Pelatihan Bahasa Inggris untuk perbankan kepada siswa-siswa SMKS Khatolik Kefamenanu

Penulis

  • Delti Yulita Universitas Timor
  • Hesni Neno Universitas Timor
  • Erlinda Sonya Pale Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6906

Kata Kunci:

Bahasa Inggris untuk Perbankan, Berbicara, Kosakata, Membaca, Menulis

Abstrak

Dengan perkembangan era industri yang semakin canggih dan global, maka lulusan SMK dituntut untuk memiliki keterampilan yang memadai dan bisa bersaing di dunia kerja, salah satunya keterampilan Bahasa Inggris.. Untuk memenuhi tuntutan tersebut perlu diadakan peningkatan keterampilan Bahasa Inggris siswa SMK. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih ketrampilan siswa-siswa dalam dunia kerja khususnya di perbankan.  SMKS Khatolik sendiri merupakan sekolah kejuruan yang berkembang cukup pesat di Kefamenanu dan telah membuka jurusan Perbankan. Namun, para guru dan siswa belum memiliki pengetahuan Bahasa Inggris cukup dan praktis dalam dunia perbankan. Oleh karena itu pelatihan ini memberikan solusi untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris untuk perbankan agar lulusan SMK ini nantinya memiliki nilai jual lebih untuk bersaing di dunia perbankan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Pertemuan pertama memberikan gambaran umum tentang dunia perbankan, pertemuan kedua dilanjutkan dengan materi vocabulary dalam dunia perbankan, pertemuan ketiga fokus pada materi pelayanan nasabah dan teller. Kemudian pertemuan keempat dan kelima, siswa diberi latihan dan praktik presentasi bisnis dan surat menyurat dalam Bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan siswa-siswa kelas perbankan dalam membaca, berbicara dan menulis Bahasa Inggris. Siswa juga memperoleh banyak kosakata yang berhubungan dengan dunia perbankan sehingga membantu mereka lebih memahami proses transaksi di bank dalam Bahasa Inggris

Biografi Penulis

Delti Yulita, Universitas Timor

Lecturer English Study Program Universitas Timor

Hesni Neno, Universitas Timor

Lecturer English Study Program Universitas Timor

Erlinda Sonya Pale, Universitas Timor

Lecturer English Study Program Universitas Timor

Referensi

Al-Faruq, Azizatuz Zahro. 2019. “Reading Anxiety in English as a Foreign Language for Undergraduate Students in Indonesia.” TLEMC (Teaching and Learning English in Multicultural Contexts) 3(2):88–95.

Al-Khatib, Mahmoud A. 2005. “English in the Workplace: An Analysis of the Communication Needs of Tourism and Banking Personnel.” Asian EFL Journal 7(2).

Behrens, L., dan LJ Rosen. 2009. “Writing and Reading across the Curriculum, Brief Edition.”

Fitria, Rini, Ervina Ervina, Kurniati Kurniati, dan Riki Astafi. 2021. “Pendampingan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Panti Asuhan Dayang Dermah Bengkalis.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(1):56–61. doi: 10.29408/AB.V2I1.3540.

Harmer, J. 2015. “The Practice of English Language Teaching.”

Joe, Hye Kyoung, Phil Hiver, dan Ali H. Al-Hoorie. 2017. “Classroom Social Climate, Self-Determined Motivation, Willingness to Communicate, and Achievement: A Study of Structural Relationships in Instructed Second Language Settings.” Learning and Individual Differences 53:133–44. doi: 10.1016/J.LINDIF.2016.11.005.

Khajavy, Gholam Hassan, Peter D. MacIntyre, dan Elyas Barabadi. 2018. “ROLE of the EMOTIONS and CLASSROOM ENVIRONMENT in WILLINGNESS to COMMUNICATE.” Studies in Second Language Acquisition 40(3):605–24. doi: 10.1017/S0272263117000304.

Lander, James A., dan H. Douglas Brown. 1995. “Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy.” Language 71(4):843. doi: 10.2307/415773.

Madkur, Ahmad. 2018. “English for Specific Purposes: A Need Analysis on English Course in Islamic Banking Department.” Lingua Cultura 12(3):221. doi: 10.21512/LC.V12I3.3395.

Martina, Feny, Lisa Rakhmanina, Universitas Hazairin, dan SH Tiara Septa Della. 2020. “An Analysis of Textbook for Banking Department Students Entitled English for Banking and Finance by Rosemary Richey.” Ejournal.Karinosseff.Org 1(1):287–95.

Ngu, Duong Thi, Do Thu Huong, Dinh Tran Ngoc Huy, Phung Thi Thanh, dan Esra Sipahi Döngül. 2021. “Language Teaching Application to English Students at Master’s Grade Levels on History and Macroeconomic-Banking Management Courses in Universities and Colleges.” Journal of Language and Linguistic Studies 17(3):1457–68. doi: 10.52462/JLLS.105.

Sundayana, Wachyu. 2017. “Telaah Kurikulum & Perencanaan Pembelajaran.” Jakarta: Erlangga.

Surayya, Siti Ayu, Ari Prasetyaningrum, dan Lailawati Lailawati. 2021. “Pendampingan Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sederhana Untuk Meningkatkan Creativity Quotient.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(2):159–69. doi: 10.29408/AB.V2I2.4172.

Surayya, ST. Ayu, Maman Asrobi, dan Ary Prasetyaningrum. 2020. “Pendampingan Public Speaking Pada Tutor Lembaga Kursus Bahasa Inggris.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1(2):36–45. doi: 10.29408/AB.V1I2.2724.

Tompkins, Gail E. 2014. Literacy for the 21st Century : A Balanced Approach. Vol. 6. 6 ed. Australia: Pearson.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

30-12-2022