Pendampingan pembuatan bahan bakar gas dari Biomassa menggunakan Teknologi Gasifikasi

Penulis

  • Fajri Vidian Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya http://orcid.org/0000-0002-7136-7331
  • Heni Fitriani Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Helmy Alian Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
  • Taufik Arief Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Qomarul Hadi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.7190

Kata Kunci:

Energi Alternatif, Energi Baru dan Terbarukan, Gasifikasi Biomassa

Abstrak

Pemanfaatan energi baru dan terbarukan sangat penting mengingat terbatasnya sumber energi fosil dan dampak negatif yang dihasilkan oleh penggunaannya. Biomassa menjadi pilihan yang menarik karena dapat diperbaharui dan memiliki ketersediaan yang melimpah di Indonesia. Teknologi gasifikasi merupakan salah satu metode termokimia untuk mengubah biomassa menjadi bahan bakar gas. Proses gasifikasi ini memiliki efisiensi yang tinggi dan menghasilkan polusi yang rendah. Sayangnya, pengetahuan tentang teknologi ini masih terbatas pada ilmuwan dan praktisi tertentu, sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan penyampaian informasi kepada masyarakat, terutama di daerah pedesaan. Untuk itu, dilakukan demonstrasi dan pelatihan kepada masyarakat di Desa Kerinjing, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Demonstrasi melibatkan mahasiswa yang telah dilatih untuk mengoperasikan peralatan gasifikasi. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sekitar 30 orang. Selain itu, dilakukan juga presentasi dan diskusi untuk memberikan penjelasan tentang potensi biomassa sebagai bahan bakar gas, komponen utama alat gasifikasi, dan proses pengubahan biomassa menjadi bahan bakar gas. Hasil demonstrasi menunjukkan antusiasme tinggi dari masyarakat Desa Kerinjing terhadap teknologi gasifikasi ini. Warga dapat dengan mudah memahami pengoperasian peralatan yang sederhana dan mampu membuatnya sendiri karena peralatan tersebut mudah didapatkan dan pembuatannya relatif mudah. Penyampaian informasi dengan bahasa yang sederhana memudahkan pemahaman masyarakat terhadap teknologi gasifikasi. Kesimpulannya, teknologi gasifikasi merupakan cara yang sederhana dan berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai solusi energi alternatif di daerah pedesaan. Demonstrasi dan sosialisasi terus perlu dilakukan agar teknologi ini dapat diterapkan secara lebih luas dalam upaya meningkatkan penggunaan energi baru dan terbarukan. Dengan demikian, diharapkan dapat mengatasi permasalahan keterbatasan sumber energi fosil dan memberikan kontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Referensi

Dahlan, M., (2023), Sosialisasi Pengolahan Sekam Padi Sebagai Energi Alternatif Dengan Metode Gasifikasi, IbMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-6.

Fatmawati, B., Ariandani, N., & Fajri, N., (2020), Edukasi Zat Aditif Melalui Demonstrasi Kimia di MA NW Ridlol Walidain Batu Bangka, ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan Sains, dan Teknologi, 1(1); 1-9.

Gunawan, I., Nurhidayati, Wijaya, L.K., Wajdi, F., (2021), Sosialisasi Penerapan Smart e-Monitoring Untuk Pasien Covid-19 Berbasis IoT di STIPARK NTB, ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2); 195 – 203.

Kristina, T., Julietta, G., Jernita, S., Tanjung, R., Tanjung, N., & Auliani, R., (2022), Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Masyarakat Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19, Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2); 52-59.

Muti’ah., Sukib., & Siahaan, J., (2018), Demonstrasi Cara Penyepuhan Logam untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Siswa SMAN 1 Batulayar, Lombok Barat, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 104 -110.

Nugroho, A.S., Achadi. W.D., & Kristianto, Y.Y., (2021), Pelatihan Penggunaan Kompor Biomassa Guna Meningkatkan Produktifitas Pedanggang Gorengan, PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat),1(2), 157-161.

Presiden RI, Rencana Umum Energi Nasional, Presiden RI, Jakarta, Indonesia, 2017

Purqoti, D.N.S., Arifin, Z., Istiana, D., Ilham, Fatmawati, B.R., & Rusiana, H.P., (2022), Sosialisasi Konsep Penyakit Diabetes Millitus Untuk Meningkatkan Pengetahuan.Lansia Tentang Diabetes Millitus, ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3,(1). 71–78.

Putra, A.M., Widiyanti, B.L., Hartini, H., & Haerudin, (2021), Sosialisasi Zero Waste dan Coaching Clinic Pengolahan Sampah di Desa Labuhan Haji, ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1); 72-84.

Salamah, S., Maryudi., Aktawan, Agus., (2018), Pelatihan Gasifikasi Limbah Pertanian dan Pembuatan Biodiesel dari Minyak Jelantah untuk PR Muhammadiyah dan A’isyisah Ranting Mulyodadi Bambanglipuro Bantul, SNIEMAS UAD, 287-293

Suriawanto, N., Wicaksono, A.B., Rosidah, I., Brilliancy, J.V., Septiana., Farkhia, N.A., Baharu, N.A.B., Kalangi, V., Novianti., Devi, S.R., Rosanti., Mangompa, Y., Musriani, I., Siskavianti., Ishak, Ds. M., & Salinggan, N., (2022), Demonstrasi Penyaringan Air Sederhana Dusun II Balane Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, SIPISSANGNGI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1); 1-5

Vidian, F., Basri, H.,& Safutra, A.L., (2015), Studi Awal Gasifikasi Serbuk Kayu pada Open Top Stratified Downdraft Gasifeir, Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XIV (SNTTM XIV), Banjarmasin, 7-8 Oktober.

Vidian, F., Sahputra, Y.A., (2016), Simulasi Secara Termodinamika Gasifikasi Limbah Daun Pada Downdraft Gasifier Menggunakan Model Konstanta Kesetimbangan : Pengaruh Equivalent Ratio, Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XV (SNTTM XV), Bandung, 5-6 Oktober.

Zhang, Y., Wang, L., Guan, J., Xiong, Q., Zhang., S, & Xin., J, (2020), A Review on Biomass Gasification: Effect of Main Parameters on Char Generation and Reaction, Energy Fuels, 34 (11), 13438–13455

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023