Peningkatan pemahaman guru tentang pengamanan data ajar melalui pelatihan online di SMPN I Karangwelas

Penulis

  • Ranggi Praharaningtyas Aji Universitas Amikom Purwokerto http://orcid.org/0000-0002-0353-6017
  • Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo Universitas Amikom Purwokerto
  • Argiyan Dwi Pritama Universitas Amikom Purwokerto
  • Ika Ayu Pratiwi Universitas Amikom Purwokerto
  • Resti Nur Azizah Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3549

Kata Kunci:

Keamanan Data, Guru, Kesadaran Pengamanan Data

Abstrak

Pentingnya mengamankan data menjadi hal yang diabaikan oleh para guru. Selain itu ketidakmampuan mereka mengamankan data juga menjadi hal pendukung terjadinya kegagalan dalam melakukan pengamanan data. membiarkan akses ke komputer pribadinya diketahui dan hilangnya data akibat virus menjadi hal yang sering dialami oleh guru SMPN 1 Karanglewas . Untuk itu dibuatlah pelatihan yang dikemas dalam webinar pengamanan data ajar. Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan pemahaman dan kesadaran para guru dalam mengamankan data ajar yang mereka miliki. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan teknologi google meet yang dapat juga diakses melalui kanal youtube secara langsung. Hasil yang didapat adalah meningkatnya pemahaman para guru dilihat dari selisih hasil post-test dan pre-test yang mencapai angka 40-80%. Selain itu juga tanggapan positif para guru peserta webinar yang menyatakan dengan 56% peserta menyatakan baik dan 30% cukup, dan 24% sangat baik. Kegiatan selanjutnya yang diharapkan akan dilaksanakan berupa pelatihan pembuatan kelas secara live dan pembuatan bahan ajar interaktif

Referensi

Bahrudin, M., & Firmansyah, F. (2018). Manajemen keamanan informasi di perpustakaan menggunakan Framework SNI ISO/IEC 27001. Media Pustakawan, 25(1), 43-50.

Indrayani, R. (2020). Pelatihan pengamanan data cyberspace untuk siswa sekolah lanjutan tingkat atas. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 2(1).

Islamy, I. T., Agatha, S. T., Ameron, R., Fuad, B. H., Evan, E., & Rakhmawati, N. A. (2018). Pentingnya memahami penerapan privasi di era teknologi informasi. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 21-28.

Izatri, D. I., Rohmah, N. I., & Dewi, R. S. (2020). Identifikasi risiko pada perpustakaan daerah Gresik dengan NIST SP 800-30. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 7(1), 50-55. https://doi.org/10.30865/jurikom.v7i1.1756

Pane, C. G. G. (2021). Edukasi kepada siswa sma negeri 1 mimika untuk mengatasi ancaman media online pada data pribadi. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 1(2), 412-418.

Putri, N. I., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2020). Pentingnya keamanan data dalam intelijen bisnis. J-SIKA| Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 2(02), 41-48.

Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64-69. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745

Triandi, B. (2019). Keamanan informasi secara aksiologi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 6(5), 477-483.

Ulfah, A. N., Lizarti, N., Anam, M. K., & Sudyana, D. (2021). Pelatihan secure computer user untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap keamanan data dan informasi. J-PEMAS-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17-24.

Yustanti, W., Qoiriah, A., Bisma, R., & Prihanto, A. (2019). Strategi identifikasi resiko keamanan informasi dengan Kerangka Kerja ISO 27005: 2018. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(2), 51-56.

Yuwinanto, H. P. (2015). Privasi online dan keamanan data. Palimpsest.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

31-07-2021