Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586

Kata Kunci:

Video Editing, Technology, Learning, Covid-19

Abstrak

Era Industri 4.0 mendorong para pendidik untuk dapat menerapkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Salah satu penerapan teknologi dalam proses pembelajaran adalah penggunaan video pembelajaran. Apalagi pada masa pandemi Covid 19 saat ini yang menerapkan pembelajaran daring, video pembelajaran dapat menjadi alternatif sumber belajar. Akan tetapi pada kenyataannya banyak guru di Indonesia tidak memiliki kemampuan dalam membuat video pembelajaran. Pembelajaran daring saat ini kebanyakan hanya berupa pemberian materi dari buku pelajaran, diskusi melalui WA, mendatangi rumah siswa untuk memberikan tugas, dan lain-lain, sehingga belum maksimal. Oleh karena itu kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk melatih guru-guru dalam membuat video pembelajaran, sehingga guru memiliki alternatif lain sebagai sumber belajar siswa. Kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan dan editing video menggunakan aplikasi bandicam, Microsoft power point 2013, dan aplikasi Kinemaster. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta/guru untuk aplikasi bandicam tingkat keberhasilan 100%, Microsoft power point 2013 tingkat keberhasilan 100%, kinemaster tingkat keberhasilan tahap pertama 70% selanjutnya tahap ke 2 100%.

Referensi

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Arif, A., Istyadji, M., & Syahmani, S. (2018). Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Diskusi Daring Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(3), 237-244.

Azima, M. F. (2020). Pengembangan Dan Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru SD IT Di Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 48-52.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Fauzi, L. M., Supiyati, S., & Rasidi, A. (2020). Workshop Distance Learning Di Masa Pandemic Covid 19. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16-21.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120-129.

Majid, N. A., & Fuada, S. (2020). E-Learning for Society: A Great Potential to Implement Education for All (EFA) movement in Indonesia. 14(2), 250–258. Retrieved from https://www.learntechlib.org/p/216581/

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), 96-100.

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal of E-Learning, 5(3), 195-206.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178.

Wirasasmita, R. H., Arianti, B. D. D., Uska, M. Z., Kholisho, Y. N., & Wardi, Z. (2020). Edukasi Zero Waste berbasis teknologi informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 35-42.

Kholisho, Y. N., & Lutfi, S. (2020, May). The Development Of Augmented Reality For Hardware Introduction For SDU Hamzanwadi Students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1539, No. 1, p. 012009). IOP Publishing.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

30-07-2021