PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MA MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v10i1.105Keywords:
Model Snowball Throwing dan Media Audio Visual, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI MA Mu’alimin NW Pancor tahun pembelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan perlakuan pada kelompok eksperimen. Subyek yang ditempatkan sebagai kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan memberikan pembelajaran dengan model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual dan kelompok pembanding (control) tidak diberikan perlakuan apa-apa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Hasil pengujian secara statistik terhadap hasil post test masing-masing kelompok dengan menggunakan uji-t, menunjukkan hasil bahwa prestasi belajar sejarah kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model Snowball Throwing dengan Media Audio Visual lebih baik dengan kelompok siswa yang dibelajarkankan menggunakan metode konvensional. Hal itu menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima.
References
Winataputra, Udin S. (2010). Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhibin Syah. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Grasindo
Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Anitah W, Sri., dkk. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bagong Suyanto, dkk. (2005). Analisis Data Menggunakan Analisis Statistik. Jakarta.