Pengembangan sekolah SDN 4 Rarang melalui In House Training media pembelajaran

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.6256

Kata Kunci:

In House Training, Media Pembelajaran, Program Pengembangan Sekolah, Video Pembelajaran

Abstrak

Pemerintah Indonesia saat ini sedang menggalakkan pembelajaran Abad 21 dengan penerapan HOTS (High Order Thinking Skill) dan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge). Penerapan system ini sangat terasa dampaknya ketika adanya pandemic Covid 19 sejak tahun 2020. Keadaan ini memaksa seluruh proses pembelajaran berubah. Semua pembelajaran diharuskan melalui pembelajaran daring. Guru dan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri karena tidak terbisa menggunakan TIK dalam proses pembelajaran. SDN 4 Rarang memiliki guru yang sebagian besar mampu menguasai TIK dasar, akan tetapi tidak memanfaat kemampuan tersebut untuk mengembangakan media pembelajaran. Oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru-guru di SDN 4 Rarang dalam mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran dan mengupload video tersebut ke laman YouTube. Metode yang digunakan ceramah dan praktik. Peserta kegiatan berjumlah 9 orang guru. Hasil dari kegiatan ini yaitu dari 9 orang guru yang mengikuti pelatihan, 7 orang telah mampu membuat video pembelajaran dan mengupload video tersebut ke laman YouTube, sedangkan 2 orang masih belum terlalu menguasai materi diakibatkan salah satunya karena factor usia, sehingga penerimaan materi pelatihan kurang tersampaikan dengan baik, dengan persentase ketercapaian 83,9%.

Referensi

Abu, S. N. (2020). Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 704–712.

Anjar, A., Siregar, M., Ritonga, M. K., Harahap, H. S., & Siregar, Z. A. (2020). Pengaruh perilaku inovatif, terhadap kinerja kepala sekolah dasar di kabupaten labuhanbatu. Jurnal Education and Development, 8(3), 26.

Annisa, N. (2022). Strategi perencanaan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.

Fauzi, L. M., Gazali, M., Mukti, H., & Rahmawati, B. F. (2021). Workshop pembuatan media pembelajaran interaktif dalam memenuhi tuntutan pembelajaran Abad 21. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 185–194.

Firdaus, E., Purba, R. A., Kato, I., Purba, S., Aswan, N., Karwanto, K., & Chamidah, D. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Hodiyanto, H., & Alimin, A. A. (2020). In House Training (IHT) dalam penyusunan karya tulis ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 56–63.

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190.

Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119–127.

Mahtonami, B. (2018). Analisis implementasi kebijakan permendikbud nomor 28 tahun 2016 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah di kota medan (Studi Kasus Di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dan SMK Swasta. UNIMED.

Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali, M., Asy’ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64–69.

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Wijoyo, H. (2021). Penguatan Pendidikan Nasional Guna Menjaga Kemajemukan Bangsa Indonesia dalam Rangka Keutuhan NKRI. Insan Cendekia Mandiri.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2022