Pelatihan analisis SWOT untuk memahami kondisi internal dan eksternal

Penulis

  • Djuli Sjafei Purba Universitas Simalungun
  • Ridwin Purba Universitas Simalungun
  • Tuahman Sipayung Universitas Simalungun
  • Rosita Manawari Girsang Universitas Simalungun
  • Marintan Saragih Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5852

Kata Kunci:

Ancaman, Kekuatan, Kelemahan, Peluang, SWOT

Abstrak

Perkembangan zaman semakin menumbuhkan tingkat persaingan di semua sektor kehidupan. Seiring dengan kemajuan zaman tersebut ilmu pengetahun juga terus berkembang. Ilmu pengetahun digunakan untuk menjawab berbagai kebutuhan manusia. Persaingan yang semakin ketat di berbagai organisasi membutuhkan berbagai strategi untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Salah satu ilmu pengetahuan yang digunakan untuk dapat melahirkan strategi tersebut adalah analisis SWOT (Strength=Kekuatan, Weakness=Kelemahan, Opportunity=Peluang, Threat=Ancaman). Analisis ini untuk melihat kondisi internal dan eksternal dari sebuah organisasi. Demikian hal nya dunia pendidikan dalam hal ini sekolah, perlu melakukan analisis SWOT untuk dapat bersaing dan berkualitas. Jumlah sekolah yang semakin banyak akan membuat persaingan semakin ketat, sehingga kualitas sekolah harus menjadi hal yang sangat penting. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Kepala sekolah, fungsionaris, guru dan pegawai pentingnya melakukan analisis SWOT serta memberikan pengetahuan bagaimana cara untuk melakukan analisis SWOT. Kegiatan pelatihan ini berlangsung 1 hari yang dilaksanakan di gedung SMK Swasta GKPS 2 Pematangsiantar yang diikuti 15 peserta yang berasal dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua Jurusan, Guru dan Pegawai. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan ceramah atau penyampaian materi dan praktek/pelatihan melakukan analisis SWOT dengan mengambil kasus SMK Swasta GKPS 2 Pematangsiantar. Hasil dari kegiatan pelatihan ini didapat bahwa terjadi peningkaan pengetahuan para peserta melakukan analisis SWOT terbukti dari hasil pre-test secara keseluruahan adalah 43,3% menjadi 61,3% hasil post-test dari peserta secara keseluruhan

Referensi

Asruddin, Rahman, A., & Rambe, J. K. (2020). Analisa SWOT Pengembangan Media Belajar Sejarah Di Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Semester Ganjil. INTECH, 1(1).

Feni Meilan Tasiba, H. (2018). Sistem Informasi Pembayaran Biaya Pendidikan Siswa Pada SMP PGRI Tambun Selatan. Jurnal Mahasiswa Bina Inasani, 3(1).

Maharani, G. K. (2020). Strategi Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Melalui Analisis SWOT. Media Manajemen Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6787

Munarsih, M. (2019). ANALISIS STRATEGI PELAKSANAAN PELAYANAN PENDIDIKAN PADA SDIT BINA CENDEKIA – DEPOK. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3). https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2835

Rahayu, S., Setiadi, A., & Muryanto, A. (2021). Perancangan Sistem Pendaftaran Siswa Baru Secara Online Pada SMK Miftahul Jannah Cikupa. Technomedia Journal, 5(2). https://doi.org/10.33050/tmj.v5i2.1441

Syaifullah, Ferwati, N., Megawati, & Ahsyar, T. K. (2019). Analisis Perencanaan Strategi Sistem Dan Teknologi Informasi Pada SMK Yamatu Tualang. Techno Xplore : Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(2). https://doi.org/10.36805/technoxplore.v4i2.826

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2022