eduksi Buta Aksara melalui aplikasi Magguru Mabbaca pada kelompok remaja masjid di Desa Pationgi

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6603

Kata Kunci:

Buta Aksara, Magguru Mabbaca, Pendidikan Masyarakat Bawah

Abstrak

Buta aksara menjadi isu krusial di Indonesia yang mencapai 3,56%. Secara spesifik, angka buta aksara yang tinggi  juga masih terjadi di Desa Pationgi Kecamatan Patimpeng pada kalangan remaja tidak sekolah. Salah satu penyebabnya yaitu kultur masyarakat dengan sebagian besar orang tua yang tidak pernah mengenyam pendidikan sehingga berlanjut ke anaknya. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk mereduksi buta aksara pada kalangan remaja masjid Desa Pationgi melalui bantuan aplikasi Magguru Mabbaca. Magguru Mabbaca merupakan gabungan data, video, audio, teks dan bunyi-bunyian yang ditampilkan. Metode Pelaksanaan meliputi penyuluhan yang dilakukan di lokasi mitra, pelatihan dengan dua tahap pelatihan mulai pengenalan dan pengoperasian aplikasi serta pendampingan guna melihat peningkatan pengetahuan dan pemahaman mitra akan membaca serta berhitung. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini yaitu  mitra mengalami peningkatan signifikan pada komponen pengetahuan dan penerapan teknologi dengan masing-masing peningkatan sebesar 85% dan 100%. Hal ini menunjukkan bahwa mitra mengalami peningkatan signifikan dalam membaca dan berhitung melalui penerapan aplikasi Magguru Mabbaca. Oleh karena itu, Magguru Mabbaca dapat menjadi solusi kepada masyarakat di Sulawesi Selatan yang masih memiliki kuantitas penyandang buta aksara yang tinggi untuk direduksi melalui introduksi aplikasi secara holistik.

Biografi Penulis

Fani Wulandari, Universitas Muhammadiyah Bone

TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Muhammad Safar, Universitas Muhammadiyah Bone

Pendidikan Bahasa Indonesia

Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar, Universitas Muhammadiyah Bone

Pendidikan Matematika

Andi Muhamad Iqbal Akbar Asfar, Politeknik Negeri Ujungpandang

Teknik Kimia

Hasbi Hasbi, Universitas Muhammadiyah Bone

Teknologi Pendidikan

Karmila Karmila, Universitas Muhammadiyah Bone

Pendidikan Bahasa Indonesia

Referensi

Asfar, A. M. Irfan Taufan, A. M. Iqbal Akbar Asfar, Ady Kurnia, dan Andi A. Hasryningsih. 2019. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RICH (RELATING, INQUIRING, COLLABORATING, HIRING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA.” Hlm. 195–99 dalam Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat.

Asfar, Andi Muhamad Iqbal Akbar, ANDI MUHAMMAD IRFAN TAUFAN Asfar, dan MF Halamury. 2019. “Teori Behaviorisme.” Researchgate.Net. doi: 10.13140/RG.2.2.34507.44324.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone. 2019. “Kecamatan Patimpeng Dalam Angka.” (https://bonekab.bps.go.id/publication/2019/09/26/4814cb4005bd783ad611ab6f/kecamatan-patimpeng-dalam-angka-2019.html).

Elkarimah, Mia Fitriah, dan Zainal Arifin Madzkur. 2022. “Pendampingan Guru SD IT Bina Insani Muslim Pada Pembelajarn Fiqh Amali.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(1):33–40. doi: 10.29408/AB.V3I1.5651.

Fatmianeri, Yulia, Erry Hidayanto, dan Hery Susanto. 2021. “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction Untuk Pembelajaran Blended Learning.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 10(1):50. doi: 10.25273/JIPM.V10I1.8709.

Hasanah, Isatul. 2021. “Menumbuhkan Jiwa Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis IT Pada Era Pandemi Covid-19.” Journal Of Education And Teaching Learning (JETL) 3(3):18–28. doi: 10.51178/JETL.V3I3.267.

Hayaturraiyan, H. 2021. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BUTA AKSARA PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN MELALUI TAMAN BELAJAR.” DIRASATUL IBTIDAIYAH 1(2):251–63.

Jessica, Vega, Ardian Halis, Dwi Wahyu Ningsi, Ghita Firsty Virginia, dan . Syahidah. 2017. “Pemberantasan Buta Aksara Untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Masyarakat Sekitar Hutan Desa Manipi, Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa.” Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):136. doi: 10.29244/AGROKREATIF.3.2.136-142.

Muslam, H. 2018. “GLOBALISASI DALAM PENDIDIKAN (DESAIN KURIKULUM YANG HARUS DIKEMBANGKAN DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI).” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 12(1):3–12. doi: 10.21580/WA.V12I1.2254.

Ramdhan, Vickry, Randi Ramliyana, dan Usman Sutisna. 2022. “Pelatihan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Di SMK Al–Husna Bojong Gede.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(1):144–49. doi: 10.29408/AB.V3I1.5489.

Sadali, Muhamad, Yupi Kuspandi Putra, Yahya Yahya, dan Intan Komala Dewi. 2021. “Implementasi Jaringan Internet Guna Meningkatakan Pelayanan Pemerintah Desa Di Kecamatan Sembalun.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(2):264–73. doi: 10.29408/AB.V2I2.4356.

Sangadji, Zulkarnain, Ihsan Febriadi, dan Febrianti Rosalina. 2021. “Pengentasan Buta Aksara Melalui Pembelajaran Calistung Di Kampung Nanggou Distrik Sausapor Kabupaten Tambrauw Papua Barat.” Abdimas: Papua Journal of Community Service 3(1):6–14. doi: 10.33506/PJCS.V1I1.1315.

Silaen, Yoseva, dan Dian Hasfera. 2018. “MEMBANGUN GENERASI LITERAT MASYARAKAT PESISIR PANTAI: GERAKAN LITERASI ‘TANAH OMBAK.’” Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi 10(2):103–18. doi: 10.15548/SHAUT.V10I2.77.

Suratno, Suratno, Hanny Purnamasari, dan Rachmat Ramdani. 2022. “EFEKTIVITAS PROGRAM PENGENTASAN BUTA AKSARA OLEH DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN CILACAP.” Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(2):733–45. doi: 10.31604/JPM.V5I2.733-745.

Sutrisno, Sutrisno. 2020. “Pembelajaran Keaksaraan Dasar PKBM Bina Sekar Melati Di Desa Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 4(2):135–46. doi: 10.21831/DIKLUS.V4I2.32418.

Syaifullah, Adji, Andi Muhamad Iqbal Akbar Asfar, Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar, A. Nurannisa F.A, Marlina Marlina, dan Sitti Nurjannah. 2020. “PERANCANGAN SCIENCE CORNER (SCI-CO) SEBAGAI MEDIA BANTU VISUAL IMAGE BAGI GURU TK PGRI PALATTAE.” SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi) 1(2):65. doi: 10.12928/SPEKTA.V1I2.2791.

Yuliartati, Y., dan A. Firdaus. 2022. “Peran PKBM Al-Abrar Dalam Memberantas Buta Aksara Di Masyarakat Desa Bontobulaeng Kabupaten Bulukumba.” Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(1):12–21.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

30-12-2022