan program parenting untuk meningkatkan profesionalisme guru PAUD Di Kota Mataram Tahun 2018. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.206

Faradiba, F., Guswantoro, T., Lumbantobing, S. S., & Malau, N. D. (2019). Pelatihan media pembelajaran kepada guru-guru yayasan pendidikan Muhammad Syatir Al-Ghazali Tangerang Selatan. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 28-36.

Fattah, F., & Azis, H. (2020). Pemanfaatan video conference pada yayasan Sinergi Cendikia Makassar. Ilkomas, 1(2), 18–23.

Maulah, S., A, F. N., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi mahasiswa biologi terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran selama pandemi Covid-19. ALVEOLI : Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2).

Muhtarom, Nizaruddin, & Aryan Eka Prastya Nugraha. (2020). Pelatihan pembuatan media untuk pembelajaran jarak jauh. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1). https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.19

Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 30–35. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745

Subekti, H. A., Nubaiti, N., Masilawati, M., & Fitria, H. (2020). Pemanfaatan video conference sebagai media permbelajaran interaktif pada mata pelajaran produktif di Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

31-07-2021