Pelatihan model pembelajaran daring untuk meningkatkan kompetensi guru di Kabupaten Bekasi

Penulis

  • Maria Paristiowati Universitas Negeri Jakarta
  • Yusmaniar Yusmaniar Universitas Negeri Jakarta
  • Mohammad Asrul Ashmi Karepesina Universitas Negeri Jakarta
  • Anisa Umayah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5177

Kata Kunci:

Kompetensi Guru, Model Pembelajaran Daring, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstrak

Munculnya wabah pandemi Covid-19 sejak akhir tahun 2019 mengharuskan pembelajaran tidak lagi dilaksanakan di sekolah, melainkan dilakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Teknologi memegang peranan penting dalam PJJ seperti belajar melalui video, aplikasi web pembelajaran, atau video conference menggunakan berbagai platform. Guru sebagai fasilitator harus memiliki keterampilan di bidang teknologi dan dalam menciptakan model-model pembelajaran yang menyenangkan yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam PJJ. Sehingga perlu dilaksanakan kegiatan untuk memperbaharui pengetahuan dan keterampilan seorang guru agar dapat beradaptasi dengan kondisi pandemi yakni dengan melakukan sebuah pelatihan tentang model-model pembelajaran daring yang menyenangkan bagi guru, dengan harapan mampu menciptakan pembelajaran daring yang menarik yang dapat memotivasi dan memfasilitasi PJJ sesuai Kurikulum 2013. Sebagai daerah yang sangat dekat dengan Ibu Kota Jakarta, Kabupaten Bekasi adalah sebuah kabupaten dengan Cikarang sebagai ibukotanya yang terletak di tepat di sebelah timur Provinsi DKI Jakarta. Ditinjau dari lokasi dan kedekatannya, maka selayaknya Universitas Negeri Jakarta sebagai Lembaga Perguruan Tinggi menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai daerah sasaran binaan bagi Rumpun Kimia FMIPA UNJ. Pelatihan ini dilakukan pada 18 September 2021 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Tarumajaya dengan peserta sebanyak 25 orang yang terdiri dari para guru beberapa sekolah di Kabupaten Bekasi. Pelaksanaan pelatihan ini menggunakan kombinasi metode presentasi, diskusi informatif, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa peserta dapat menambah wawasan baru terkait penerapan model-model pembelajaran daring yang menyenangkan bagi peserta didik di masa pandemi dan merespon positif dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan oleh Rumpun Kimia FMIPA UNJ.

Referensi

Agustina, N., & Susanto, R. (2017). Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI) Ke-8, (hal 44–48). Bali, Indonesia.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808.

Elnovreny, J., Maulida, R., & Sinurat, J. D. (2021). Pelatihan Pembelajaran Daring yang Interaktif dan Menyenangkan di Perguruan Islam Miftahul Husna. Jurnal Terapan Abdimas, 6(2), 192–196. https://doi.org/10.25273/jta.v6i2.9423.

Fauzi, L. M., Supiyati, S., & Rasidi, A. (2020). Workshop Distance Learning Di Masa Pandemic Covid 19. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2405.

Furkan, F., Sya, A., Purwanto, A., & Astra, I. M. (2021). Tantangan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3877–3883. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.743.

Kayyis, R., & Khasanah, B. A. (2020). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan di Rumah pada Era Pandemi Covid-19. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.52657/jbn.v4i1.1389.

Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Editing Video Bagi Guru SD untuk Menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.

Mujinem, M., Senen, A., Hidayati, H., & Sekar, P. (2021). Pelatihan Penyusunan Desain Pembelajaran Menyenangkan Terintegrasi IT dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh Guru Sekolah Dasar. PELITA: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 21(1), 68–75. https://doi.org/10.33592/pelita.v21i1.1130.

Primasari, I. F. N. D., & Zulela, Z. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820.

Setyaningsih, K. D., Eka, K. I., & Badarudin, B. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sd Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 19–27. http://dx.doi.org/10.30595/.v1i2.9012

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.

Syamsuri, S., & Nindiasari, H. (2021). Penguatan Konsep Matematis Bagi Guru Matematika Melalui Pelatihan Software Scilab Secara Daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3190.

Zhu, Z.-T., Yu, M.-H., & Riezebos, P. (2016). A research framework of smart education. Smart Learning Environments, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s40561-016-0026-2.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

31-07-2022