Pendampingan perancangan ruang pamer museum dr.AK.Gani pada pameran bersama Museum Negeri Sumatera Selatan

Penulis

  • Shinta Puspasari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4322

Kata Kunci:

Museum dr.AK.Gani, Pameran Museum, Ruang Tata Pamer

Abstrak

Pameran yang sukses tidak terlepas dari penataan ruang pameran yang tepat. Penataan ruang pameran yang baik akan menimbulkan ketertarikan dari pengunjung pameran. Terlebih lagi apa bila pameran tersebut adalah pameran museum. Penataan pameran museum membutuhkan penataan yang lebih detail. Provinsi Sumatra Selatan mengadakan pameran bersama yang diikuti oleh berbagai museum negeri seluruh Sumatera Selatan. Karena diikuti oleh berbagai museum, maka dibutuhkan penataan ruang pameran yang bagus agar dapat menyajikan ruang tata pamer optimal sehingga menarik bagi pengunjung serta tidak kalah dari Museum lainnya pada pameran tersebut. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi Museum dr.AK.Gani sebagai mitra untuk menata ruang pamerannya agar lebih optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat yang ditawarkan pada kegiatan ini adalah pendampingan mendesain brosur informatif, dan tata pamer koleksi Kegiatan Pameran berjalan dengan baik dan aman mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 dihadiri oleh berbagai kalangan baik pelajar maupun masyarakat umum. Metode kegiatan meliputi diskusi kelompok terarah, desain ruang tata pamer, dan implementasi desain ruang tata pamer efektif menghasilkan desain tata pamer Museum dr.AK.Gani yang telah diimplementasikan pada Pameran Bersama 2020 di Museum Negeri Sumatera Selatan. Hasil kegiatan pendampingan berwujud desain dan perlengkapan ruang pameran museum dr.AK.Gani efektif menjadi media informatif dan menarik bagi pengunjung ruang pamer Museum dr.AK.Gani pada pameran tersebut. Dengan desain ruang pamer yang informatif dan menarik pada pameran ini diharapkan masyarakat makin mengenal keberadaan Museum dr.AK.Gani dan tertarik berkunjung ke Museum fisik meski di masa pandemi COVID-19

Referensi

Díaz, P., Bellucci, A., & Aedo, I. (2015). Enabling social interaction in the museum through the social display environment. In 2015 Digital Heritage (Vol. 1, pp. 345-348). IEEE.

Fauzi, L. M., Supiyati, S., & Rasidi, A. (2020). Workshop Distance Learning Di Masa Pandemic Covid 19. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16-21.

Fitriana, R., Rahmitasari, N., & Yoseli, M. (2020). Analisis Motivasi Pengunjung Museum Macan Jakarta. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(1), 76-83.

Kristianto, T. A., Ardianto, O. P. S., Budianto, C. A., & Rahayu, S. (2018). Interior Pencerita, Kolaborasi Grafis Visual dan Desain Interior pada Perancangan Interior Museum “Rumah Air” PDAM Surya Sembada Surabaya. Jurnal Desain Interior, 3(2), 11-26.

Krishbie, B. G., & Dewi, C. S. (2021). Tantangan Museum Seni di tengah Pandemi Covid-19 Kajian: Pameran Imersif Affandi di GNI, 2020. Jurnal Senirupa Warna, 9(2).

Puspasari, S., & Herdiansyah, M. I. Pengenalan Teknologi Augmented Reality untuk Media Edukasi Koleksi Museum SMB II di Masa Pandemi Covid-19. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 143-151.

Puspasari, S., & Marnisah, L. (2019). Implementasi E-Museum Dr. AK. Gani Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(2), 120-130.

Salim, P. (2018). Persepsi Kualitas Ruang Pamer Museum Seni: sebuah Studi Observasi. Narada, 5(1), 25-34.

Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali, M., Asy'ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64-69.

Sektiadi, S., & Nugrahani, D. S. Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Cagar Budaya Melalui Pameran Museum. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 57-64.

Sundari, S., Taher, D. M., Nurhasanah, N., Mas'ud, A., & Hasan, S. (2020). Pendampingan pembuatan hand sanitizer berbasis kearifan lokal (ekstrak tangkai bunga cengkeh). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 49-55.

Surahman, M., Sugiyanto, S., DRUPADI, R. D., & Pangestu, D. (2020). Pemanfaatan Museum dalam Pelestarian Budaya Daerah Lampung Sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 4(3), 279-282.

Tjahjawulan, I., & Adityayoga, A. (2019). Penyajian Koleksi Museum Sejarah dan Budaya Kota Malang. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 7(2), 1-20.

Yanchinsu, V. N., Pratiwi, P., & Wenas, M. B. (2020). Perancangan Video Panduan Museum Kars Indonesia. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 24(2), 95-105.

Yuliatin, R. R., Dewi, P., Arianti, B. D. D., & Murcahyanto, H. (2021). Pengenalan Object Theatre pada remaja Bremi Lombok Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 109-118.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2021