Pelatihan penggunaan media pembelajaran interaktif Sistem Informasi Geografis mata pelajaran Pemrograman Web

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4029

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi Geografis,

Abstrak

Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu alat bantu dalam proses pembelajaran. Dengan media pembelajaran interaktif akan membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih baik, terutama mata pelajaran yang membutuhkan praktik untuk lebih memahami teori yang diajarkan. Mata pelajaran pemrograman web pada sekolah kejuruan merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki banyak praktikum. Oleh karena itu, untuk mendukung tersampaikannya materi pelajaran tersebut dibutuhkan media pembelajaran interaktif yang baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan media pembelajaran interaktif Sistem Informasi Geografis (GIS) berbasis web yang telah dikembangkan, sehingga siswa lebih paham mengenai perancangan aplikasi berbasis web. Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 1 Selong, dengan peserta berasal dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak berjumlah 25 orang. Kegiatan berlangsung selama 4 bulan. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan praktik langsung tentang rekayasa perangkat lunak berbasis WEB dengan narasumber dosen program studiTeknik Informatika, Universitas Hamzanwadi. Materi yang disampaikan berupa langkah-langkah membuat perangkat lunak sederhana dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada dan melihat beberapa contoh yang sudah disiapkan sebelumnya oleh narasumber untuk dapat digunakan oleh siswa. Untuk metode ini menggunakan perangkat komputer dengan jaringan lokal. Hasil kegiatan menunjukkan siswa siswi mampu menguasai teknik dasar untuk suatu perangkat lunak berbasis WEB dan siswa juga mampu membuat aplikasi berbasis WEB sederhanadengan menerapkan konsep analisis sistem yang baik

Referensi

Chang, K. T. (2016). Geographic information system. International Encyclopedia of Geography: People, the Earth, Environment and Technology: People, the Earth, Environment and Technology, 1-9.

Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119-127.

Okan, E. R. A. Y. (2012). Application of geographic information system (GIS) in education. Journal of Technical Science and Technologies, 53-58.

Putra, Y. K., Sadali, M., Fathurrahman, F., & Mahpuz, M. (2020). Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 80-86.

Setiadi, I. M. D., Piarsa, I. N., Made, N., & Marini, I. (2015). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tingkat Pertumbuhan Penduduk Berbasis Web. vol, 3, 180-189.

Sudianto, A. (2018). Penerapan Website Sebagai Sarana Promosi Wisata Budaya pada Kabupaten Lombok Timur. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 1(1), 11-17.

Sudianto, A., & Ahmadi, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Pada Bengkel Vinensi Motor Berbasis Web Guna Meningkatkan Penjualan dan Promosi Produk Pendahuluan Vinensi sepeda motor motor merupakan yang toko cukup kebutuhan suku cadang motor juga dibutuhkan s. Infotek J. Inform. dan Teknol, 3(2), 32-39.

Sudianto, A., & Sadali, M. (2018). Penerapan Sistem Informasi Geografis (GIS) dalam Pemetaan Kerajinan Kain Tenun dan Gerabah untuk Meningkatkan Potensi Kerajinan di Kabupaten Lombok Timur. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 1(2), 71-78.

Sudianto, A., & Samsu, L. M. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Untuk Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Untuk Peningkatkan Minat Belajar Siswa. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 2(2), 53-60.

Sudianto, A., & Sugiantara, J. (2020, May). Website as Foundation Information Media under the auspices of Nahdlatul Wathan. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1539, No. 1, p. 012024). IOP Publishing.

Sudianto, A., Ida, N., & Wijaya, L. K. (2020). Penerapan Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Bengkel Tambal Ban di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 3(1), 51-57.

Sudianto, A., Wasil, M., & Mahpuz, M. (2021). Penerapan Sistem Informasi Geografis dalam Pemetaan Sebaran Kasus Gizi Buruk. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 4(2), 142-150.

Suhartini, S., Sudianto, A., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Ahmadi, H., Fathurrahman, I., ... & Nurhidayati, N. (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-7.

Wulandari, M. S., Noveandini, R., & Sutarno, S. Digitalisasi Pemetaan UKM Tenun Garut Berbasis Sistem Informasi Geografis sebagai Media Komunikasi dan Pemasaran Produk Lokal. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2015. Stikubank University.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2021