Pendampingan peningkatan profesionalitas guru Bahasa Indonesia melalui literasi menulis artikel di jurnal ilmiah

Penulis

  • Muhlis Fajar Wicaksana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Suparmin Suparmin Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Titik Sudiatmi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Sri Muryati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3776

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia, Jurnal Ilmiah, Literasi, Pelatihan Menulis,

Abstrak

Guru-guru saat ini dituntut untuk menghasilkan karya ilmiah, khusunya menulis artikel ilmiah. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan literasi profesionalitas guru dalam menulis artikel ilmiah. Adapun metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui deskriptif kualitatif. Melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan yang diperuntukkan bagi guru-guru musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMA Bahasa Indonesia di Sukoharjo. Metode pelaksanaan dalam pengabdian masyarakat dilakukan melalui tahapan berikut: 1) persiapan (observasi dan rencana aksi); 2) implementasi; 3) evaluasi dan umpan balik; 4) pendampingan menyusun artikel ilmiah. Adapun hasil dari pelatihan ini meliputi; adanya respons positif dari peserta pelatihan dan meningkatnya keterampilan guru dalam berliterasi menulis artikel ilmiah. Hasil akhir menunjukkan dari 30 peserta yang mengikuti pendampingan, terdapat 10 naskah artikel ilmiah guru Bahasa Indonesia di Sukoharjo yang sudah disesuaikan dengan template jurnal ilmiah yang akan dituju. Jurnal-jurnal yang akan dituju antara lain, Jurnal Klitika; Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Univet Bantara; Jurnal Basastra; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Pengajarannya Universitas Sebelas Maret; Jurnal TABASA; Jurnal Ilmiah Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta; dan Jurnal Linguista; Universitas PGRI Madiun. Jika dipersentasekan sejumlah 33% peserta berhasil submit dalam mencapai tujuan untuk publish di jurnal ilmiah yang diinginkan, sebanyak 45% berhasil mengubah laporan PTK kedalam artikel, sisanya sejumlah 22% masih berkutat pada revisi dalam proses mengubah laporan menjadi artikel. Dapat disimpulkan bahwa, secara total, sebesar 78% dari jumlah keseluruhan sudah menunjukkan progres yang maksimal dalam proses pendampingan.

Referensi

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan Tajinan kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).

Firdaus, A. M., Magfirah, N., Syahrir, M., & Ramdani, R. (2020). IbM Kelompok Guru-Guru SD Inpres Sero di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa: Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 106-112.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135.

Hodiyanto, H., & Alimin, A. A. (2020). In House Training (IHT) dalam penyusunan karya tulis ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 56-63.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.

Isa, S. M., Soewito, B., & Gunawan, F. E. (2016). Pengaruh Perangkat Lunak Managemen Referensi Pada Peningkatkan Motivasi Publikasi Para Pendidik. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 243-248.

Kompas. 2010. Lemah, Kemampuan Guru Menulis Karya Ilmiah, (Online), (http://nasional. kompas.com/read/2010/03/19/04191796/Lemah.Kemampuan.Guru.Menulis.Karya. Ilmiah.), diakses 21 Mei 2021.

Larasati, R. T. (2014). Faktor-faktor Penghambat Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Dasar Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta. Journal Of Chemical Information And Modeling.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah bagi guru profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 11406.

Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212.

Priyanto, I. J., & Rohartati, S. (2019). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional Bagi Guru SDN GBI Bojongsoang, Buahbatu, Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 26-29.

Supanti, S. 2017. Solusi Praktis Guru Menulis, (Online), (https://radarsemarang. com/2017/05/21/solusi-praktis-guru-menulis/), diakses 20 Mei 2021.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal bagi Guru-Guru IPS Kabupaten Malang. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 40-47.

Wibowo, C. H. (2015). Problematika Profesi Guru dan Solusinya bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Media. Neliti. Com. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2021