PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Hasbullah Hasbullah Program Studi Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v8i2.10

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 102 orang siswa dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan  yang dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif komunikasi keluarga  terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan skor koefisien korelasi sederhana r =  0,762 yang signifikan dengan thitung (11,777) > ttabel (2,42) pada a = 0,05. dan skor koefisien determinai = 58,1%. yang berarti bahwa kontribusi komunikasi keluarga  prestasi belajar matematika siswa sangat besar.

Published

2013-12-02

Issue

Section

Artikel