Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan kurikulum Prototipe

Penulis

  • Luvy Sylviana Zanthy IKIP Siliwangi
  • Anik Yuliani IKIP Siliwangi
  • Eva Dwi Minarti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5226

Kata Kunci:

Kurikulum Prototype, Perangkat Pembelajaran, TPACK

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan kurikulum prototipe dan meningkatkan kemampuan guru matematika di Kabupaten Bandung Barat dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis TPACK. Kegiatan pelatihan ini berbentuk pelatihan kompleksitas sederhana, yaitu mengikuti contoh yang sudah disediakan yang terdiri dari dua sesi, yaitu:  1) Pengenalan kurikulum prototipe, dan 2) Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TPACK, yang terdiri dari: a) Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran menggunakan aplikasi Liveworksheet dan b) Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran menggunakan aplikasi Anyflip. Produk yang dihasilkan berupa perangkat pembelajaran berbasis TPACK pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar. Dari hasil observasi dan interview dengan peserta diketahui bahwa dari 70 persen peserta sudah mampu menyusun perangkat pembelajaran TPACK secara sederhana, selain itu keempat indikator yaitu: 1) tingginya motivasi peserta dalam mengikuti kegiatan; 2) dimilikinya pengetahuan baru tentang kurikulum prototype; 3) dimilikinya pengetahuan dan keterampilan baru tentang pembelajaran berbasis TPACK, dan 4) banyaknya jumlah peserta yang mampu menyusun pembelajaran telah terpenuhi, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat ini sudah mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru matematika se-Kabupaten Bandung Barat dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan kurikulum prototipe

Referensi

Fauzi, L. M., Gazali, M., Mukti, H., & Rahmawati, B. F. (2021). Workshop pembuatan media pembelajaran interaktif dalam memenuhi tuntutan pembelajaran Abad 21. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 185–194. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4115.

Gunawan, D & Sutrisno, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2).

Gunawan, D., Sutrisno, S., & Muslim, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11518

Indah, M. (2021). Use Of Anyflip Bekel Longan E-Book to Improve Literation Skills Of V-Grade Students in Kedungrejo Elementary School 2 in Pandemic. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.21107/widyagogik.v8i2.9583.

Kesumawati, N., Destiniar, D., Octaria, D., Ningsih, Y. L., Fitriasari, P., Mulbasari, A. S., Nopriyanti, T. D., & Retta, A. M. (2021). Pelatihan pembuatan modul ajar bagi guru SMA/SMK di Tebing Tinggi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 246–256. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4589.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3). https://doi.org/10.1177/002205741319300303.

Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1). https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. In Teachers College Record (Vol. 108, Issue 6). https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x.

Nurjanah, Sutrisno, & Marzal, J. (2021). Pengembangan Perangkat Berbasis TPACK pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Laplace: Jurnal Pendidikan.

Permana, B. A. C., Bahtiar, H., Sutriandi, A. E., Djamaluddin, M., & Suhartini, S. (2021). Pelatihan pemanfaatan teknologi sebagai media pendukung pembelajaran untuk guru di Kecamatan Sembalun. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 230–238. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4210.

Santika, A., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.128.

Syahiddah, S.D., Dwi Aristya Putra, P., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1). https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.438.

Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D. E., Indrawati, E. S., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Digital menggunakan Aplikasi Kvsoft Flipbook dan Web Anyflip di SMP Negeri 41 Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3). https://doi.org/10.36341/jpm.v4i3.1865.

Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Journal of Elementary Education, 03(03).

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

31-07-2022