Workshop pembuatan media pembelajaran interaktif dalam memenuhi tuntutan pembelajaran Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4115Kata Kunci:
Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Abad 21, WorkshopAbstrak
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membina dan mengarahkan siswa untuk dapat berkompetisi di segala bidang. Era globalisasi menuntut guru untuk dapat meningkatkan kompetensi pedagoginya terutama pada kompetensi profesional. Guru tidak hanya dituntut untuk piawai dalam memahami materi pelajaran akan tetapi guru juga harus mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi sebagai media dan sumber belajar. Untuk meningkatkan hal tersebut dianggap penting untuk memberikan workshop atau pelatihan dalam pembuatan dan pemanfaatan media pembelajaran interaktif demi kelancaran pembelajaran di masa pandemik Covid-19 seperti saat ini. Workshop dilaksanakan selama tiga hari dengan rincian pemberian materi pada hari pertama, praktik pembuatan media pada hari kedua dan evaluasi produk yang dihasilkan peserta pada hari ketiga, yang dilaksanakan mulai pada hari Sabtu, 5 Agustus sampai dengan hari Senin, 7 Agustus 2021 bertempat di SDN 3 Sembalun Bumbung. Hasil workshop memberikan gambaran bahwa peserta telah mampu membuat media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi Auto Play Media Studio 8.0 kalaupun masih perlu perbaikan untuk penyempurnaan, akan tetapi hasil atau produk yang dibuat sudah dapat digunakan atau diimplementasikan dalam pembelajaran.Referensi
Arianti, B. D. D., Kholisho, Y. N., & Sujatmiko, S. B. (2020, May). The Development of E-Learning Use MOODLE as A Multimedia Learning Medium. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1539, No. 1, p. 012033). IOP Publishing.
Burns, M. (2011). Distance education for teacher training: Modes, models, and methods. Education Development Center. Inc. Washington, DC, 338.
Fauzi, L. M., Supiyati, S., & Rasidi, A. (2020). Workshop Distance Learning di Masa Pandemic Covid 19. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2405
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.
McDougall, J., & Potter, J. (2015). Curating media learning: Towards a porous expertise. E-Learning and Digital Media, 12(2), 199-211.
Sadiman, A. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 30–35. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745
Soenarko, B., Wiguna, F. A., Putri, K. E., Primasatya, N., Kurnia, I., Imron, I. F., ... & Wahyudi, W. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(2), 96-106.
Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif di SMP dan SMK Mandiri Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39-46.
Sumantri, M. S., & Rachmadtullah, R. (2016). The effect of learning media and self regulation to elementary students’ history learning outcome. Advanced Science Letters, 22(12), 4104–4108. https://doi.org/10.1166/asl.2016.8140
Suryani, K., & Khairudin, K. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Di Smk Muhammadyah 1 Padang. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 58. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1197
Vebrianto, R., & Osman, K. (2011). The effect of multiple media instruction in improving students’ science process skill and achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15(December), 346–350. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.099
Vinod Bhatia, K., & Pathak-Shelat, M. (2017). Media literacy as a pathway to religious literacy in pluralistic democracies: Designing a critical media education pedagogy for primary school children in India. Interactions: Studies in Communication & Culture, 8(2-3), 189-209.
Zawacki-Richter, O., Müskens, W., Krause, U., Alturki, U., & Aldraiweesh, A. (2015). Student media usage patterns and non-traditional learning in higher education. International Review of Research in Open and Distance Learning, 16(2), 136–170. https://doi.org/10.19173/irrodl.v16i2.1979
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.