Pendampingan optimalisasi penggunaan media pembelajaran Bahasa Inggris sederhana untuk meningkatkan Creativity Quotient
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4172Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Creativity Quotient, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Media PembelajaranAbstrak
Guru-guru di MI kurang sadar akan pentingnya CQ (Creativity Quotient). Hal ini terlihat dari bagaimana guru cenderung konsumtif dan mengandalkan produk jadi yang tersedia sebagai media, seperti buku pelajaran. Padahal, media pembelajaran bahasa Inggris dapat dibuat sendiri atau hanya perlu diunduh saja. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk 1) menyadarkan pentingnya CQ pada pendidikan tingkat MI, 2) meningkatkan mutu belajar peserta didik dengan pemberdayaan media belajar di sekolah, dan 3) untuk memaksimalkan fungsi dan tugas perguruan tinggi dalam rangka membina pendidikan MI. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah dengan ceramah, pameran dan simulasi penggunaan media belajar bahasa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tahun 2021 yang di hadiri oleh 25 kepala MI di kabupaten Lombok Timur. Luaran dari program ini adalah kepala sekolah memberdayakan penggunaan media belajar di MI, guru-guru mengerti akan pentingnya penggunaan media sebagai sarana pembelajaran efektif dan kreatif, dan guru-guru di MI menjadi lebih kreatif dalam menyediakan sarana prasarana di sekolah yang ramah lingkungan dan terjangkauReferensi
Abdulhak & Ishak. (1986). Strategi Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.
Admin. (2021, Oktober 20). Rekapitulasi Data Pokok Pendidikan Islam. Retrieved from http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=data-statistik&action=prov&prov=52
Costaner, L., Guntoro, E. P. & Rini, D. S. (2021). Pelatihan keterampilan membuat informasi berbasis video digital pada ikatan remaja masjid. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(4). 843-849. doi: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.7253
Dewi, L., & Suhardini, A. D., (2014). Peningkatan kompetensi pedagogic guru melalui pelatihan paikem (pelatihan pada guru MI dan MTS di kabupaten Cianjur). Edutech : Jurnal Teknologi Pendidikan. 13(1). 409-419. doi:10.17509/edutech.v13i3.3094
Fitria, R., Ervina, E., Kurniati, K., & Astafi, R. (2021). Pendampingan peningkatan kemampuan bahasa Inggris siswa panti asuhan Dayang Dermah Bengkalis. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 56-61.
Gusetyoningsih, R. (2021). Desain Program Pelatihan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Zahir. Skripsi tidak dipublikasikan, Tulungagung, UIN Sayyid Ali Rahmatullah
Huda, K. (2016). Problematika madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan islam. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(2), 309-336.
Mangkunegara, A. A. P. (2009). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.
Moekijat. (1992). Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Mandar Maju.
Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nuryanto, N. (2018). Peningkatan mutu Madrasah Ibtidaiyah: School-Based Management dan kompetensi guru madrasah. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 21-32.
Rachmawati, Y. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Suardiman, S. P., & Budiningsih, C. A. (2020). The Pupil's Creativity is inspired by Experience through Electronic Media: Empirical Study in Yogyakarta. International Journal of Instruction, 13(2).
Sudarwati. (2016). Analisis Kinerja Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suhartini, S., Sudianto, A., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Ahmadi, H., Fathurrahman, I., ... & Nurhidayati, N. (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-7.
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Setyorini, D. (2021). Peningkatan Keterampilan Guru IPA dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4). 846-832.
Syamsuri, S., & Nindiasari, H. (2021). Penguatan konsep matematis bagi guru matematika melalui pelatihan software Scilab secara daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8-14.
Wicaksana, M. F., Suparmin, S., Sudiatmi, T., & Muryati, S. (2021). Pendampingan peningkatan profesionalitas guru Bahasa Indonesia melalui literasi menulis artikel di jurnal ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 128-136.
Yusuf, M. (2019). Perkembangan Madrasah Formal Di Indonesia. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 135-146.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.