PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR HIDROLOGI MAHASISWA STKIP HAMZANWADI SELONG

Authors

  • Tuti Mutia

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v10i1.101

Abstract

Salah satu keunggulan dari model Problem Based Learning (PBL) adalah kemampuannya dalam mengembangkan kemampuan berpikir. Nur (2011) menyatakan bahwa model PBL dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk belajar berpikir tentang masalah kehidupan riil. Model ini juga â€menyediakan kondisi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis maupun analisis, serta memecahkan masalah kompleks dalam kehidupan nyata†(Coreobima, 2010). Pemberdayaan kemampuan berpikir ini tentunya akan berpengaruh pada hasil belajar terutama pada matakuliah yang memberikan fasilititas dalam memberdayakan kemampuan tersebut di antaranya yaitu matakuliah yang menyediakan kondisi riil dalam mengaplikasikan teori yang di dapat.Hal lain yang diduga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa adalah karakteristik mahasiswa. Salah satu karakteristik mahasiswa yang dimaksudkan adalah gaya belajar. Hal ini berkaitan dengan cara memahami materi pelajaran, menyerap, memperoses, dan menyimpan informasi, serta mengeluarkan informasi. Dalam satu kelas terdiri dari beberapa karakteristik dan gaya belajar mahasiwa yang berbeda-beda dalam memperoses informasi yang didapatkan. Dalam memperoses informasi terdapat berbagai cara yang ditampilkan mahasiswa, sebagian lebih mudah memproses melalui informasi visual, sebagian lagi dengan mudah memproses bila ada suara (auditori), dan lainnya akan memahami dengan mudah jika melakukannya dengan praktek secara langsung (kinestetik) (DePorter, 2002). Sebagai acuan hasil penelitian yang dilakukan oleh Lynn dan O’Brien dalam Rose dan Nichole (2002) menunjukkan kecenderungan belajar pada 5000 mahasiwa sebagai berikut: visual 29%, auditori 34%, dan 37% kinestetik. Gaya belajar berpengaruh terhadap efektifitas belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran PBL, gaya belajar dan  interaksi model pembelajaran PBL dengan gaya belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dirancang menggunakan model eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dengan desain faktorial 2 x 3. Variabel penelitian terdiri dari: (1) variabel terikat adalah hasil belajar siswa; (2) variabel bebas adalah model pembelajarn PBL; dan (3) variabel moderator adalah gaya belajar. Analisis data menggunakan Anova Dua Jalur dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.Hasil analisis menggunakan Anova Dua Jalur menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar; (2) gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar; dan (3) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran PBL dengan gaya belajar terhadap hasil belajar.

 

Kata kunci: Model PBL, Hasil Belajar, Gaya Belajar

Published

2015-06-08

Issue

Section

Artikel