Pelatihan pemanfaatan aplikasi Kahoot! sebagai Assessment Edutainment bagi guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6102Kata Kunci:
Aplikasi Kahoot!, Assessment Edutainment, Penilaian DaringAbstrak
Pandemi Covid-19 memberikan dampak penyesuaian pada semua sektor termasuk dalam sektor pendidikan di Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Indonesia menerapkan pembelajaran secara daring dan luring. Akan tetapi ketidak siapan guru dalam menghadapi perubahan system berlajar tersebut menjadi salah satu kendala dalam pembelajaran daring, terutama penggunaan media pembelajaran digital. Sehingga perlu diadakan pendampingan pengembangan media pembelajaran dan asesment yang baik.Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan kepada guru-guru di SD 2 Peganjaran mengenai pemanfaatan aplikasi Kahoot! sebagai sistem Assesment Edutainment. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan interaktif dan pendampingan. Selanjutnya, dalam proses pelatihan ada interaksi dua arah sehingga memberikan kesempatan kepada guru-guru di SD 2 Peganjaran sebagai peserta pelatihan untuk menyumbangkan ide, pendapat, pikiran, dan pengalamannya. Peserta pendampingan terdiri dari 12 guru dan 1 kepala sekolah. Pelaksanaan pendampingan pemanfaatan aplikasi Kahoot! sebagai sistem assesment edutainment pada guru di SD 2 Peganjaran dirancang dalam beberapa tahap, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru di SD 2 Peganjaran mampu memanfaatkan Kahoot! sebagai sistem assesment edutainment. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian yaitu guru di SD 2 Peganjaran sebanyak 84,6%mampu membuat instrumen dengan aplikasi Kahoot! sebagai sistem Assesment Edutainment pada pembelajaran daring. Pendampingan pemanfaatan aplikasi untuk penilaian pembelajaran secara daring memberikan pengetahuan dan keterampilan guru untuk memanfaatkan dan menyusun penilaian menggunakan aplikasi Kahoot! sebagai sistem Assesment Edutainment pada pembelajaran daring
Referensi
Ahmad, Iqbal Faza. 2020. “Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia.” PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 7(1):195–222. doi: 10.33650/pjp.v7i1.1136.
Alfarimba, Rizka, Sekar Dwi Ardianti, dan Khamdun Khamdun. 2021. “THE IMPACT OF ONLINE LEARNING ON THE LEARNING MOTIVATION OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS.” PROGRES PENDIDIKAN 2(2):94–99. doi: 10.29303/PROSPEK.V2I2.146.
Irwan, Irwan, Zaky Farid Luthfi, dan Atri Waldi. 2019. “Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 8(1):95–104. doi: 10.21070/PEDAGOGIA.V8I1.1866.
Kemdikbud. 2020. “SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9).” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Diambil 30 Desember 2022 (https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/).
Nugraha, Aji Satria. 2020. “Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur.” SOSIETAS 10(1):745–53. doi: 10.17509/SOSIETAS.V10I1.26063.
Paristiowati, Maria, Yusmaniar Yusmaniar, Mohammad Asrul Ashmi Karepesina, dan Anisa Umayah. 2022. “Pelatihan Model Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kabupaten Bekasi.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(1):9–16. doi: 10.29408/AB.V3I1.5177.
Rigianti, Henry Aditia. 2020. “KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 7(2). doi: 10.31316/ESJURNAL.V7I2.768.
Suseno, Nyoto, Purwaningsih Purwaningsih, Arif Rahman Aththibby, Purwiro Harjati, dan Lakon Wahono. 2022. “Kemitraan Guru Dan Dosen Dalam Menjaga Kualitas Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Menghasilkan Artikel Publikasi Bersama.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(1):48–59. doi: 10.29408/AB.V3I1.5732.
Sutisna, Usman, dan Mia Fitriah Elkarimah. 2021. “Pendampingan Pengembangan Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Soal Evaluasi Pembelajaran Dengan Teka-Teki Silang Berbasis Smartphone.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(1):15–25. doi: 10.29408/AB.V2I1.3249.
Taufiq, A. 2019. “Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimatan Timur.” Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual 3(2):88–98.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.