Pelatihan pembuatan modul ajar bagi guru SMA/SMK di Tebing Tinggi

Penulis

  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang
  • Dina Octaria Universitas PGRI Palembang
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang
  • Putri Fitriasari Universitas PGRI Palembang
  • Anggria Septiani Mulbasari Universitas PGRI Palembang
  • Tika Dwi Nopriyanti Universitas PGRI Palembang
  • Allen Marga Retta Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4589

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Pelatihan, Modul Ajar

Abstrak

Peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dilakukan dengan berbagai strategi, salah satu diantaranya melalui pengembangan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar dalam bentuk modul saat ini menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Hal ini dikarenakan penerapan modul dapat mengondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas dan dengan hasil (output) yang jelas, sehingga pendidik dapat membantu sekolah dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Namun, kenyataannya banyak pendidik yang kesulitan dalam membuat modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kurangnya pelatihan bagi pendidik dalam membuat modul ajar yang efektif. Oleh karena itu, kegiatan PKM ini bertujuan 1) untuk mengenalkan dan membekali pendidik tentang modul ajar, 2) untuk membantu pendidik dalam membuat modul ajar. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, praktik dan diskusi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom dan offline di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Empat Lawang. Langkah-langkah dalam kegiatan PKM yaitu 1) persiapan, 2) pelaksanaan, 3) refleksi. Data dikumpulkan melalui angket. Hasil pelaksanaan kegiatan PKM menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan peserta kegiatan antusias dalam mengikuti pelatihan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 72,8% peserta kegiatan menyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang modul dan 83,3% menyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini dapat melatih keterampilan pendidik dalam membuat modul. Kegiatan ini mampu memberikan sumbangsih bagi pendidik dalam menghasilkan modul yang efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Referensi

Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktori UPI.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dharma, S. (2008). Penulisan Modul, Kompetensi Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dikmenjur. (2004). Pedoman Penulisan Modul. Jakarta: Dikmenjur, Depdiknas.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. TERAMPIL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar) , 2(1), 34-49.

Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119-127.

Millah, E. S., Budipramana, L. S., & Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). BioEdu , 1 (1), 19-24.

Mufidah, A. I., & Susilawati, S. Y. (2020). Modul Bina Diri Tunagrahita untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Inklusif. Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 107-110.

Nawawi, S., Antika, R. N., Wijayanti, T. F., & Abadi, S. (2017, April). Pelatihan pembuatan modul ajar berbasis kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Universitas PGRI Madiun (pp. 42-46).

Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Nugroho, A. G. (2021). Pengembangan Modul Trigonometri untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Aksioma: Jurnal program studi pendidikan Matematika, 10(1), 15-27.

Rachman, F. A., Sukaryawan, M., & Sari, D. K. (2017). Pelatihan dan Pembimbingan Pembuatan Modul Bagi Guru Kimia SMA di Lubuk Linggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara. Jurnal Pengabdian Sriwijaya , 7(2), 749-753.

Ramadhani, R., Mazaly, M. R., & Setiawati, T. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis EPUB3 Sigil dalam Meningkatkan Kemampuan Techno-Pedagogical Guru Sekolah Menengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 1024-1039.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali, M., Asy'ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64-69.

Septiani, A. (2016). Penerapan Asesmen Kinerja dalam Pendekatan STEM (Sains Teknologi Engineering Matematika) Untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Isu-Isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajaran , 654-659.

Sutikno, A. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri. Seminar Nasional IKA UNY (pp. 45-57). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutisna, U., & Elkarimah, M. F. (2021). Pendampingan pengembangan keterampilan guru Sekolah Dasar dalam soal evaluasi pembelajaran dengan Teka-teki Silang berbasis smartphone. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 15-25.

Syamsuri, S., & Nindiasari, H. (2021). Penguatan konsep matematis bagi guru matematika melalui pelatihan software Scilab secara daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8-14.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika , 1 (2), 165-172.

Zaenudin, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Murder Terhadap Peningkatan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Manu Putra Buntet Pesantren (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39-49.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

31-12-2021