KAJIAN PENDAPATAN MASYARAKAT PENAMBANGAN LIAR DESA BARU-TAHAN KECAMATAN MOYO UTARA KABUPATEN SUMBAWA BESAR

Baiq Rizki Yulianan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar pendapatan masyarakat dari sektor pertambangan liar desa Baru-Tahan Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa Besar dan mengkaji kehidupan sosial masyarakat yang berprofesi sebagai penambang liar. Sampel dalam penelitian ini melibatkan sebagian masyarakat yang menjadi penambang liar yang populasinya berjumlah 800 orang, yang diambil dengan menggunakan system deskriptif partisipatif.

 

Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah kajian pendapatan masyarakat penambang liar sebagai variable bebas, Desa Baru-Tahan Kecamatan Moyo Utara  Kabupaten Sumbawa besar sebagai variabel terikat. Kemudian dari hasil wawancara serta observasi yang dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kondisi ekonomi para pekerja penambang liar drastis berubah dilihat dari segi pendapatan bila dibandingkan dengan keadaan sebelumnya.

 

Selain itu pula kemiskinan dan pengangguran dapat teratasi, namun yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan ekosistem alam jangan sampai kegiatan ini merusak tatanan alam yang asli. Adanya perhatian pemerintah juga sangat diharapkan partisipasinya dalam bentuk tindakan untuk menanggulangi kegiatan penambangan liar yang marak terjadi di Kabupaten Sumbawa khususnya desa Baru-Tahan Kecamatan Moyo Utara.

 

Kata Kunci: pendapatan masyarakat, penambangan liar

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.