Pelatihan media pembelajaran Articulate Storyline bagi guru SMA di kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya

Penulis

  • Hanum Mukti Rahayu Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Diana Diana Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Ari Sunandar Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Mahwar Qurbaniah Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Anandita Eka Setiadi Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Ahmad Faisal Amri Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Delva Hernanda Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.7365

Kata Kunci:

Articulate Storyline, Media Pembelajaran, Pelatihan

Abstrak

Pandemi covid-19 menyebabkan terjadinya transformasi pembelajaran dari luring menjadi daring. Perubahan tersebut membawa konsekuensi yaitu berkembangnya penggunaan perangkat pembelajaran berbasis digital. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu articulate storyline, yang dapat memfasilitasi guru dalam membuat media ajar berbasis digital. Sehingga dapat mengakomodir peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan letak geografis, sebagian besar Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya berada pada daerah dengan cakupan jaringan internet yang memadai. Namun, pembuatan media ajar berbasis digital belum banyak dilakukan oleh guru di area tersebut. Maka dari itu perlu dilakukan kegiatan pengabdian dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan guru di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya dalam membuat media ajar berbasis digital. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan pengabdian yaitu; kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi articulate storyline; praktik dan pendampingan pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi articulate storyline; dan evaluasi kegiatan pengabdian. Kegiatan pengabdian dihadiri oleh 21 guru yang berasal dari 10 SMA Negeri dan Swasta di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Hasil angket menunjukkan bahwa  84,6% peserta pelatihan belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline, 92,3% materi pelatihan yang diberikan menambah pengetahuan baru bagi peserta, 76,9% peserta menilai kegiatan pelatihan dapat dilakukan kembali kepada para guru lainnya dan dapat membantu guru dalam menyiapkan media ajar, 92,3% peserta menilai materi pelatihan relevan untuk pembelajaran di era blended learning, dan 100% peserta setuju untuk menerapkan materi pelatihan dalam membuat media ajar.

Referensi

Armayanti,N., Mardhiyah, A., Pramana, D., Siahaan, S.D.N. 2020. Pelatihan Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru Smk Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. EVirtual Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNIMED “Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandemi

Atsani, L.G.M.Z. 2020. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam. Volume 1 Nomor 1

Fauzi, L.M., Gazali, M., Mukti, H., Rahmawati, B.F. 2021. Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dalam Memenuhi Tuntutan Pembelajaran Abad 21. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 2(2)

Ghozali, F. A., & Rusimamto, P. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio ’ 13 Kompetensi Dasar Arsitektur Dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok Plc Di Smk Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Elektro, 05(01), 223–228.

Munir, 2017. Pembelajaran Digital. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Maria Paristiowati, M., Yusmaniar., Karepesina, M.A.A., Umayah., A. 2022. Pelatihan Model Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di kabupaten Bekasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 3(1)

Purnama, S., & Asto B, I. (2014a). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2).

Rianto. 2020. Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature. Vol. 6, No. 1.

Surayya, ST.A., Prasetyaningrum, A., lailawati.2021. Pendampingan Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sederhana Untuk Meningkatkan Creativity Quotient. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 2(2)

Yumini, S. & Rakhmawati.2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Nomor 03

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023